Adab-beradab

Adab (Arabic: أدب‎) in the context of behavior, refers to prescribed Islamic etiquette: “refinement, good manners, morals, decorum, decency, humaneness”.

Apa itu adab? Kutipan di atas merupakan definisi yang dapat kita baca dari Wikipedia. Singkatnya adalah keluakuan baik.

Sayang sekali adab ini kok terlihat menurun ya? Banyak yang dapat dikatakan tidak beradab. Mungkin karena tidak pernah diajarkan dan diharapkan orang dapat beradab dengan sendirinya? Nampaknya ini tidak terjadi. Apa perlu diajarkan kembali di sekolahan? Mungkin, tetapi dengan sudah terlalu banyaknya yang harus dipelajari di sekolahan maka pelajaran adab ini sebaiknya dilakukan oleh keluarga dan masyarakat.

Ambil contoh. Semisal kita benar dalam satu hal, maka akan “kurang beradab” kalau kita memamerkan kebenaran kita itu di depan muka orang yang salah. “Saya benar kan? Kamu salah! Weee” (sambil menjulurkan lidah). Yang seperti ini menurut saya tidak beradab.

Saya sering melihat orang tua yang tidak pernah mengenyam pendidikan formal, tetapi menurut saya mereka lebih berpendidikan (educated) daripada mereka yang sekolahan. Banyak yang punya gelar tapi tidak berpendidikan (uneducated). Nampaknya definisi berpendidikan juga harus kita lihat ulang. Bukan dari gelar, tetapi dari tingkah lakunya.

Setuju?

Iklan

7 pemikiran pada “Adab-beradab

  1. Setuju pak, orang-orang kismin yang susah cari pendidikan biasanya punya tendensi segan dan tidak enakan terhadap orang lain karena secara tidak sadar mereka meng-amini kalau mereka memiliki power/influence yang lemah. notes : saya menilai demikian karena saya besar dan hidup di lingkungan tersebut.

  2. Kok sepemikiran ya XD
    Saya juga berpikir setelah menonton siaran serambi islami di TVRI jam 5 pagi tentang pendidikan, bahwa ternyata yang belakangan hilang di era sosmed jaman now adalah adab.

    Seperti adab dialog di tv yang hilang, yang lebih mengedepankan potong pembicaraan daripada memberi kesempatan orang lain berbicara. Bahkan mungkin kalau perlu sampai lempar kursi atau meja biar ratingnya naik. Naudzubillah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s