Pidato, Debat, Presentasi, dan hal-hal terkait

Mumpung pas sedang ramai dibicarakan soal pidato dan debat dalam rangka pemilihan presiden maka saya angkat topik ini. Topik ini sebetulnya sudah banyak saya bahas – terutama di kelas – dalam kerangka presentasi, tetapi akan saya bahas kembali di sini.

Banyak orang yang mempertanyakan ketika salah satu pasangan calon (eh, atau bahkan semua) melakukan latihan pidato atau debat (atau dalam tulisan ini saya akan gunakan istilah “presentasi” secara umum). Konotasinya negatif. Justru saya malah melihat bahwa kebanyakan orang KURANG latihan presentasi. Termasuk para paslon itu kurang latihan presentasi. Ha ha ha.

Salah satu modal utama dari kebagusan presentasi adalah latihan. Ini merupakan bagian dari persiapan. Berapa kali Anda mencoba latihan mempresentasikan materi Anda? Satu atau dua kali? Saya usulkan 40 kali! Sebanyak itu? Iya, sebanyak itu. Kalau hanya sekali atau dua kali, itu masih jauh dari siap.

Orang-orang yang presentasinya bagus-bagus, termasuk Steve Jobs, berkali-kali mencoba presentasinya. Bukannya mereka tidak bisa, tetapi untuk membiasakan dengan materi tersebut. Excellence is not an act, but a habbit.

Oh ya, saya sering latihan presentasi karena terpaksa. Dalam satu bulan biasanya saya sedikitnya memberikan dua presentasi. Kadang kala ada dua presentasi dalam seminggu, sehingga totalnya 8 presentasi dalam sebulan. Dalam setahun, tinggal dikalikan saja, ada 96 kali presentasi. Itu belum termasuk mengajar 4 mata kuliah yang mana setiap minggu saya harus presentasi antara 4 sampai 8 kali. Satu bulan saya harus presentasi 12 sampai 30 kali. Satu tahun ada 300 kali presentasi. Dikalikan 10 tahun saja (padahal saya sudah mengajar lebih dari 20 tahun), maka ada 3000 kali saya presentasi yang sudah saya lakukan. Dan saya masih menghargai latihan presentasi.

Bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda berlatih melakukan presentasi? Apakah Anda masih akan mencela latihan presentasi?

Iklan

7 pemikiran pada “Pidato, Debat, Presentasi, dan hal-hal terkait

  1. Saya tidak mencela. Kalau memang itu niat bapak, bahwa mengajar itu bapak anggap latihan presentasi, lalu presentasi apa sebenarnya yang ingin bapak sampaikan?… ๐Ÿ™‚

    Jika ingin seperti Steve Jobs, maka bapak harus melakukan apa yang dilakukan oleh Steve Jobs pertama kali, yaitu mencari Steve Wozniak. ๐Ÿ™‚

  2. Wah menjadi menarik kalau melakukan “monev” sama konten dan delivery presentasi kita sendiri Pak, kaget juga setelah dikalkulasikan angkanya tinggi, sayang banget kalau gak disempurnakan <– lebih fokus sama topik pembicaraan kedua daripada pemantik percakapan awal terkait debat capres๐Ÿ˜…

  3. Saya coba tambahkan tulisannya di bagian komentar ya. Supaya terlihat siapa yang benar-benar membaca dan siapa yang hanya membaca sepintas (skimming).

    Mari kita ambil contoh Walter Lewins, salah seorang profesor di MIT yang sangat terkenal dengan cara mengajar Fisikanya yang unik. Pada bagian akhir dari video ini (menit ke 57:15 kalau tidak salah) dia ditanya tentang bagaimana cara dia menyiapkan materi kuliahnya.

    Singkatnya begini. Untuk setiap materi kuliah, persiapannya adalah antara 40 sampai 60 jam. Dia melakukan percobaan (dry run) ngajar di kelas yang kosong (empty class room), menuliskan semua yang akan ditulis di papan tulis seolah-olah mengajar kelas beneran dan ini dilakukan 2 minggu sebelum kelas (materi itu) dimulai. 1 minggu sebelum kelas, dia melakukan dry run lagi. Pada hari H, pukul 5 pagi di hari kuliah, dia melakukan dry run lagi. Padahal kuliahnya jam 11 pagi. Begitulah komitmen dari prof. Walter Lewins terhadap mata kuliahnya. Lihat betapa edannya persiapannya. Saya belum tahu ada guru / dosen / profesor yang melakukannya seperti dia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s