Membaca

Dahulu salah satu pekerjaan yang kami lakukan adalah membantu perusahaan dalam melakukan rekrutmen pegawai baru. Membaca biografi calon pekerja kadang lucu juga. Salah satu kolom yang biasanya ditanyakan adalah hobi. Banyak orang yang menuliskan “membaca” menjadi salah satu hobi-nya. Benarkan mereka menyukai membaca?

Dalam bayangan saya, kalau yang namanya “membaca” itu adalah membaca buku. Bahkan buku yang dibacanyapun adalah buku-buku yang “berat” atau bermutu. Eh, ternyata sebagian besar kenyataannya berbeda dengan yang saya bayangkan. Apa lagi kalau yang bersangkutan merasa telah keren karena membaca buku tertentu, semakin menyakitkan faktanya. Ketika saya ajak diskusi tentang isi dari buku tersebut, gelagepan. Apalagi kalau saya tanya apakah buku yang dibacanya itu merupakan buku terjemahan atau buku aslinya (yang biasanya dalam bahasa Inggris), maka mereka tambah gelagepan.

Baiklah. Saya harus menerima bahwa membaca itu bukan kultur bangsa Indonesia. Terimalah itu. Seingat saya, saya pernah buat video (di YouTube channel saya) yang mengatakan lebih baik kita buat video saja. Soalnya budaya kita adalah budaya menonton. Ha ha ha. Buktikan bahwa saya salah.

Jadi, tidak usahlah gagah-gagahan menunjukkan bahwa Anda senang membaca seperti yang saya lakukan dalam tulisan ini. Hi hi hi.

Saya yakin tulisan ini jarang ada yang membaca! Tapi kalau yang ini karena memang tulisannya tidak terlalu menarik untuk dibaca. Lain masalah.

6 pemikiran pada “Membaca

  1. seperti sudah saya duga, tulisan ini saya poskan juga di media sosial (facebook) dan tidak banyak yang komentar. ha ha ha. memang orang kita itu lebih suka wahnya daripada … membaca.

    bagi yang suka membaca, pertahankan.

  2. Lanjut, pak. Video menurut saya sih terlalu lambat. Kadang ingin banyak melompat untuk menemukan jawaban dari pertanyaan di kepala. Tapi kalau di kepala nya masih kosong, video masih cukup untuk mengisi santainya waktu.

    Membaca .. masih sedikit.. apalagi menulis… Saya mengaku menjadi bagian dari yang sedikit dari yang tersedikit!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s