Mendokumentasikan Sejarah Internet Indonesia

Minggu lalu saya terlibat dalam sebuah diskusi online tentang “sejarah internet Indonesia”. Salah satu usulan yang muncul adalah bagaimana jika kita mendokumentasikan ini dalam bentuk buku. Jawaban saya pada waktu itu adalah orang Indonesia kurang suka membaca, jadi mungkin lebih baik sejarah itu didokumentasikan dalam bentuk video saja yang kemudian dapat diunggah ke YouTube.

Di video saya tersebut ada beberapa yang berkomentar bahwa dokumentasi dalam bentuk tulisan (buku, blog, wiki, dll.) masih tetap dibutuhkan. Memang benar. Ada orang-orang yang lebih suka membaca daripada melihat video. Lagi pula membaca bisa langsung menuju ke poin yang dicari. Tulisan juga lebih ringan (dari sisi penggunaan bandwidth). Maklum internet di Indonesia masih terbatas kualitasnya.

Nampaknya suatu saat saya perlu juga bercerita di blog ini tentang perjalanan saya – keterlibatan saya – dengan perkembangan internet di Indonesia dan dunia. Nah, masalahnya waktu untuk menuliskannya itu. Eh, tapi ini menarik tidak ya? Sekarang yang mengunjungi blog ini juga makin menurun. ha ha ha.

5 pemikiran pada “Mendokumentasikan Sejarah Internet Indonesia

  1. Nampaknya budaya yang sudah mendarah-daging di indonesia adalah budaya bercerita. Hanya untuk suatu pola penyebaran pengetahuan sangat tidak cocok. Karena cerita adalah informasi yang cenderung sulit dijaga integritas-nya dan sulit di-validasi untuk di-rekontruksi.
    Adakah cara untuk merekam suatu cerita berisi informasi umum yang mudah disampaikan tanpa kehilangan manfaat dalam jangka waktu minimal 30 tahun ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s