Pemilu Yang Dapat Diverifikasi

Mari kita bahas tentang electronic voting (e-voting). Perkembangan teknologi informasi memungkinkan kita untuk melakukan berbagai aktivitas secara elektronik. Demikian pula, pemilihan umum akan dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi teknologi informasi. Tinggal tunggu waktu saja.

Salah satu masalah yang mengganjal mengapa orang-orang belum mau menggunakan e-voting adalah masalah keamanannya (security). Ternyata ini masih menjadi ketakutan utama. Sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk meningkatkan keamanan dari berbagai e-voting. Namun fokus utama dari kebanyakan penelitian ini adalah pada aspek kerahasiaannya saja. Anonimity. Memang ini adalah salah satu faktor utama dari pemilu. Di Indonesia, ini menjadi bagian dari LUBER; Langsung, Umum, Bebas, dan Rahasia.

Salah satu aspek lagi yang mengganjal adalah bagaimana kita dapat memastikan bahwa suara kita sampai ke pusat dan tidak berubah. Verifiability. Masalahnya adalah kita juga tidak ingin orang lain tahu. Ini ternyata susah. Mau keduanya: anonimity & verifiability.

Ini adalah fokus utama dari penelitian mahasiswa S3 saya, pak Teguh. Penelitian masih berlangsung. Nanti jika penelitian sudah selesai, disertasinya dapat diunduh.

Harapan kami adalah para pemilih dapat menguji apakah suaranya yang dihitung di pusat perhitungan (kalau di Indonesia, KPU) sudah benar. Hal ini mudah-mudahan dapat membuat masyarakat dapat menerima e-voting.

Iklan

3 pemikiran pada “Pemilu Yang Dapat Diverifikasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s