Catatan 2022 – dari kacamata BR

Akhir tahun 2022. Apa yang dapat kita pelajari dari 2022? Tulisan ini akan saya gunakan untuk mencatatkan apa-apa yang terjadi di 2022, yang menarik dari kacamata saya. Tadinya saya akan membuat sebuat tulisan yang komprehensif tetapi bakalan gak jadi-jadi. Lebih baik saya buat tulisan di blog ini yang saya perbaharui sambil jalan. Jadi jangan kaget kalau tulisan ini berubah-ubah. (Setidaknya ketika sedang saya buat.)

Blockchain: Crypto & NFT

Di kepala saya kalau disebutkan kata “crypto”, yang muncul adalah cryptography. Bagi sebagian besar orang, kata “crypto” berasosiasi dengan cryptocurrency. Crypto(currency) ini adalah salah satu bentuk aplikasi dari blockchain. Saya menyukai blockchain, tetapi saya bukan penggemar cryptocurrency. Blockchain bagi saya sangat cocok untuk e-voting. Sudah banyak penelitian saya dan mahasiswa saya terkait dengan hal ini. Mari kita tunggu satu atau dua tahun lagi.

Tahun 2022 ditandai dengan berbagai masalah terkait dengan cryptocurrency. Salah satunya adalah bangkrutnya FTX, sebuah crypto exchange. (Masalah sesunggunya tidak terkait dengan crypto-nya tetapi lebih ke arah kenakalan pembuat perusahaan / bisnisnya.)

Tahun 2022 merupakan tahun yang buruk untuk crypto, tetapi tahun ini merupakan kemunculan NFT secara besar-besaran. NFT mulai mendapat sorotan positif, tetapi killer application untuk NFT masih belum ditemukan. Nah, ini opportunity yang cukup besar. Saya akan mencoba masuk ke sini di tahun 2023.

Artificial Intelligence (AI)

Kalau tidak crypto(currency) dan NFT, tahun 2022 hampir semua orang berbicara tentang AI – kecerdasan buatan. Tahun 2022 ditandai dengan dibukanya akses kepada ChatGPT oleh OpenAI. (Link ada di sini.) Sebetulnya hype tentang chatbot buatan OpenAI ini sudah lama terjadi, tetapi hanya orang-orang tertentu saja yang mendapatkan akses. Kita-kita belum bisa. Nah, tahun 2022 ditandai dengan dibukanya akses terhadap sistem chat buatan OpenAI ini. Ternyata respon dari banyak orang sangat luar biasa. Dalam waktu 5 hari didapatkan 1 juta pengguna. Ini merupakan sebuah rekor dari sebuah aplikasi (termasuk situs web).

Sebetulnya ChatGPT ini bukan satu-satunya penelitian dan pengembangan tentang chatbot. Ada beberapa lagi yang kemungkinan lebih hebat, tetapi hebatnya (atau nekadnya?) OpenAI adalah layanan ini dibuka saja ke publik. Pintar juga. Publik digunakan sebagai tester. Sebagai kelinci percobaan gratisan. Elon Musk – salah satu pendiri OpenAI – memang sering gila sepert ini.

Orang-orang kemudian merasa terkejut dengan kemampuannya. Banyak orang yang kemudian memperkirakan bahwa ada banyak pekerjaan yang akan hilang dengan adanya ChatGPT ini. Saya pun mencoba untuk membuat abstrak dalam bahasa Inggris dengan menggunakan sistem ini. Hasilnya? Luar biasa bagus. Ya ampun. Ngeri juga. Kemudian orang-orang mencoba menggunakan sistem ini untuk membuat kode program. Hasilnya? Sama luar biasanya. Tambah ngeri.

ChatGPT ini masih punya banyak keterbatasan. Dia bukan search engine, semacam Google, yang mengetahui banyak hal. Dia harus diberitahu dengan fakta-fakta dulu baru dia dapat membuat kesimpulan (rangkuman). Banyak orang yang masih menjelek-jelekkan ChatGPT ini karena membandingkannya dengan Google. Sekarang dia memang belum tersambung dengan search engine (internet secara umum). Tunggu tanggal mainnya saja.

Ternyata ChatGPT ini juga masih memiliki masalah. Misalnya dia masih bingung dengan logika lebih kecil dan lebih besar. Ada orang yang iseng membuat sebuat pernyataan tentang perbandingan umur. Ternyata kesimpulan ChatGPT masih salah. (Lihat contoh di bawah ini.)

Ke depannya, kita akan melihat lebih banyak terobosan AI, tetapi jangan takut. Oh ya, saya memiliki perusahaan yang menggeluti bidang AI ini. Silahkan kunjungi situsnya: riset.ai.

Startup / Entrepreneurship

Tahun 2022 di Indonesia ditandai dengan hype tentang perusahaan yang menjadi unicorn. Ini ada baik dan buruknya. Salah satu yang menjadi catatan adalah IPO-nya perusahaan GoTo, yang merupakan gabungan dari Go-Jek dan Tokopedia. Sayangnya sahamnya akhirnya terjun bebas juga.

Secara umum, perusahaan-perusahaan belum dapat bangkit lagi ke kondisi sebelum COVID-19. Jadi dalam dua tahun terakhir ini masih berjuang. Bagaimana 2023? Semoga membaik.

Catatan lain akan menyusul.

2 pemikiran pada “Catatan 2022 – dari kacamata BR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s