Pusing Dengan Bahasa Indonesia

Sudah berkali-kali saya mencoba membaca buku terjemahan dan gagal untuk memahaminya. Pusing. Bagi saya ternyata memang masih lebih mudah memahami buku yang ditulis dengan menggunakan bahasa aslinya, bahasa Inggris maksudnya. Bukan maksud saya untu sok-sokan Ingris-Ingrisan, tapi kenyataannya memang demikian.

Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan sebuah buku terjemahan. Saya coba baca lagi. Dan hasilnya, pusing lagi. Ini bukunya.

photo6275926025779128563
Contoh buku terjemahan yang membingungkan

Begitu dimulai, di bagian awalnya (pada halaman “ucapan terima kasih”) ada tulisan seperti ini, “istri ahli dan putri tanpa sejawat“. Anda tahu itu maksudnya apa? Nampaknya saya harus cari tahu kalimat aslinya seperti apa.

Mungkin masalah sebenarnya adalah penerjemah terlalu harfiah dalam menerjemahkan sehingga makna aslinya hilang. Jadinya malah membingungkan. Ada banyak “idiom-idiom” dalam bahasa Inggris yang seharusnya tidak diterjemahkan begitu saja. Pusing.

Kembali ke buku-buku berbahasa Inggris deh.

7 pemikiran pada “Pusing Dengan Bahasa Indonesia

  1. Kalimat yang paling mendekati dalam Preface: “My wife, Lynn, and my daughter, Hope, were as patient as ever with me while I worked on this volume…” Jadi ya memang jauh sekali.

    Saya juga menjauhi buku-buku terjemahan karena malah membingungkan begini….

  2. Tapi kalau di halaman persembahan, memang “For […] and […], Expert wife and peerless daughter”. Saya sendiri akan terjemahkan sebagai “Istri yang ahli dan putri yang tiada bandingannya”. Susah juga ya…

  3. Hahahahaha… Saya pernah utarakan di forum, disamping bahasa indonesia yang belum “dewasa”. Juga, bahasa indonesia cenderung “kasar”.

    Pernah baca buku Steve Jobs yang versi bahasa indonesia dan bahasa inggris.. lebih enak baca yang bahasa ingrris.. hahahaha

    Nasiiiiiiiiiiib

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s