Mengapa Bahasa Python?

Saya ingin belajar bahasa pemrograman. Bahasa apa yang sebaiknya saya pelajari?

Pertanyaan ini merupakan salah satu pertanyaan yang sering (dan berulang) ditanyakan. Jawabannya bergantung kepada waktu. Jawaban beberapa tahun yang lalu akan berbeda dengan jawaban sekarang. Ini disebabkan oleh pesatnya perkembangan komputer dan bahasa pemrograman.

Jawaban atas pertanyaan ini pada saat sekarang adalah bahasa Python. Mengapa Python?

  1. Mudah. Definisi “mudah” ini tentu saja harus diperjelas lagi. Dia lebih mudah dipelajari daripada bahasa pemrograman lainnya, sehingga Python digunakan oleh orang dari berbagai bidang – tidak hanya orang yang berlatar belakang teknologi informasi saja. Saya melihat banyak penggunaan Python di bidang sains. Bahasa Python juga merupakan sebuah bahasa yang interpreted, yaitu tidak perlu dirakit (compile) dahulu seperti bahasa pemrograman C misalnya. Ini membuat siklus koding menjadi lebih sederhana.
  2. Tersedia di berbagai sistem operasi. Python tersedia untuk sistem operasi Linux, Mac OS X, Windows, dan seterusnya. Tidak semua bahasa pemrograman tersedia dengan baik untuk berbagai sistem operasi. Artinya siapapun dapat menggunakan Python./
  3. Tersedia banyak pustaka (library). Menurut saya ini aspek yang paling penting dari mengapa belajar bahasa Python. Pustaka (library, module) ini membuat pemrograman kita menjadi lebih mudah karena sudah ada orang lain yang mengembangkan alat bantunya. Untuk melakukan statistik, sudah ada pustakanya. Grafik? Ada juga. Untuk bidang-bidang yang khususpun seperti Artificial Intelligence dan Machine Learning juga sudah ada modulnya. Apapun, nampaknya sudah ada. Ini yang membuat bahasa Python sangat menarik dibandingkan bahasa pemrograman lainnya.

Oh ya. Versi video dari penjelasan ini ada di YouTube. Saya sedang memulai channel Padepokan Budi Rahardjo ini di sana. Silahkan dicek (dan juga dikomentari ya – kalau perlu subscribe juga).

Iklan

2 pemikiran pada “Mengapa Bahasa Python?

  1. kalau install semua juga bisa, tapi … jadi besar instalasinya, lama, dan tidak semuanya perlu. bagusan memang pasang yang perlu-perlunya dulu saja. pada awalnya memang menyebalkan. hi hi hi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s