Mencari Orang Data

Salah satu masalah dalam penanganan COVID-19 adalah data. Lagi-lagi data. Tidak ada data. Kurang data. Akurasi data dipertanyakan. Kenapa data lambat sampai? Dan seterusnya. Data terkumpul dalam betuk “silo-silo”. Terkotak-kotak.

Sebetulnya ini bukan masalah pertama (dan bukan yang terakhir) di Indonesia. Masih ingatkah kita tentang data Pemilu? Awalnya juga kita kesulitan data. Namun dengan adanya kawalpemilu, crowdsourcing data, maka keterbukaan data dan juga peningkatan kualitas data (ini asumsi saya) menjadi lebih baik.

Permasalahan utama yang saya perhatikan adalah di Indonesia ini saya kesulitan menemukan orang yang suka dengan data. Apalagi mencari orang yang senang dan dapat melakukan kurasi data. Susah sekali. Kita tidak terlalu peduli dengan data. Hard facts. Kita sering mengambil keputusan berdasarkan perasaan. Ya ampun memang.

Pada suatu ketika (belasan tahun yang lalu), salah satu institusi tempat saya berada mencari orang untuk mengelola web site kami. Maka kami meminta sebuah biro psikologi untuk melakukan proses seleksi. Salah satu kriteria (bahkan yang utama) adalah suka melakukan kurasi data. Akhirnya kandidat yang kami terima memang cocok. Web site selalu up to date. Tanpa instruksipun dia lakukan proses kurasi.

Nah, sudah berapa lama ini saya membayangkan punya spin-off perusahaan yang melakukan kurasi data set (untuk training AI). Ah, nampaknya ini butuh usaha yang lebih keras.

4 pemikiran pada “Mencari Orang Data

  1. Mungkin kaum birokrat harus baca post gini. Social distancing yang diterapkan jadi Zona Merah malah mengabaikan faktor interaksi manusia. Manusia bukan benda mati yang bisa terbatasi oleh wilayah administratif. Bahkan pengembangan aplikasi android “PeduliLindungi” harusnya bisa mencoba prinsip Geo-fencing dan Mesh-network

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s