Berbahasa Indonesia Yang Baik dan Benar

Kalau tulisan terakhir kemarin tentang bahasa komputer, kali ini tentang bahasa manusia.

Baru-baru ini saya mendengarkan presentasi seorang anak muda. Bahasa yang digunakannya adalah bahasa Indonesia yang dicampur dengan bahasa Inggris. Katanya sih ini gaya bahasa anak Jaksel (Jakarta Selatan). ha ha ha. Rasanya pening-pening gimana gitu. hi hi hi. Bukannya saya tidak bisa berbahasa Inggris, tetapi saya termasuk orang yang kurang suka mencampurkan bahasa. Bahkan sesungguhnya kadang lebih mudah bagi saya untuk menjelaskan (hal teknis) dalam bahasa Inggris daripada dalam bahasa Indonesia.

Salah satu kesulitan yang saya hadapi adalah  berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Ini butuh kesadaran yang luar biasa. Ketika presentasi, mengajar, menulis blog ini, dan bahkan yang baru-baru ini saya lakuan di YouTube, saya barusaha setengah mati untuk menggunakan bahasa Indonesia. hi hi hi. Betulan. Harus berusaha keras. Ternyata berbahasa sendiri itu tidak mudah.

28 Oktober baru saja berlalu. Salah satu isi dari Sumpah Pemuda adalah berbahasa satu, Bahasa Indonesia. Nah. Marilah kita berusaha untuk berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

Iklan

10 pemikiran pada “Berbahasa Indonesia Yang Baik dan Benar

  1. Haha, kok lucu ya bang, tapi yang jelas ini butuh perjuangan, meski sulit. Salah satu upaya untuk bisa berbahasa baik adalah dengan cara mengenalinya, mungkin melalui membaca buku berbahasa Indonesia dan kalau sempat membuat tulisan.

    Tapi ini sudah menjadi sebuah dilema, malah viral anggapan bahwa “budaya kita adalah sedikit membaca tapi banyak komentarnya”, kadang persoalan inilah yang membuat banyak salah paham.

  2. dilema memang, dimana bahasa indonesia masih belum terlalu “dewasa” untuk dipakai. sebenarnya itu tugas dari lembaga bahasa untuk men-selaraskan satu kata dengan kata lainnya. Jujur bahasa indonesia masih belum cukup serasi antar kalimatnya. ada contoh bagus diatas dari @snydez begitu anehya ketika menyebut kbbi daring.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s