Kebiasaan Mencatat

Kemarin di sebuah acara diskusi daring (online) saya menantang peserta. Tantangan saya adalah apakah mereka sanggup membuat tulisan tentang apa saja setiap hari selama setahun. Jadi dalam satu tahun akan ada 365 tulisan. Bahkan saya menawarkan hadiah 500 ribu rupiah jika mereka dapat melakukannya. Kenapa saya berani memberikan tantangan ini? Ini disebabkan saya tahu bahwa orang Indonesia sulit untuk membiasakan diri dalam mencatat. Konsistensi untuk mendokumentasikan berbagai hal itu tidak ada.

Mendokumentasikan itu tentunya tidak harus dengan mencatat yang notabene menulis. Mendokumentasikan dapat dilakukan dengan foto dan video. Kalau dahulu ini susah dilakukan karena tidak ada perangkatnya, atau karena fasilitasnya mahal. Sekarang dengan menggunakan handphone semua ini dapat dilakukan. Jadi sekarang masalah adalah kemauan.

Hal berikutnya adalah masalah apa yang dituliskan. Saya katakan apa saja. Silahkan mencoba menulis apa saja setiap hari dalam waktu satu tahun. Ternyata ini sudah susah, apalagi jika harus menuliskan satu bidang tertentu. Ini membutuhkan kreativitas (dan konsistensi).

Silahkan dicoba tantangan saya ini, sanggupkah Anda menulis satu topik setiap hari selama satu tahun?

11 pemikiran pada “Kebiasaan Mencatat

  1. Menarik juga. Apalagi pas akan awal tahun. Semangat baru. Jadi ingin membuat akun wordpress baru. Judulnya tantangan365hari.

  2. Sejauh ini sdh berusaha melakukan documentasi, walaupun ide awalnya untuk kebutuhan kontent youtube

    Tapi sepertinya sdh menjadi kebiasaan

  3. Kalau tulisannya sudah menyentuh puluhan, sudah waktunya di arsitektur-kan informasinya, pak. baik itu berdasar klasifikasi kesamaan (atau perbedaan), maupun hubungan antar tulisan tsb.

  4. wah lumayan nih 500.000 bisa buat beli odading hehe,
    I have tried it, tapi untuk setiap hari saya belum sanggup, saat ini baru beberapa tulisan dalam satu bulan. but keep strugle for it, toh saya menulis untuk diri saya sendiri bukan orang lain, jadi ndak ada beban dalam menulis.

  5. Kalau dihitung sebagai “ongkos menulis”, jadinya cuma Rp 500.000/365 hari = Rp 1.370, Pak. Mungkin masih terlalu kecil hadiahnya. Hehehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s