Film Yang Paling Sering Ditonton

Beberapa hari yang lalu, saya terlibat dalam sebuah diskusi (atau lebih tepatnya adalah ngobrol-ngobrol). Tiba-tiba ada pertanyaan tentang “film apa yang paling sering kita tonton”. Wah, pertanyaan yang menarik dan agak susah saya jawab.

Untuk dunia musik, ada layanan yang melakukan pemantauan (tracking) tentang lagu yang kita dengarkan. Salah satu yang saya suka adalah last.fm. Layanan ini dapat menunjukkan lagu apa yang paling sering kita dengarkan, artis (musisi) siapa yang paling sering kita dengarkan, albumnya, dan statistik lainnya. Ada plugin last.fm untuk berbagai aplikasi pemutar lagu dan layanan (misal spotify) yang melakukan pemantauan ini. Yang seperti ini tidak ada untuk film.

Berikut ini beberapa film yang mungkin paling sering saya tonton. Saya gunakan kata mungkin karena ini yang teringat oleh saya. Film ini juga saya tonton beberapa kali di TV, bukan di bioskop. Untuk yang nonton di bioskop, rasanya saya belum pernah nonton film lebih dari sekali.

  1. Indiana Jones, “Temple of Doom”. Saya memang menyukai aktor Harrison Ford, tetapi alasan film ini kemungkinan yang paling sering saya tonton adalah karena beberapa kali film ini diputar di TV. Jadi secara tidak sengaja saya melihat ini di TV dan terus ditonton sampai habis. Rasanya memang pernah juga saya intentionally memutar film ini.
  2. Sleepless in Seattle. Mirip seperti alasan di atas, film ini juga beberapa kali diputar di TV. Jadi tertonton beberapa kali, tetapi saya juga memutar film ini beberapa kali. Lagi-lagi karena saya menyukai aktrisnya, Meg Ryan. (Selain film ini, film “You’ve Got Mail”, rasanya saya sukai juta. Namun saya kurang menyukai film “When Harry Met Sally”.)
  3. John Carter. Berbeda dengan yang di atas, saya memang memutar film ini secara mandiri. Bahkan beberapa hari yang lalu saya tonton lagi film ini karena dia ada di Disney+ Hotstar yang baru saya langganani. Awalnya saya menonton film ini adalah karena director-nya adalah Andrew Stanton dari Pixar. Jadi saya tertarik ke film ini bukan karena aktor atau aktrisnya. (Ternyata film ini terinspirasi oleh sebuah buku. Harus mencari bukunya.)
  4. Star Wars. Seri yang pertama-tama dibuat. Yang ini kemungkinan saya tonton karena film yang klasik. Ini juga pertama kalinya saya mengenal aktor Harrison Ford dan produser George Lucas. Di kemudian hari saya selalu mencoba menonton film yang ada keduanya.
  5. Ghost Rider. Lagi-lagi saya menonton film ini karena beberapa kali diputar di TV. (Nampaknya saya lebih sering menonton apa saja yang ada, bukan mencari sendiri ya?) Lagi-lagi juga karena saya menyukai aktor Nicholas Cage.
  6. Apa lagi ya? Kemungkinan ada banyak lagi (seperti film-film yang dibuat oleh Pixar), tetapi karena tidak ada aplikasi pencatat maka saya tidak tahu. Nampaknya saya harus melakukan pencatatan secara manual. (Ayo, ini kesempatan untuk membuat layanan pencatat dan plugin-nya.)

Jadi ini lah perkiraan film-film yang saya paling sering saya tonton. Untuk kasus saya, film saya tonton berulang karena ditampilkan di TV. Sekarang saya sudah berlangganan Netflix, Disney+ Hotstar (sempat pula berlangganan Amazon Prime dan Apple) sehingga modenya adalah saya yang harus memilih filmnya, bukan lagi bergantung kepada apa yang diputar di TV.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s