Komitment, konsistensi dalam berolahraga

Topik ini sudah pernah saya angkat sebelumnya, tetapi menurut saya masih perlu diulang-ulang. Ini juga termasuk konsisten (dalam mengulang). ha ha ha.

Saya berolahraga karena “terpaksa”. Maklum, di usia yang sudah segini harus makin rajin berolahraga. Tidak seperti waktu masih muda dulu, bisa ngasal aja. Sekarang harus rutin. Maka harus dicari olah raga yang membuat kita senang melakukannya. Saya pilih futsal. Anda bisa pilih apa saja.

Yang paling penting dalam berolahraga adalah konsistensi. Olah raga itu harus rutin. Tidak bisa kita puasa olah raga, kemudian dalam satu hari kita penuh berolahraga. Kemudian puasa olah raga lagi. Kacau kalau seperti ini. Bayangkan kalau kita tidak makan selama sebulan dan kemudian hanya makan satu hari saja untuk memenuhi kebutuhan satu bulan itu.

Dalam berolahraga yang berkelompok – team – maka ada aspek tambahan yang harus dipenuhi, yaitu komitmen. Kalau kita tidak hadir, maka tim akan kekurangan pemain dan bahkan gagal untuk berolahraga. Itulah sebabnya olahraga sepak bola agak susah karena harus ada minimal 22 orang pemain; 11 untuk satu sisi. Bayangkan kalau kita malas hadir dan berpikiran bahwa akan ada yang lain. Yang lain juga berpikiran demikian. Maka yang hadir hanya 5 orang. Mana bisa main bola hanya dengan 5 orang!

Saat ini saya rutin main futsal, tetapi sayangnya komitmen dari para pesertanya kurang. Pengamatan saya sih hanya kami bertiga yang selalu hadir dalam futsal rutin kami. Terang benderang atau hujan, hadir. Kesibukan dalam keseharian juga tidak menjadi penghambat. Bagi saya ini soal komitmen.

Kebanyakan orang terlalu banyak cari alasan. Apa saja alasannya, mulai dari sibuk, hujan, tidak sempat, malas, dan kawan-kawannya. Sudahlah. Lawan saja alasan-alasan asal-asalan tersebut.

Oh ya, ini juga menunjukkan karakter seseorang.

Iklan

5 pemikiran pada “Komitment, konsistensi dalam berolahraga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s