Python dan Perl

Senin lalu melanjutkan memberikan training soal Data Science dengan menggunakan Python. Salah satu tugas yang harus kami lakukan adalah membersihkan data yang diperoleh dari proses dump aplikasi links ke akun twitter. (links -dump http://twitter.com/rahard)

Awalnya saya memulai koding dengan menggunakan bahasa Python, tapi di tengah jalan macet karena saya lupa cara-cara melakukan regular expression (regex) di Python. Misalnya lompati (skip) baris yang memiliki pola penulisan “* sesuatu”. Atau melompati baris yang hanya berisi spasi saja. Sebetulnya saya bisa sih, tetapi harus baca dokumentasinya dulu. Padahal ini lagi live coding. ha ha ha. Harus cepat. Akhirnya yang saya lakukan adalah saya koding awal dengan menggunakan bahasa Perl. ha ha ha.

Di kepala saya memang logika pemrograman diimplementasikan dengan menggunakan bahasa Perl. Jadi kalau mau mengerjakan sebuah kodingan, yang terpikir adalah kodenya dalam bahasa Perl.

Kembali ke kasus tadi. Dalam waktu singkat, kodingan Perl sudah menunjukkan apa yang saya mau (meskipun masih harus dilanjutkan lagi karena ada banyak exception yang harus dilakukan). Poin yang ingin saya sampaikan di kelas ada bahwa untuk melakukan pembersihan terhadap data dapat dilakukan dengan menggunakan skrip. Cara ini efektif meskipun caranya adalah quick and dirty. Namanya juga hacking. Itulah sebabnya dalam deskripsi tentang data science (yang diusulkan oleh Drew Conway), salah satu komponennya adalah “hacking skills“.

Kembali ke kasus (lagi), saya punya pekerjaan rumah untuk membuat versi Python dari kode Perl saya. Hadoh.

 

Iklan

2 pemikiran pada “Python dan Perl

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s