Butuh Lebih Banyak Port USB

Bekerja di rumah ini membuat setup (konfigurasi) komputer menjadi lebih permanen. Saya menyambungkan banyak hal ke komputer saya. Ternyata port USB yang tersedia masih kurang. Berikut ini adalah beberapa hal yang membutuhkan koneksi USB.

  • Webcam (external camera). Bawaan dari Macbook sudah cukup bagus, tapi webcam saya kualitasnya jauh lebih bagus. Kadang juga saya membutuhkan ini untuk menyambungkan DSLR saya. Jadi ini sangat esensial.
  • External microphone. Yang ini kalau terpaksa saya masih dapat menggunakan bawaan dari Macbook. Kalau di desktop, harus pakai mikropon eksternal.
  • Tablet. Saya menggunakan tablet Wacom untuk corat-coret.
  • Ethernet. Saya menggunakan kabel ethernet untuk terhubung ke internet di rumah. Sebetulnya dapat menggunakan access point (AP), tetapi kadang AP-nya menghilang. Tidak reliable. Jadi untuk lebih handalnya saya menggunakan kabel ethernet.
  • External disk. Disk di Macbook saya sudah habis. Kalau saya ingin merekam sesuatu – misalnya merekam video pelajaran saya – maka saya harus menyimpan datanya di disk tambahan ini.
  • Soundcard. Ini sebetulnya tambahan lain kalau saya mau memasukkan suara dari sumber lain (gitar dan juga microphone), tapi yang ini tidak harus. Ini bisa menggunakan port bagian external microphone.
  • Handphone. Untuk transfer berkas. Ini tidak harus selalu terhubung tapi kadang saya membutuhkan untuk mengambil berkas yang besar (image, video) dari handphone.

Melihat dari daftar di atas, saya membutuhkan setidaknya 4 sampi dengan 7 port USB. Di Macbook saya hanya ada 2 type C USB. Sangat kurang. Apalagi salah satunya dibutuhkan untuk charger. Jadi sekarang harus bergantian penggunaannya. Untuk komputer desktop saya (Linux Mint), port USB nya ada 6 buah tetapi 3 sudah dipakai (keyboard, mouse, WiFi card). Pokoknya kurang.

Saya sekarang menggunakan USB port extender, tetapi sesungguhnya saya agak takut menggunakannya. Saya sudah menghabiskan dua perangkat seperti ini. Mereka rusak saja. Bahkan ketika yang pertama rusak, hard disk external saya ikut menjadi corrupted. Hadoh. Jadi saya agak ngeri.

Nampaknya saya harus membeli USB port extender yang bagus. Ada saran?

7 pemikiran pada “Butuh Lebih Banyak Port USB

  1. Mungkin perlu pengembangan perangkat yang lebih baik daripada sekedar USB Hub. Tapi masalahnya brapa banyak yang perlu agar harga lebih rasional. Atau udah ada add-on dengan port USB sampai 16 ? Perlu teknologi tersendiri mungkin

  2. Sama saja sih, saya pilih yang murah juga berfungsi dengan bagus. Tapi sering ndak bisa jika aksesori yang akan ditancapkan memerlukan daya cukup besar.

  3. Hari ini saya lagi cari info soal sejarah jalan Perdapa Tebet, dan antara lain ada di Google ada cuplikan wordpress pak Budi berupa kalimat “dahulu kita bertetangga sama sama tinggal di Perdapa Tebet pada tahun 70’an”. Tapi waktu saya cari lebih lanjut, tidak ketemu artikel ataupun message yang memuat kalimat tersebut, entah sudah dihapus atau bagaimana. Jadi saya cuma mau cari info lebih lanjut, apakah dulu pak Budi pernah tinggal di jalan Perdapa Tebet, dan sekarang nama jalan itu menjadi apa. Dulu tahun 1972 waktu SMP saya sering ke Perdapa Tebet, rumah teman saya Hans anak dari pak HG Rorimpandey pimred Sinar Harapan, kalau gak salah jalan Perdapa 15. Kemudian jalan itu sempat berganti menjadi Tebet Utara kalau gak salah, lalu berganti lagi jadi Tebet Barat sampai sekarang. Mohon koreksi kalau salah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s