Listrik dan Kerja Dari Rumah

Ternyata salah satu komponen utama dari kerja dari rumah (work from home) adalah listrik. Ini baru saja listrik di rumah saya mati. “Aliran”, kalau kata orang Sunda. ha ha ha. Padahal saya harus memberikan kuliah. Akibatnya saya berikan pesan (via handphone) bahwa kelas terpaksa ditiadakan dan mahasiswa diminta untuk mendiskusikan serta meneruskan tugas-tugas mereka.

Listrik dibutuhkan untuk menyalakan komputer dan akses internet di rumah saya. Basis saya masih menggunakan komputer desktop dan internet wired (menggunakan access point yang terhubung ke router dan penyedia jasa internet). Begitu listrik mati, maka semuanya menjadi tidak berfungsi. Bukankah ada notebook (untuk pengganti komputer desktop) dan handphone (untuk penganti akses internet)? Betul. Notebook nampaknya tidak menjadi masalah, namun akses internet via handphone yang menjadi masalah bagi saya. “Kebetulan” – meskipun rumah saya di daerah Bandung – lokas rumah saya di atas bukit yang terhalang oleh bukit lain sehingga sinyal operator seluler sering bermasalah di sini. Ini sudah tahunan seperti begini. Dulu ketika jaman 3G masih baru mulai pun kami mengundang beberapa teknisi dari operator seluler dan mereka menyerah. (Solusinya adalah mereka pasang BTS lagi di dekat sini, yang mana ini tidak memungkinkan karena biaya untuk memasang BTS tidak murah sementara pelanggan yang bermasalah kemungkinan hanya sedikit atau malah hanya saya saja.) Singkatnya sinyal operator seluler di tempat saya ini dipertanyakan.

Kembali ke topik, walhasil kelas tadi dibubarkan. Saya yakin mahasiswa bergembira-ria. ha ha ha. Ya, sekali-sekali lah memberikan kebahagiaan kepada mahasiswa.

Nampaknya saya harus mulai memikirkan backup plan.

4 pemikiran pada “Listrik dan Kerja Dari Rumah

  1. Dengan kombinasi aki deep cycle, inverter, charger aki, dan UPS, setup seperti di video ini mungkin bisa dicoba:

  2. Listrik dan WFH relasinya sangat kuat sekarang. Karena WFH artinya bekerja daring hehe. Di daerah saya sendiri di kota Kendari, sebelum tren WFH muncul karena wabah corona, di sini aliran listrik PLN mati itu bisa dikatakan sering, karena biasanya tiap minggu ada minimal sekali kejadian atau bisa lebih dibanding kota-kota di jawa. Hebatnya PLN di sini saat WFH mulai nge-tren, udah jarang sekali mati listrik. Keren ya PLN Kendari. #ngajakcurhat

    Anyway, kalaupun kejadian mati listrik, kayaknya jaringan telepon itu masih “on” alias tidak terpengaruh jaringan listrik PLN. Yang mati adalah modem yang dicolokin listrik. Haha. Bisa diakalin pake UPS tersendri buat modem biar bisa tetep internetan cepet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s