Facebook, Instagram, WhatsApp Down

Kemarin ternyata Facebook dan perusahaan atau layanan lain yang juga menggunakan infrastruktur Facebook – seperti Instagram dan Whatsapp – down. Apa ceritanya? Berikut ini saya kumpulkan dahulu link-link terkait. Nanti saya akan tuliskan bahasannya – penjelasan saya – setelah saya membaca dan mencerna hal itu.

Ah, ternyata singkatnya begini. Server DNS (Domain Name System) dari Facebook.com menghilang sehingga ketika orang mencoba mengakses facebook, komputer / handphone tidak tahu harus mengakses ke nomor IP berapa. Ternyata menghilangnya DNS ini terjadi karena network Facebook, ASN-nya, dihapus. Ada traffic BGP yang menghapuskan (withdraw) routing ke network-nya Facebook sehingga akses ke DNS-nya ikut menghilang. Intinya itu. Penjelasan lebih lengkapnya dapat dilihat dari video yang saya buatkan di link (di bawah).

Link terkait:

Satu pemikiran pada “Facebook, Instagram, WhatsApp Down

  1. Loalah. .ternyata oh ternyata..pantas saja sempat berulang kali tlfon via wa gagal terus @_@ trimakasih atas informasi yang sudah dituliskan pak rahard. Semoga bapak sehat selalu dan dilimpahkan rizkinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s