Review Buku: The New New Thing

Ini adalah salah satu buku yang saya baca lebih dari sekali. Kenapa demikian? Ada beberapa hal. Yang pertama, pengarangnya, Michael Lewis adalah pengarang yang tulisannya sangat bagus. Setidaknya, cara penulisannya saya sukai. Dia telah membuat banyak buku yang terkenal dan sebagian bahkan menjadi film. Pasti banyak yang sudah pernah nonton film “The Blind Side” dengan Sandra Bullock. Atau pernah nonton “Moneyball” dengan Brad Pitt sebagai pemeran utamanya? Buku-buku tersebut merupakan karangan dari Michael Lewis. Ada banyak buku lainnya yang bagus-bagus. Dia termasuk penulis yang produktif.

Alasan kedua, buku The New New Thing ini menceritakan tentang Silicon Valley. Salah satu topik kesukaan saya juga. Pas bahasan dari buku ini mengambil tokoh Jim Clark, pendiri Netscape dan banyak perusahaan lainnya. Kebetulan juga saya sedang di Kanada dan menggeluti bidang-bidang itu. Jadi saya berada di pusaran itu. I was a fly on the wall, begitu kata orang-orang. Tentang hal ini bisa saya bahas lebih panjang lagi.

Kembali ke laptop. Buku ini menceritakan tentang kehidupan Jim Clark dari masa mudanya yang pendidikannya agak “tidak linier”. Di umur 16 tahun dia berhenti sekolah dan malah ikutan Navy (Angkatan Laut) selama 4 tahun. Setelah itu baru dia kembali sekolah – sekolah malam – dan ternyata sangat menguasai matematika. Singkat ceritanya dia berhasil mengumpulkan SKS sehingga dia nantinya akhirnya mendapatkan PhD (S3) dari University Utah. Di sini lah nyambung lagi dengan saya karena di sana ada Ivan Sutherland, yang paper klasiknya menjadi salah satu fondasi dari disertasi S3 saya.

Buku ini bercerita tentang bagaimana dia memulai membuat perusahaan Silicon Graphics, Netscape, Healtheon, dan MyCFO. Diceritakan tentang keseruaannya – kesulitannya, kegagalannya, perkelahiannya, dan seterusnya. Bagaimana dia ribut dengan venture capital (VC) dan bagaimana hubungan mereka yang bersifat hate-and-love. Saling membenci tapi saling membutuhkan. Untuk hal ini saja buku ini sudah merupakan sebuah bacaan yang sangat penting.

Ada banyak lagi yang ingin saya ceritakan tetapi lebih baik jika Anda membaca sendiri buku ini. Tidak akan menyesal. Percayalah. (Seperti iklan saja.)

Satu pemikiran pada “Review Buku: The New New Thing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s