Mahasiswa Terlalu Sibuk

Jika diperhatikan dengan lebih seksama, nampaknya mahasiswa sekarang terlalu sibuk sehingga tidak ada waktu untuk melakukan eksplorasi hal-hal lain di luar perkuliahan. Semoga kesibukannya ini terkait dengan perkuliahan. Biarpun dengan perkuliahan, menurut saya seharusnya mahasiswa menyempatkan diri untuk melakukan eksperimen-eksperimen yang mungkin dianggap kurang penting dibandingkan tugas kuliah. Masalahnya, kapan lagi mau coba-coba ini dan itu? Kalau sudah lulus? Bwahahaha. Kalau sudah lulus, tuntutannya adalah sudah pernah mencoba macam-macam.

Apakah kesibukan mahasiswa jaman sekarang lebih dari kesibukan dari mahasiswa jaman dahulu? Kok saya ragu. Semestinya sama saja. Jaman dahulu mahasiswa juga sibuk (dengan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen-dosennya). Mana jaman dahulu dosen-dosennya lebih killer dari jaman sekarang. Jaman sekarang sih dosen takut dengan institusinya. Dan institusi “takut” ke mahasiswa yang membayar. ha ha ha.

Saya berkali-kali mengajari mahasiswa agar lebih sedikit “nakal”, misalnya dengan membolos kelas formal dan pergi ke acara diskusi informal. mahasiswa banyak yang ketakutan. ha ha ha. Ini memang dosennya agak mbeling. ha ha ha.

Bagi para mahasiswa, belajarlah membagi waktu. Beri waktu untuk “belajar kehidupan” yang letaknya di luar perkuliahan.

4 pemikiran pada “Mahasiswa Terlalu Sibuk

  1. Jadi ingat krn hal ini juga jadi dpat nilainya CD di salah satu mata kuliah, namun itupun gak masalah karena toh yg lain hanya ada A dan B saja, biar transkrip gak monoton A dan B doang, heuheuheu

  2. Nah itu dibutuhin kenekatan yg tidak semua mahasiswa punya. Kenekatan itu biasanya ada pada mahasiswa yg sudah tahu maunya nanti pengen apa setelah lulus. Banyakan kita gak tahu jadinya paling aman ya selesaikan kuliah dengan baik. Pas lulus nanti berjuang lagi daftar kerja…

    Kuliah akhirnya penting tak lebih untuk dapet ijazah sih Pak, buat prasyarat dafar kerja..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s