Pentingnya Web KPU Bagi Kita Semua

Belakangan ini ada banyak opini, ajakan, tulisan yang salah. Ajakannya adalah untuk merusak web KPU. Wah ini salah sekali. Lebih salah dari salah.

Begini …

Pertama – dan yang paling utama – adalah hasil pemilihan umum yang resmi adalah hasil perhitungan secara manual. Titik. Itu dulu yang kita pegang. Hasil lain – apapun – tidak ada dasar hukumnya. Dahulu saya ingin agar data elektronik hasil pemilu dapat dianggap sah, tetapi landasan hukumnya tidak ada. Kami meneliti e-Voting. Sudah ada banyak mahasiswa S2 dan S3 saya yang meneliti di bidang ini. Namun secara hukum, untuk pemilu, ya sah adalah perhitungan manual.

Lantas apa hubungannya dengan web KPU? Kalau web KPU dirusak, ya tidak ada pengaruhnya. Lah yang dihitung adalah perhitungan manual. Iya, kertas yang kita coblos itu. Itu yang sahnya. Lha mbok data di web KPU mau diubah seperti apapun ya bakalan tidak pengaruh.

Kedua, justru web KPU itu kita butuhkan untuk memastikan bahwa KPU kerjanya benar. Kita dapat menguji apakah data yang ada di KPU sama dengan data yang ada di TPS kita. Kesalahan memasukkan data dapat terjadi. Perhatikan bahwa para petugas-petugas di lapangan bekerja keras, berjibaku menunaikan tugasnya. Bahkan ada yang bertugas lebih dari 24 jam. Kelelahan. Tentu saja ada kemungkinan salah menghitung atau salah melakukan data entry. Maka keberadaan web KPU dan kejelian mata kita untuk mendeteksi kesalahan dan melaporkannya kepada mereka. Itu akan menjadi umpan balik (feedback) bagi mereka untuk melakukan check & recheck.

Kalau web KPU dirusak, maka kita tidak punya kesempatan untuk ikut mengawasi. Upaya merusak web KPU itu menurut saya merupakan kejahatan kriminal yang harus dipidana. Maka menjaga web KPU merupakan tugas kita semua. Tugas seluruh warga Indonesia. Bagi yang melakukan pengrusakan, cabut saja kewarganegaraannya! Jika Anda melihat orang yang melakukan pengrusakan web KPU, tegur dan/atau laporkan ke Polisi. Sanggupkah kita melakukan tugas ini? Bersama-sama, kita pasti bisa! Mosok tidak bisa sih? Malu-maluin. Sini …

Khusus untuk Pemilu 2019, link kepada hasil perhitungan (sementara) ada link berikut ini. (Gunakan untuk memantau hasilnya ya. Jangan dirusak.)

https://pemilu2019.kpu.go.id/#/ppwp/hitung-suara/

sumber gambar


4 pemikiran pada “Pentingnya Web KPU Bagi Kita Semua

  1. Bener juga ya pak, hasil final pemilu berdasarkan rekap manual kpu, tapi di sosmed terutama twitter pada heboh soal hack web kpu, memang susah dikendalikan para simpatisan/tim sukses yg jagoannya sdh kebelet jadi penguasa 😁

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s