Bukan Ahlinya, Tapi Bicara

Sering melihat acara seminar dengan pembicara yang bukan ahlinya. Bukan pakarnya. Pembicaranya adalah pejabat dari instansi ini dan itu atau direktur dari perusahaan besar. Saya yakin materi presentasinya dibuatkan oleh orang lain, yang mungkin kompeten atau mungkin juga tidak. Selain pejabat, ada juga orang-orang yang mencari spotlight. Bergegas menuju spotlight.

  • Acara perusahaan rintisan (start-up): pembicara bukan orang yang menjalankan usaha rintisan, atau setidaknya pernah terlibat;
  • Blogging: pembicara bukan orang yang masih aktif menulis di blog (ha ha ha);
  • Security: pembicara adalah pengamat;
  • IoT, blockchain, Artificial Intelligence: pembicara adalah orang yang baru mendengar judul-judul ini;
  • dan sejenisnya. Apakah perlu saya list semua?

Mungkin ini bukan salah orang-orang tersebut. Mungkin ini adalah salah dari penyelenggaranya – EO / event organizer-nya. Mereka menyelenggarakan ini hanya untuk menggenapkan tugas, supaya checklist terpenuhi. Atau juga hanya untuk menghabiskan anggaran yang belum terserap oleh kegiatan lainnya. Atau memang EO-nya malas (mau menuliskan “bodoh” kok tidak tega ya) mencari narasumber yang lebih kompeten.

Apa yang saya lakukan ketika melihat hal ini? Diam saja. Paling pol ya menuliskan di blog ini. Pasalnya kalau saya bicara, nanti kesannya seperti orang yang iri dengki karena tidak kebagian bicara. Padahal sangat jauh dari itu karena lebih seringnya saya menolak untuk menjadi pembicara karena sibuk. Kalau topiknya tidak sesuai dengan kapabilitas saya, ya otomatis saya tolak lah.

Ada sedikit rasa bersalah karena membiarkan mereka membodohi masyarakat. Mungkin kata membodohi terlalu keras. Anda paham maksud saya. Seharusnya saya ikut meluruskan dengan ikut menjadi bagian dari acara tersebut. Masalahnya, saya tidak sempat karena sudah banyak kesibukan lainnya atau alasan lainnya. Ya sudah. Terima saja. Lihat saja dari jarak jauh. Salahkan diri sendiri. Semoga masyarakat menjadi lebih pandai. Itu saja harapan dan doa saya.

Satu pemikiran pada “Bukan Ahlinya, Tapi Bicara

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s