About

Blog ini merupakan alternatif tempat saya menulis. Tulisan berkisar seputar teknologi informasi, security, musik, buku, pendidikan, prosa, foto, dan hal-hal lain yang menarik minat saya. Opini saya tulis dalam Bahasa Indonesia. Sementara itu opini saya yang lain (dalam Bahasa Inggris) saya simpan di blog lain di: gbt.blogspot.com dan sekarang saya memulai di medium.com juga.

Informasi mengenai saya bisa diperoleh dari web site saya di budi.insanmusic.com. (Di halaman education ada CV saya yang panjang – 16 halaman!) Singkatnya … saya adalah seorang technopreneur (dengan beberapa start-up companies – yang baru adalah Insan Music Store: lihat juga dan silahkan daftar di toko.insanmusic.com), dosen Sekolah Teknik Elektro dan Informatika  ITB, penulis artikel IT (dan berbagai toik lainnya), konsultan untuk berbagai hal yang berhubungan dengan IT (terutama security) dan entrepreneurship (startup),  sempat menjadi pengelola domain .ID sebelum pindah ke PANDI, founder ID-CERT (Indonesia Computer Emergency Response Team),   pemain musik amatir, mentor beberapa start-up (mentor untuk Founder Institute, dll. membuka klinik startup secara rutin di ITB), dan seorang manusia biasa. Sangat mencintai kota Bandung dan  tentunya tinggal di kota Bandung.  Eh iya, sempat dicalonkan jadi menkominfo untuk kabinetnya Jokowi-JK tetapi saya menolak. Gak cocok jadi birokrat. hi hi hi. (Sebenarnya masih banyak “baju” saya yang lain. Kalau saya tuliskan di sini, nanti Anda bosan dan tidak percaya. ha ha ha. Manusia biasa sajalah.)

Akun twitter saya: @rahard. Email saya juga menggunakan rahard di gmail (tidak saya buatkan linknya karena bakalan kena spam).

Budi Rahardjo

563 Comments

  1. selamat sore,
    Assalamulaikum Wr.Wb

    kami dari jurusan teknik elektro Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto akan mengadakan seminar nasional yang bertema : “Breaking the boundaries,3G as business solution” yang dilaksanakn pada tanggal 25 November 2006

    sehubungan dengan itu kmi memohon kepada bapak untuk menjadi pembicara (keynote speaker) pada seminar tersebut.

    besar harapan kami supaya bapak berkenan menjadi pembicara dalam seminar kami.

    wassalam,

    Rizki Triatmaja S

    contact :
    phone : +62 281 7635 966
    mobile : +62 85 227 142 421
    email : pq_rnr@yahoo.com

  2. Assalamualikum Bpk Budi…
    saat ini saya bekerja di dinas P dan K Gresik. Untuk penyusunan program 2007 insya allah kami akan mengadakan lomba karya tulis ilmiah untuk siswa, mohon bantuan Bpk Budi kira -kira di mana / bagaimana / key word apa yang bisa di gunakan supaya bisa mendapatkan desain pelaksanaan lomba tersebut. saya sudah browsing ke mana- mana dan belum ada data yang komplet dan ketika brosing di google muncul blognya Bpk Budi.
    Terima Kasih sebelumnya untuk bantuan Bapak Budi

    Wassalam,

    wulan

  3. assalamualaikum
    saat ini saya tidak mempuyai pekerjaan,saya mempunyai suara bagus dan saya ingin sekali menjadi penyanyi,saya mohon kepada bapak/ibu yang membaca surat dari saya untuk bisa membantu saya, dan saya pasti tidak akan mengecewakan anda,sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih

    Wassalam,

    agung

  4. Bud,
    Entah gimana ceritanya saya ketemu “warung” nya Ronny. Disitu ada link ke blog nya Budi. Ya, saya baca tulisan-tulisannya. Eh ternyata di Indonesia masih banyak juga orang yang punya waktu luang. Teruskanlah menulis.

    Maaf lahir bathin. Kita sudah lebaran tadi pagi, hari senin tanggal 23 Oktober. Tahun ini Eid nya spesial karena kita punya mesjid baru, yang letaknya persis di belakang rumah. Mesjid baru ini jauh lebih besar dibanding yang di St.Vital, eh tapinya masih terasa kecil tadi pagi. Membludak penuh nuh. Tapi belum sampai ke jalan-jalan seperti kita di tanah air. Maklum sudah dingin juga.

    Ngomong-ngomong kapan napak tilas ke Winnipeg ? Di mesjid tadi ketemu dengan teman-teman lama Budi, ada Imran Khan, dll. Salam untuk Ade, Tika dan Luqman.

    Salam

  5. Halo pak Mundzir. Selamat Eid juga. Kami di sini mengikuti tanggal 24 Oktober 2006.

    Wah, ingin juga jalan-jalan ke Winnipeg. Belum ada kesempatan saja. Bahkan (host) family saya di Winnipeg sudah dua kali bertandang ke rumah saya di Bandung! Wah. Mungkin tahun ini untuk ketiga kalinya. Saya sendiri memang ingin sekali ke sana, tapi (1) biayanya itu, (2) jaraknya yang jauh. Kalau ada yang sponsorin mungkin mau juga. ha ha ha. Saya sih inginnya sekeluarga, sambil bawa anak-anak supaya mereka bisa mengunjungi tempat kelahiran mereka.

    Tika sekarang sekolah di Singapura. Eh iya, kawan sekelas Tika – Airis – sekarang sedang sekolah di Winnipeg kan. Katanya sudah ketemu pak Mundzir sekeluarga. Salam deh untuk semuanya di sana. Mudah-mudahan winter ini tidak terlalu dingin ya.

  6. […] Padahal kita juga punya selebritis IT maupun selebritis teknologi seperti Budi Raharjo, Budi Putra, dan mungkin Budi-Budi lainnya… Atau kalau mereka terlalu sibuk pun mungkin mahasiswa-mahasiswa ITB atau STT Telkom yang cakep-cakep & cantik-cantik bisa dimanfaatkan (halah ! kok dimanfaatkan… punten, ga nemu kata yang lainnya !). Seandainya aku punya bisnis Event Organizer, aku bakalan pasang iklan: Dicari: MC Limited edition ! […]

  7. He….he…..
    Cari sponsor nih…Kita hubungi TRLab aja yah…atau McLeod ? Sebenarnya minta saja dari dua perusahaan yang didirikan untuk mensponsori. Dua saja. Itu khan demi napak tilas pendirinya. Pak Harto dulu khan suka begitu…napak tilas aja alasannya.

    Kalau host family sudah dua kali berkunjung dan belum ada balasan, memang perlu berusaha keras Bud. Dalam tata krama hubungan international, harus ada kunjungan balasan.

    Ya, Airis sudah di Winnipeg. Tapi belum sekeluarga penuh. Katanya tahun depan semua hijrah ke Winnipeg.

    Winnipeg sudah tidak sedingin dulu, seperti tahun-tahun 92 sampai 96-an. Summer nya tidak ada nyamuk lagi, winternya sedang-sedang saja.

    Salam,

  8. Bapak Budi, kami dari Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMTI) Universitas Bina Nusantara ingin mengundang bapak menjadi pembicara dalam acara IT Conference(seminar) EXPERT 2006 yang akan dilaksanakan pada tanggal 11 Desember 2006 dengan tema “3G : Beyond your limit” Acara ini akan membahas segala sesuatu mengenai teknologi 3G.
    Besar harapan kami agar bapak dapat memenuhi undangan dari kami. Terima kasih.

    Salam,

    Bram

    CP : Bram – 08881404587 / 081326061587

  9. halo pak
    nama saya Doni
    kelas 3 smu ips
    saya punya 10 lagu hasil ciptaan saya sendiri
    kalau ada yang berminat saya mau menjual nya
    karna butuh uang untk tambahan uang sekolah
    trimakasih

  10. ass.. pak budi, salam knal saya marisa 21th, saya mahasiswa bina sarana informatika,salemba. saya dan kawan2 saya main band punk rock, kami mau ada label indi yang menaungi band kami. tgl 8 des 2006 kami mau rekaman lagu2 hasil ciptaan kami. kalau bapak berminat menyalurkan band kami ini ke record,nanti kami kasih hasil demonya. nama band saya DEAD ROBBER & YOUNG VIVACIOUS. c.p:081511759104

  11. saya dapatkan blog Pak Budi ini setelah mencari modem 3g di google. Sebagai guru SMP, saya ingin sekali menggunakan modem 3g dan berlangganan internet dengannya. Jadi melalui tulisan ini saya minta tolong kepada Pak Budi agar berkenan menjelaskan cara beli produk modem 3g dari XL dan cara berlangganan internet via XL, saya sangat tertarik akan hal ini. Selama ini saya menggunakan powerklik yg juga produk XL. Mohon penjelasan pak Budi. Mohon penjelasan Bapak dikirim ke alamat email saya: nono_isk@telkom.net. Terima kasih.

    Nono Iskandar
    Jl. HP Kusuma 96
    Sumenep – Madura

  12. Assalamulaikum Wr.Wb

    Pak Budi,

    Beberapa hari yang lalu saya lihat Bapak di wawancara oleh Riza P (Jak-TV) dalam acara bincang jalan, cuma sayangnya saya hanya melihat sebagian..:(

    Apakah tentang wawancara tersebut, Bapak menulis ringkasan wawancara tersebut ?

    Terima kasih,

    Wasssalamulaikum Wr.Wb

  13. Selamat Sore Pak Budi,
    Pak, Saya Elisabeth Sylvianie mahasiswi semester akhir jurusan Akuntansi Unika Atma Jaya Jakarta. Pak, kami akan mengadakan seminar nasional dengan tema “Online Business;Can You Audit It?. Entering A New Persepective In Audit and The Legacy of E-Commerce.
    Ada satu sesi mengenai bagaimana perkembangan e-commerce di Indonesia, apa itu e-commerce, apa kesulitan dan keuntungan perusahaan beralih ke e-commerce, bagaimana trend ke depannya apakah akan lebih berkembang, dsb. Karena sebagai mahasiswa/i jurusan akuntansi jujur saja pak, informasi mengenai e-commerce benar-benar hanya”se-cuil”. Rencananya seminar ini akan diadakan tanggal 16 Maret 2007. Saya benar- benar mengharapkan Bapak bisa ikut hadir dalam Seminar ini.

    Salam Hangat

    ELisabeth SYlvianie
    (0818886811/08881170111)

  14. assalamualaikum..mudah-mudahan hati bapak sebaik wajah anda..hehehe..maaf tidak sopan..benarkah program yang bapak buat untuk memasarkan lagu2 indie tersebut mempunyai masadepan yang cemerlang atau hanya sebagai tambahan uangjajan anda saja..i mean bisnis ini tidak dijalankan dengan visi yang mendasar untuk memajukan industri musik indonesia,dengan menaikkan pamor band2 yang kurang “mampu”..seperti band yang saya punya…saya harap anda memiliki kemampuan itu…
    terimakasih atas perhatiannya..terus terang saya kurang mengerti peraturan disini..hehehe..tolong jelaskan legal agreementnya ke email saya…maap kalo ada salah2 hehe saya hanya orang kampung yang ingin maju..

  15. Wah, senang juga ada nama ‘Budi’ lain yang lebih tenar, jadi Selebritis Blog. Salam kenal Pak! 🙂
    Dan rupanya Saya satu visi juga nih dengan Bapak.
    Saya ikuti terus tulisannya. Keep blogging!

  16. halo pak Budy, maaf sebelumnya jikalau kurang berkenan. saya mau mendevelop sebuah hardware, portable media player tepatnya dgn bbrp fungsi khusus, semua reference sudah ada (reference design kit), saya membutuhkan team atau personal yg bisa mendevelop project ini, saya sudah cari (maybe not hard enough) and i found this useful site, mungkin pak budi bisa membantu.
    oh iya. OS utk sistem ini adalah linux dgn kernel 2.4 or higher, we can use qtopia or something similar, soal fee dan lainnya mungkin bisa didiskusikan lebih lanjut. terimakasih

  17. Pak Budi,

    saya sedang menyusun skripsi saya mengenai implementasi WiMAX di salah satu perusahaan telekomunikasi di Indonesia. kebetulan saya membutuhkan pendapat / opini akademisi secara objektif mengenai perusahaan tersebut. Mungkin bapak bisa dan berkenan membantu saya.

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    Regards
    Dian Nur Nugraha

  18. Assalamualaikum. Wr.Wb

    thanx pak tadi pagi baca blog bapak membuat terinspirasi menulis nih, ternyata menulis itu menyenangkan. Terkadang heran aja kok bisa sih orang menulis sedemikian panjang, hmm baru mengerti ternyata letaknya pada kebiasaan kalau biasa menulis tentu akan mudah menyampaikan isi hati melalui tulisan he3, makasih yah pak atas inspirasinya

  19. Wah, pak Budi, terima kasih atas saran bapak utk tetap nge-blog sewaktu bapak mengajar kuliah saya (waktu TPB, angkt 2006)….Atas saran bapak, koq saya malah jadi ketagihan ngeblog….Trims yah Pak…O iy, saya mo minta izin add blog bapak di blogroll blog saya

    sekian

  20. Ass wr wb, Alhamdulillah saya jumpai blog Bapak. Om saya (Sjamsir Syarif -Santa Cruz USA) menitipkan salam buat Bapak. Hanya 1 Budi Rahardjo dosen Inf ITB kan? Pak apakah saya bisa email japri ke Bapak? Hal ini terkait dengan minat anak saya untuk kuliah CS/Inf, namun rasanya takut untuk masuk ITB karena harus bersaing dengan orang2 pintar-jadi membuat kuliah tidak enjoy. Ia berkesimpulan bahwa IT ITB tempat berkumpulnya orang2 pintar. Fightnya di IT alhamdulillah sudah dibuktikannya di OSN 2006 dengan meraih perak. Bbrp wktu y.l ia mengikuti pelatnas toki I namun gagal. Bagaimana meyakinkan dia bahwa kuliah di ITB juga bisa enjoy?Bgmn meyakinkan dia bhw ITB merupakan tempat terbaik baginya untuk menimba ilmu yang dia minati?Bgmn meyakinkan dia bhw lulus IT ITB juga menjanjikan pekerjaan?Rencananya ia akan mengikuti USM Pusat (dengan mengharapkan SDPA free). Mohon arahan Bapak.

  21. Untuk “Andam”, siapa bilang kuliah di ITB tidak enjoy. Kenapa harus “bersaing”? Bukankah lebih enak “saling bantu”? 🙂 Yang pusing dosennya. ha ha ha. Terus terang saya sekarang malah pusing ngelihat mahasiswa yang kesantaian (terlalu santai). Aduh …

    Mungkin cara yang paling jutu adalah datang ke kampus ITB. Lihat kehidupan kampus. Enak kok.

    Ada banyak hal yang enak di ITB. Umumnya suasananya lebih egaliter. Hubungan dosen dan mahasiswa tidak sejauh di perguruan tinggi lain. Pertemanan asyik dan cukup kompak. Welah kok jadi jualan ITB gini.

  22. selamat malam Pak Budi . .

    saya alfri, seorang mahasiswa tingkat akhir yang sedang menjalani skripsi di Universitas Bina Nusantara Jurusan Komputerisasi Akuntansi.

    ada hal hal yang ingin saya tanyakan ke bapak.
    makin mendekati sidang ujian nanti saya makin bingung, bukannya bingung menghadapi ujiannya, tapi apa yang akan saya lakukan setelah lulus nanti. yang pastinya bekerja, tapi sampai saat ini saya sama sekali belum mendapatkan padangan akan bekerja sebagai apa, dimana nantinya. ilmu yang saya dapatkan di dalam perkuliahan saya, apakah bisa diterapkan dalam pekerjaan nya nanti. memang dalam keinginannya, saya ingin bekerja dalam lingkup IT, tapi apakah bisa, ilmu yang didapatkan dalam kuliah bisa diterapkan dalam kerja nanti.

    mata kuliah yang menurut saya , berhubungan dengan komputer antara lain Programming C, visual basic, dan teori teori seperti audit sisfo, computer risk management, analisa dan perancangan sistem informasi, dan ,masih banyak lagi. . .

    para dosen yang pernah saya tanyakan, kita anak KA akan dicetak seperti apa nantinya, dan mereka jawab akan menjadi system analyst.

    wah saya jadi tambah bingung nih . . .

    yang ingin saya tanyakan ke bapak antara lain . . .
    1.mungkin bapak tahu, ilmu komputer apa yang mungkin nantinya akan sangat berguna, yang lapangan pekerjaan nya banyak, memang minat saya kedalam dunia IT , mungkin saya dapat mengambil training atau mengambil sertifikatnya. menurut saya ilmu yang saya dapatkan di kuliah saya sangat kurang sekali dalam menunjang pekerjaan nya nanti, mungkin bapak bisa memberikan saran …

    pernah saya bertanya kepada seorang dosen saya, dia pernah cerita mengenai security computer. dia sudah mempunyai sertifikat CEH, CHFI dan CISSP dan menurut dia juga jika kita mempunyai sertfikat seperti itu kita bisa bekerja dengan gaji yang sangat besar . apakah itu benar pak ?

    oh ya, saya juga pernah bertanya kepada dosen yang lain lagi mengenai apa yang saya tanyakan ke bapak, dan dia menjawab tergantung saya suka di bidang apa, web design, networking, database, dll. ya itu lebih membuat saya pusing, dan (mohon maaf sebelumnya) semoga bapak tidak menjawab seperti jawaban tadi.

    sejujurnya, saya memang tidak begitu tau minat komputer saya kemana, makanya saya bertanya kepada bapak , karena pengetahuan komputer saya masih sangat kurang.

    oke deh itu saja yang ingin saya tanyakan kepada bapak, mungkin lain kali saya akan bertanya lagi kepada bapak
    atas jawabannya saya ucapkan banyak terima kasih

    ( oh ya , tadi saya nonton tayangan mengenai bapak lho, makanya saya langsung mencari alamat bapak di web. . .)

  23. Ass. Wr. Wb.
    Saya Kenal Pak Budi dari artikel-artikel yang ditulis terutama yang di blog, pas kemarin-kemarin (30 April 2007 klo ga salah), saya melihat sosok pak Budi ini ada di Metro TV sebagai profile security dan IT di Indonesia. Terus saya search di paman google nama “Budi Rahardjo”, dengan menuggu beberapa detik saja, dia langsung muncul di posisi paling atas.

    Saya minta izin untuk menaruh link blog Bapak di blog saya. Oh iya saya sekarang masih kuliah di salah satu perguruan tinggi swasta di Bandung dengan jurusan Teknik Informatika.

    Semoga selalu istiqomah dalam sharing ilmunya di blog ini.
    Wassalam

    http://supono.wordpress.com

  24. untuk alfri … wah, jawabannya bisa panjang nih. hmm… atau, bagusnya sih saya buatkan tulisan dulu (yang menjawab pertanyaan anda sekaligus menjawab pertanyaan yang senada). ada beberapa pertanyaan mahasiswa yang berulang. mungkin bagusnya buat frequently asked questions…

  25. Selamat sore pak,

    Kami dari Jur teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang akan mengadakan seminar teknologi informasi pada 12 Mei 2007 mendatang. Salah satu tema yang kami angkat adalah mengenai mobile-learning. Untuk itu kami memohon kesediaan Bapak untuk menjadi keynote speaker pada acara tersebut.
    Terima kasih atas perhatiannya

  26. Assww..
    Salam kenal pak (maksudnya, saya yang mengenalkan, kalo bapak kan sudah memang dikenal, he he 🙂 )
    Terus terang saya buat blog di wordpress ya gara-gara nyasar ketemu blog-nya pak Budi di wordpress (kenapa saya jadi ceritanya ini ya ?)
    Begini pak,
    saya heran di negeri kita ini orang-orang yang secara nasional di kenal sebagai pakar IT kenapa jarang yang pendidikannya ‘original’ IT ya ? (Maksudnya dari S1, S2 dan seterusnya tidak IT semua, bahkan ada yang pendidikannya bukan IT seperti pak Roy Suryo).
    Saya jadi berpikiran bahwa orang IT yang ‘murni’ justru ‘bermasalah’ di pengembangan dan kemampuan penerapannya. Kurikulum IT sekarang (akibat perkembangan pesatnya juga) menjadi menjauhkan ‘pembelajar IT’ terhadap dasar keilmuan IT (seperti ilmu elektro secara teknis dan matematik secara analisis) sehingga terjadilah seperti yang saya paparkan tadi… Karena begitu banyaknya bidang-bidang baru yang muncul di IT sehingga ilmu-ilmu seperti itu tergeser porsinya di kurikulum demi memenuhi kajian-kajian baru tadi, seperti sekarang ada AI, distributed system, wifi, …. Kan jadi gak mungkin ilmu elektro dan matematis dikupas habis di jur IT, bahkan untuk dasarnya saja kebanyakan mahasiswa (saya) kesulitan.
    Intinya saya mau mengatakan justru orang-orang yang pendidikannya lurus ‘murni’ IT. (maksudnya S1 IT, S2 IT, S3 IT) menjadi bermasalah (kecuali tentu jika mereka mau belajar sendiri lebih keras ilmu dasar tadi) . Saya mengatakan ini sebenarnya ‘gara-gara’ kecewa aja dengan beberapa institusi yang meragukan IT saya karena S1 saya elektro (elektronika tepatnya), padahal dalam kenyataannya IT saya … (biasa-biasa saja). Tapi kalo bapak yang dasarnya elektro (ya kan?), kan bagus kiprah IT nya. He he ternyata curhat nih…
    Gimana fenomena di luar negeri pak tentang ini ?

  27. Wah Bung B. Rahardjo banyak juga fansnya neeh, apa nggak ada plan buat forum khusus aja sekalian, lebih pokus geto… sukses IT Indonesia….

  28. dear Pak Budi
    saya mahasiswa bapak di MIT Dikmenjur-ITB angkatan 2004 , saya sempat mebuat sebuah tulisan untuk tugas paper ttg “Counter Attack” saya ingin tau perkbangannya seperti apa? apakah sudah ada framework yg mengatur Counter Attack? atau ada sistem security di dunia ini yg sudah menggunakan dan toolnya apa saja pak ?

  29. Assalamu’alaykum warahmatullah pak Budi,
    salam kenal dulu.. nama saya Bintar.
    Sy pernah baca di website pak Budi yg lain saya lupa dimana alamatnya yg memuat artikel2 pak Budi, dan salah satunya adalah keinginan pak Budi untuk kerja di Google, naah ini ada info lowongannya pak :

    http://www.google.com/support/jobs/bin/answer.py?answer=53650

    sapa tau berminat,semoga bermanfaat hehehe….

    saluut sm pak bud. Kali aja kalo dah jadi kerja di Google, bisa bujukin Sergey sm Lary buat bantuin bikin Bandung Tech Valley yah pak.. sy dan temen2 siap bantu..(do’a) hehe.

  30. kayaknya saya pernah dengar nama bapak deh… klo ga salah yang ngarang buku C++ IF bandung ya??….
    bukunya bagus pak…..
    salam kenal ono’

  31. salam kenal dari saya pak budi. saya mahasiswa stiki malang. pak boleh tanya bahasa awamnya untuk general security issue itu apa ? karna kami mauadakan seminar yang bahas masalah itu tapi belum menemukan bahasa awanya agar orang ndak bingung baca posternya dan berminat.!! mhn dibalas kalau bisa di sms pak(081335797124)

  32. salam kenal dari saya pak budi. saya mahasiswa stiki malang. pak boleh tanya bahasa awamnya untuk general security issue itu apa ? karna kami mauadakan seminar yang bahas masalah itu tapi belum menemukan bahasa awanya agar orang ndak bingung baca posternya dan berminat.!! mhn dibalas kalau bisa di sms pak(081335797124)

    commentnya untuk blog anda bagus bgt hanya saja kalu bisa di buat per topik biar ndak campur aduk dan gampang cari topik yang dinginkan!:)

  33. Pak Budi,

    Salam Kenal. Perusahaan saya sedang mencari solusi outsource di .net teknologi. Program yang biasanya kami butuhkan berkisar dari web applikasi menggunakan asp.net, ajax, sql server 2005, c#, dan windows service. Apa bapak bisa bantu saya beri informasi bagaimana biasanya perusahaan meng-outsource proyek mereka ke perusahaan bapak? Bagaimana bapak memberi kisaran harga? Apakah flat rate per orang per bulan atau dengan quote per proyek? Apa bisa bapak beri kisaran biaya untuk outsourcing ini?

    Terima kasih,

    Guntur

  34. Pak Budi saya mahasiswa di STIKI-Malang -Jawa timur Jur Teknik Informatika(www.stiki.ac.id) bknnya promosi kampus saya lho pak ;p Saya pengen tanya ni sama Bapak coz saya lagi garap tugas akhir/Skripsi,buat web ujian online pake open source Joomla CMS tp yg bikin saya bingung dmn ya pak saya bisa memperoleh sumber2nya biar bisa di gabung ke Joomla?klo ada sekalian tutorialnya?saya udah dpt contoh sih kayak Moodle OpenSource CMS ini khusus Quiz Online mirip banget kayak ujian online yg saya inginkan,tp saya bingung klo buatnya di Joomla gmn ya…pak?Mohon diberi saran dan pencerahan,maklum pak saya lagi belajar about joomla CMS.Makasih sebelumnya ya…pak Budi.

  35. Salam kenal, pak Budi.
    Perkenankan saya memperkenalkan diri.
    Nama saya Andy Julias dari IPS ( Indonesian Progressive Society ). Saya melihat bahwa pak Budi punya minat yg besar terhadap musik progressive rock,jadi saya memberanikan diri untuk memperkenalkan diri saya. Mudah-mudahan anda berkenan.

    Wassalam,

    Andy Julias.

  36. pak Andy Julias, salam kenal kembali. Saya sudah sering dengar nama bapak, tapi belum sempat ngobrol di darat. Ya, saya penggemar musik progressive rock dari kecil. he he he. Kapan-kapan kita ngobrol-ngobrol ya.

  37. Pak Budi, ajarkan dong bagaimana caranya mengembangkan bisnis model long tail..
    Ada komponen yang kurang Pak dari fotonya, gitar…
    Btw, iBooknya diinstal Debian dong Pak, asyik loh

  38. Wah..keren je..fotonya 🙂 Miring-miring awas entar jatuh lho …he..he.
    Blognya juga ‘unix’ gitu loh..

    Dah lama aku gak ngerjain security..kangen juga ya..kapan-kapan mo ikut training Pak Budi lagi ah.. 🙂

  39. Salam Kenal dari Ujung Timur Pak Budi. Saya baru ngeblog, cari-cari blog yang baik n bisa buat belajar, ketemu di sini. Thanks banget dah mau berbagi ya Pak, Ilmu itu kalo tdk dibagi ntar kayak Lapindo khan??… hehheee, sorry kalo analogi saya keliru. Boleh ngelink ke sini Pak Bud? Bleh dong. Thnks skali lagi.

  40. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Pak Budi Yth.
    Saya saat ini sedang melakukan penelitian pengembangan model pembelajaran PBL untuk Software Engineering. Saya mencari standar kompetensi untuk profesi Software engineering di Indonesia tetapi sampai saat ini belum saya ketemukan. Apakah dalam SKKNI sudah ada draft kompetensi untuk SE? Yang saya ketemukan di web site dari luar yang ada profesi dan kompetensi SE. Mohon inputannya

    tks
    sularso

  41. Good Day..

    Mas, saya meng email komen saya ttg “membedah classic rock” tulung di tanggapi ulang yah..

    Thanks ..

    Let get Rock
    (Def Leppard)

  42. Mas saya email, kok ga nyampe yah..?? boleh minta email-nya. Mau comment ’bout Classic rock yg mas tulis nih..

    Thanks & ‘lam kenal..

  43. Hi lagi…………..
    Bagaimana caranya kita bisa ketemu dan ngobrol-ngobrol? Bisa hubungi saya melalui e-mail saya kalau nggak keberatan……..Saya tunggu ….

    Wassalam,

    Andy Julias

  44. pak, mohon arahan, saya bakat bikin lagu, cuma gak tau linknya aja buat dijual gitu….
    lagu yang udah saya buat sengaja untuk karakter vokal kaya once dewa, atau ello, …..tolong arahka saya pak, trims

  45. Selamat Siang Pak Budi

    kami ada kirim email beberapa kali ke email bapak yang di indocisc.
    tapi belum ada jawaban, apa belum nyampai pak..?
    isinya tentang permohonan untuk pembicara seminar IT Security

    Terima Kasih

  46. assalamu’allaikum

    bapak, saya perwakilan dari jama’ah shalahuddin UGM
    kami akan mengadakan lomba blog Islami pada tanggal 13 september sampai 24 september 2007. kami mohon izin agar bapak menjadi jurinya. penjurian dilaksanakan tanggal 24 september 2007-28 september 2007.
    oleh karena itu, saya minta email atau cp bapak yang bisa saya hubungi.

    terimakasaih pak, saya tunggu informasinya.
    Tia Aningtyas
    ashia_3311@yahoo.com

  47. Salut dech saya sama bapak, saya udah beberapa kali searching…. Banyak sekali blog bapak.

    Pak saya minta artikel IT dari bapak. dua atau lebih artikel pak

    terima kasih
    Rahmat

  48. Pak, dosen ITB yang suka nulis blog lagi siapa pak? kalo bisa bapak tuarkan juga kebiasaan menulis ini ke dosen lain pak, soalnya biasanya pemikiran dosen itu sangat berpengaruh bwat mahasiswa

    aulia hamdani
    Mahasiswa Teknik elektro ITB 2005

  49. pak, mohon rss-blog bapak dibuat full artikel, supaya dapat dibaca via email. sangat membantu skali untuk kami-kami yang hanya dapat akses email kantor tanpa web. terima kasih sebelumnya. sukses untuk tulisannya

  50. pak Budi, saya pernah liat buku socket programming tulisan bapak.tp pas saya mau beli di tempat yang sama (gunung agung plasa depok) sudah tidak ada.saya cari ke toko buku lainnya jg tidak ada.dimana saya bisa dapatkan?trus bapak jg pny ebook socket programming dengan indy (internet direct) ga di borland c++ builder 6?soalnya konsep indy cukup menarik.

  51. Dear Pak Budi,
    Pada tanggal 20 Nopember 2007, STIKOM Surabaya akan mengadakan Seminar dan Workshop Nasional Open Source Sofware. Kami mohon kesediaan Pak Budi untuk menjadi salah satu pembicara. Kami juga mengundang teman-teman dari Ristek, CICC, dan Sun Microsystem untuk tampil sebagai pembicara. Jika Pak Budi berkenan, saya akan mengirimkan proposal melalui e-mail.

    Terimakasih,
    Jusak Irawan
    Ketua Panitia Seminar dan Workshop OSS
    STIKOM Surabaya
    Telp. 031-8721731

  52. saya mempunyai badan yang tinggi umur saya 12 tahun, saya ingin mencoba menghargai tinggi saya itu dengan cara menjadi model…gimana cara saya jadi model yah,,,kumohon berikan saya kesempatan tuk menjadi model,please,,,!!!apalagi saya ingin mempunyai bakat yang tinggi.

  53. halo mas saya misnen hehehe ..

    saya dari blok m

    mau blajar ngeblog supaya gak dibilangin goblog2 terus sama teman saya

    saya misnen tukang semir sepatu
    kalo mas pinter komputer saja bolej blajar ya
    hehehe..

    wah mas kumisnya buat mas ganteng deh…

    mas jangan suka lewat2 blok m nanti diuber-uber sama cewe2 blok m hehehe
    bisa berabe
    udah ya mas salam kenal dari saya

    ttd

    misnen

  54. Pak,
    It’s a really neat and informative blog.

    Saat ini saya bergabung dgn ISP baru yg akan launching Jan ’08 dan berminat bekerja sama dgn situs musik digitalbeatstore.com yg Mas Budi kelola.

    Dapatkah kita berkorespondensi utk bicara, e-mail saya fajarsyah@gmail.com, YM:fajarsyah.

    Terima kasih…

  55. Mas Budi,,yang baik…sepanjang hidupku baru mengenal orang seperti anda dan sebaik anda…
    mau merekrut segala hobby dan keinginan dari semua lapisan bangsa….saya hanya bisa bersyukur kepada Tuhan semoga niat baik mas diberkahi Tuhan bersama keikhlasan mas…
    saya seorang guru SMP negeri tetapi juga diangkat oleh salah satu group band beraliran rock N roll,,selain ketulusan dan keikhlasan saya tidak punya modal kuat untuk menjadi seorang manajer…
    anak-anak ingin rekaman , mas…saya sudah buatkan demo track 5 lagu untuk persediaan promo…kemampuan saya hanya itu..
    kalau berkenan saya minta tolong bagaimana caranya supaya mereka bisa menyemarakkan blantika music Indonesia..nama band kami The Rolling Doors.
    Terima kasih sebelumnya atas pertolongan, mas…
    kami menunggu jawaban di retknow@yahoo.com

  56. Bos sory ikutan nimbrung.
    Saya Samsul, saya lagi belajar buat blog juga( http://www.samasaja.wordpress.com )
    bener-bener asyik blog sampean (anda), sampek-sampek saya nggak kedipan bacanya.
    SIP……. saya tunggu tulisan yang lain

    oya ku ada saran dikit: kalo nulis jgn langsung tampil panjang gitu poo bos, agak kebingungan nyari topik lainnya. coba deh dikasi (more….) biar gk kepanjangen tulisan pada halaman pertama.
    kalo gk tau (sory bukan gurui, cm mungkin gk tau ya…..)
    setelah nulis & mau di tampilkan, coba klik di panel – kode – (kan disitu ada – visual & kode -)
    terus pada akhir paragraf pertama tambahin: <!–more–)
    jadi deh

    thanks & sory…. kunjungi blogku juga ya

  57. Pak Budi,
    TAdi waktu saya buka-buka wordpress.com, melihat nama anda Budi Rahardjo (BR), saya kira teman saya waktu SMA dulu yang sudah tahunan nggak ketemu. Eh, ternyata nama sama tetapi latar belakang beda! Anda nampaknya dosen dan platform-nya dari dunia IT. Sedangkan kawan saya SMA yang juga BR berlatar belakang Ekonom dan seorang banker professional.
    Anyway, surat sudah “terlanjur” saya kirim, ya saya terlanjur harus buka komunikasi dengan BR baru selain BR yang saya telah kenal lebih dulu!. ()

    Salam & semoga sukses!

    BArry Irawan

    (note: Meja kerja anda cukup “semrawut”, namun saya bangga bahwa meja kerja saya ternyata lebih semrawut!. he…he..he..!)

  58. salam kenal pak budi,

    saya pernah ikut seminar pak budi di hotel trevisa. waktu itu ada perwakilan dari depkominfo. mbahas masalah spam. saya terkagum-kagum dengan pak budi. mungkin saya bisa ‘berguru’ ke pak budi. alamat saya yg di http://whitehand.wordpress.com masih kosong, mau saya isi dengan IT. makanya saya nyari2 referensi. boleh minta contack personnya pak budi? japri ke imelku aja di alfibrosa@gmail.com . makasih.

  59. Komunitas blog indonesia sudah sangat bagus berkembang, sudah saat untuk lebih “serius” lagi. Blog kami http://blog.baliwww.com adalah perpaduan antara dunia kemersial dan non komersial,, jadi imbang…tidak hanya memikirkan USD 🙂 semua orang suka ini dari pada Rupiah ya…PAsti ada celah.. kalau kita mau “fokus”…salam semuanya dari Bali

  60. Salam kenal! gara-gara blogwalking saya melihat avatar anda dan mengingatkan saya pada artikel di majalah Swa kira-kira dua atau tiga terbitan yang lalu.. kemudian terdamparlah saya di sini.

  61. Assalamu’alaikum wr. wb.
    salam kenal dari saya buat Pa Budi.
    Pa, kapan mau adain seminar di kota bandung? kalo boleh, saya mau tawarkan tempat untuk acara itu. atau bagi siapa aja yang berminat cari tempat seminar/presentasi yang cozy, murah n strategis, bisa hubungi saya di: ratna_kirei112@yahoo.com
    Makasih ya pa…….
    ditunggu kabarnya…..

    Wassalam.

  62. Perkenalkan saya Tomy mas,saya tertarik pada blog panjenengan,kayaknya panjenengan suka juga dengan musik ya,

    saya adalah slah satu kolektor kaset di solo dan tentunya art rock,prog rock thn 70an

    my idol saya : King crimson
    Pink floyd
    Genesis
    YES
    Pendragon
    Marrillion
    Camel

    gak tau kenapa musik 70-an selalu legend bagi saya,mungkin dari kecil saya udah dikenalin musik2 begitu,umur saya sekarang 27 thn

    matur nuwun
    salam kenal

  63. Halo mas Tomy. Salam kenal kembali. Saya sudah lihat blog Anda dan kagum juga dengan perangkat Anda. Kapan-kapan kita main bareng yuk. Pasti Anda jauh lebih hebat dari saya.

    Ya, saya penggemar musik progressive rock.

  64. ya ampun, banyak banget mas blog nya. bukannya gak bagus ya yang kayak gitu? iya gak sih?

    salam kenal mas budi

  65. salam kenal kembali kamal. itu sebagai bagian dari eksperimen. ternyata bisa bagus bisa tidak. jadi netral. saya lihat secara natural ada blog saya yang hidup dan bahkan menjadi dewasa, tapi ada juga yang tetap kerdil dan bahkan akhirnya hanya menjadi catatan sejarah saja.

  66. Pak Budi Rahardjo Yth,

    Dari tadi saya klak-klik di Blog pak Budi untuk mencari alamat e-mail bapak, tetapi malah ketemu hasil test Kepribadian pak Budi. Kenapa pak Budi tidak pasang e-mail address? Apa takut kebanjiran e-mail?

    Saya berniat untuk memohon komentar pak Budi selaku Pakar TIK yang disegani masyarakat, pada Blog yang saya kelola:

    http://mastel.wordpress.com

    yang berisikan “Diskusi Telematika 2008 di Cyberspace” dengan 38 Topik Bahasan dan diikuti oleh 7 Miling List yang populer. Silahkan Bapak lihat di URL diatas.

    Blog tersebut diatas diluncurkan pada tanggal 1 Januari 2008, dan sekarang berumur 10-hari, dengan total access sebanyak 1,150 counts, dan count tertinggi pada tanggal 7 Januari 2008 sebanyak 271 counts.

    Sebentar lagi saya akan posting sebuah artkel di 7-milis tersebut diatas dengan judul: “Kabinet Indonesia Bersatu akan tepacu dengan Penerapan Videoconferencing dan Telecommuting, negara makin maju dan Rakyat makin sejahtera”, oleh karena itu saya memerlukan e-mail pak Budi agar dapat ikut memberikan komentar. Komentar pak Budi selaku pakar TIK Indonesia akan sangat dihargai.

    Saya mengelola satu lagi Blog yang difokuskan untuk membahas masalah2 Strategis bangsa, tidak hanya masalah TIK, tetapi masalah umum, seperti Briket Arang dari sampah untuk mengganti minyak tanah, Solusi untuk menyumbat Limpur Lapindo, dll. URL-nya ada di:

    http://sroestam.wordpress.com

    yang diluncurkan pada akhir November 2007, dengan total access pada hari ini mencapai 1,651 counts.

    Pada Blog Roll di Blog tersebut saya sudah mencantumkan Blog pak Budi “Padepokan Budi Rahadjo”. Dapatkah Bapak juga mencantumkan kedua Blog yang saya kelola di Blog Bapak secara Reciprocal, sehingga Audience masing2 bisa saling mendukung, agar upaya penyampaian informasi penting dan srategis seperti saya sebutkan diatas bisa sampai ke masyarakat luas.

    Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

    Wassalam,
    Sumitro Roestam

  67. Menyiapkan Generasi Tangguh
    January 7th, 2008 by hantoryck
    (sebagai sebuah renungan)
    Tantangan kedepan yang semakin berat merupakan satu hal yang harus diantisipasi oleh gnerasi masa kini, sehigga dalam menjalani kehidupan harus mempersiapkan diri ,agar lebih cerdas dibanding degan generasi sebelumnya .
    Hal mana karena tuntutan dan persaingan yang semakin tajam dimasa datang akibat globalisasi tidak dapat ditawar tawar lagi. . Ukuran kesuksesan sesorang akan berubah , telah bergeser dari masa lalu. Lebih2 bagi mereka yang ortunya saat ini mempunyai kedudukan yang “Tinggi “ baik sebagai birokrat, usahawan, maupun sebagai tokoh masyarakat.
    Dalam suatu kesempatan kami berbicang dengan tiga orang rekan , dua diantaranya saat ini sedang menduduki jabatan sebagai Direktur Utama , dan seorang lagi seorang mantan Direktur umum, di BUMN . Dari perbincangan tersebut yang ngalor ngidul, akhrnya sampailah kepada cerita tentang tentang pengalaman “perjuangannya “ ketika menjalani pendidikan dulu, sampai kepada anak , dan cucunya yang sedang lucu2nya. Beliau2 itu adalah generasi dengan usia mendekati lima pulul lima sampae enam puluhan tahun.
    Dari perbincangan tersebut yang mereka ceritakan perjuangan ketika kuliah , yang ternyata tidak mulus2 , terutama akibat dengan masalah terbatasnya kondisi ekonomi keluarga/ ortu.. Ternyata tidak ada satupun dari beliau2 ketka itu yang ortunya “menduduki” jabatan yang tinggi atau sebagai tokoh masyarakat, yang dihormati banyak orang, namun ternyata sebagai masyarakat biasa . yang bersahaja. Namun . SUBCHANALLAH puji syukur kepada Allah, meskipun dari keluarga yang biasa, ternyata mereka mampu menjadi orang yang berhasil.
    Pertanyaan selanjutnya apakah ada yang menjamin bahwa anak keturunannya , bisa lebih tinggi dari kedudukan ortunya, sekarang. Wallahualam bissawab. Tentu saja kita bisa menjawab : TIDAK ada yang bisa memberikan jaminan.
    Penulis masih ingat ketika kecil dulu, ada seorang pengusaha rokok yang kaya raya, dikampung, dimana pada waktu itu, semua anaknya dibuatkan rumah2 mewah yang berjejer dikampung, Namun saat ini kondisi terbalik 100 percent, karena usaha yang besar itu kini tinggal nama saja, sedang anaknya tidak ada yang bisa dibanggakan .
    Dalam berbincang dan diskusi lebih lanjut, sampailah pada satu kesimpulan bahwa bahwa anak2 sekarang ternyata , tidak setangguh seperti ortunya dulu, maklum saja kondisinya saja sudah jauh berbeda, bila dibanding seperti ketika kuliah tahun 70 an di Yogya (dulu).
    Sebagai contoh ketika makan gudeg , telurnya Cuma seperempatnya. Pada kondisi yang “rawan keuangan “ sering kali terpaksa melego celana2 yang sudah sempit, untuk sekedar menyambung hidup..Namun dengan perjuangan tersebut mereka telah mampu melampaui keberhasilan ortunya.. Meskipun demikian diakui pula bahwa dari segi intelektual mereka lebih baik, dibanding ketika seusia kita dahulu.
    Memang tidak dipungkiri bahwa diantara orang2 yang ortunya dulu menduduki posisi yang baik, ada yang anaknya mampu menduduki kedudukan yang lebih baik. Apabila hal seperti itu terjadi, maka hal tersebut tidak terlepas dari bimbingan ortunya juga.
    Sejalan dengan hal tersebut diatas, maka penyadaran dan pembelajaranan yang harus dilakukan kepada generasi saat ini, adalah agar mereka tidak terbuai dengan kondisi kenyamanan ortu, yang ikut dinikmatinya.sekarang. , sehingga mampu fight menghadapi persaingan yang lebih berat dimasa datang.
    Sebagai ortu bagaimana kita melatih dan memberikan pendidikan agar mereka bisa menjadi manusia mandiri, yang tangguh menghadapi kejamnya zaman, dengan jiwa, physic yang sehat, cerdas, dengan bekal agama yang kuat.sehingga tangguh dan jauh dari merebaknya narkoba dan dekadensi moral.
    Dalam upaya memberikan fondasi moral kepada anak anak kita sampai tingkat sekolah menengah, sebagai muslim sekarang ini telah banyak lembaga2 pendidikan Islam yang baik, yang tidak saja, dalam kemampuan intelektual namun juga dalam pemahaman kepada agama, yang patut menjadi pilihan dalam membekali anak keturunan kita. Banyak contoh tokoh2 kita yang merupakan alumni pondok pesantren seperti DR. Din Syamsudin, Dr Hidayat Nur Wachid dan lainnya.
    Karena kita telah memberikan pondasi moral , untuk tingkat Perguruan tinggi kita tinggal mengikuti keinginan anak2 kita .
    Tak kurang pentingnya adalah memberikan contoh teladan serta doa yang tak pernah terputus kepada anak2. Bila kita sudah menjalankan semua itu, baru berserah diri kepada Yang Maha Mengatur, mudah2 an anak keturunan kita menjadi manusia yang sholeh da sholehah, yang merupakan kekayan yang tak pernah berhenti pahalanya, sekalipun kita sudah kembali menjadi tanah.
    Semoga bermanfaat adanya. Amin.
    Leave

  68. Pak Budi…
    sudahkah Bapak mendengar ada petisi yang dikumpulkan InfoWorld untuk meminta Microsoft memperpanjang dukungan terhadap Windows XP untuk waktu yang tidak ditentukan? Terkait dengan rencana Microsoft untuk menghentikan dukungan terhadap XP tanggal 30 Juni tahun ini.

    Ditulis di InfoLinux saja, Pak..
    Soalnya saya sering beli majalah tersebut dan opini Bapak adalah salah satu rubrik yang pertama kali kubaca. Dan saya rasa akan jadi tulisan menarik.. :p

    PS:
    Saya bukan Ibu Edratna. Saya putra beliau. Hanya saja, karena komputer ini sering jadi rebutan buat nge-net, kadang kala kami lupa menghapus nama-nama di komentar. :p

  69. Ups.. tampaknya aku salah (setelah googling “xp june 30”). Ternyata yang di tanggal itu, XP cuma tidak disertakan dalam bentuk OEM (melihat tulisan Mary Jo Foley di ZD|Net). Dukungan untuk XP secara gratis tetap sampai 2009 sementara berbayar untuk 2014..

    Tetap saja.. Menarik melihat kepanikan yang terjadi sampai ada petisinya.. :p

    Maaf, Pak..
    Kalau terlanjur ‘nyampah’ tidak penting begini di blog Bapak.. :p

  70. pak budi..

    saya kiki pak, mahasiswa ITS..

    klo misalnya kami pengen mengundang bapak budi untuk mengisi sebuah seminar , kira kira apa saja ya pak yang kami perlukan..

    trus saya harus menghubungi kemana ya pak?

    terimakasih pak sebelumnya..

  71. pak budi or mas budi nih ?
    saya baru belajar bikin blog….. ini juga diajarin anak saya yang masih kls 1 sma hehehe.
    saya kagum sama pak budi kok blognya bisa laris banget ya..

    saya baru nulis 3 artikel nih… menurut saya cukup menarik mohon dilihat ya mas dan kasih saran dan tip buat saya….

    salam,
    Iman Progoharbowo

  72. Bapak, saya lagi belajar kiptografi nih,, kebetulan bahan kuliah bnayak berhubungan sama ap ayang bapak bahas,, mohon bantuannya y Pak..^_^

  73. Indocisc’s Company Philosophy:
    We believe in contributing (giving back) to our community. In Guy Kawasaki’s term: “eat like a bird, poop like an elephant.”

    Aduh Pak, be original duong… jangan ikut-ikut Kawasaki. No go. Give back to people, no filthy stinky thingy deh…
    What about: “People, ZIP it! It’s for you!”
    Got it ZIP as zip file?
    (compressed reliable virus-free deliverables, NOT?)

    Maaf, original recipe gak cuman Kolonel doang yang bisa.
    Pak Guru jangan marah ya?

  74. Selamat mas budi

    salam kenal, saya apreciate membaca tulisan mas, perkenal nama sya awiel, mudah-mudahan ini menyambung silaturahim. oh yah saya juga mengundang mas Budi untuk main-main di tempat saya. di http://ahmad2008.wordpress.com mudah-mudahan dapat bertukar pikiran.

    terimaksih Mas Budi

  75. Pak Budi, melihat banyak sekali aktifitas Bapak, pergi bolak-balik JKT-BDG, saya heran kok masih sempat2nya ngeblog macem2. ya? Sampe hal2 yg gak penting segala bisa Bapak tulis dimana2. Apa masih sempet mengajar dan meneliti di ITB, Pak? Saya kasihan aja ngebayangin mahasiswa/i2 Bapak di sana. Apa sempet mereka mengambil ilmu dari Bapak? Apa sempet Bapak menulis publikasi ilmiah? Oh, betapa bedanya dosen2 ITB dan univ2 di LN. Salam Pak, moga2 waktu luang Bapak utk mengajar dan meneliti jauh lebih banyak daripada ngeblog gak ketentuan yg menghabiskan waktu dgn percuma.

  76. Halo Pak..salam kenal..(wong dah sering ninggalin komen kok baru kenalan?)..Pak, apakah tulisannya pernah dibajak web komersil ataupun blog pribadi? kalo ya, lalu gimana Pak? Bapak menuntut, minta ganti rugi atau gimana?

  77. @dekilblog, mungkin akan lebih obyektif jika mahasiswa saya yang menjawab ya? Waktu yang saya habiskan dalam menulis blog mungkin sama dengan waktu yang dihabiskan orang untuk duduk ngobrol ngalor ngidul. (Itu malah bisa jam-jaman.)

    Mengajar di ITB masih sempat, bahkan saya termasuk dosen favorit lho. hi hi hi. Rajin pula. Gak percaya kan? Tuh kan. Itulah lebih baik mahasiswa saya yang menjawab.

    Meneliti masih saya lakukan tetapi tidak di dalam kampus melainkan di perusahaan. Penelitian yang saya lakukan lebih bersifat aplikatif dan (karena dalam lingkungan industri) seringkali tidak dapat dipublikasikan (karena ada faktor rahasia). Kira-kira samalah seperti bekerja di research center di luar negeri.

    Soal publikasi ilmiah, memang saya sudah jarang nulis di journal EE (malah anehnya menyeberang ke bidang lain, seperti bidang hukum he he he). Namun saya masih menulis di media konvensiona. Misalnya, setiap bulan saya menulis di InfoLinux. Jadi kalau diperhatikan, saya malah lebih produktif dalam menulis dari “dosen konvensional”.

    Ngeblog gak ketentuan? Wah, saya malah MENGHARUSKAN mahasiswa saya punya blog. (Lihat kuliah Konsep Teknologi saya dimana tugas mahasiswa harus dituliskan di blog.) Mengapa blog yan disalahkan? Harusnya content-nya yang disalahkan. Maksudnya blog kan hanya sebuah media.

    Mudah-mudahan jelas ya?

  78. @luluk, ya … tulisan saya pernah beberapa kali dibajak oleh blog dan juga media konvensional. Ada bahkan yang kurang ajar yaitu mengambil materi presentasi saya … dan diganti namanya. Huuu… ini plagiat tulen!

    Saya malas mengambil langkah hukum. Biasanya kalau saya tahu orangnya (misalnya ada alamat emailnya), saya tegur. Atau saya tuliskan di blog saya juga.

    Begitu? Mudah-mudahan menjawab.

  79. Jelas, Pak.

    1. Mroyek di luar ternyata buat Pak Budi (dan mungkin dosen2 ITB lain) adalah penelitian. Kerja di research center di LN bukan sebagai pengajar, Pak. Memang mereka meneliti di sana. Jadi gak sama.

    2. Menulis karya ilmiah bukan kerjaan utama dosen di ITB, melainkan penulisan di majalah2 populer. Dan kalo bisa lebih banyak nulis artikel di majalah2 pop, ternyata dibilang lebih “produktif” drpd dosen2 yg berusaha mempublikasi artikel di peer-reviewed journals.

    3. Saya setuju kalo ngeblog gak salah, tp content yg salah. Tapi tugas mhs di ITB membuat blog ternyata sama dgn tugas anak2 sekolah (SD s.d. SMA) di belanda sini ya. (Untung saya gak ikut kuliah Bapak 🙂

    Oh iya, ngobrol ngalur ngidul berjam-jaman ttg hal sains dgn kolega atau mhs bukankah hal yg indah di dunia pendidikan? Wah jadi pengen nulis nih tentang perihal dosen2 ITB. Ntar deh kalo sempet saya post di blog saya drpd bikin thread di sini.

  80. @dekiblog,

    1. saya pernah kerja 1 tahun (full timer) di sebuah research center di luar negeri dan saya juga sempat mengajar 1 tahun di sebuah universitas di luar negeri 🙂

    Foto Wall of Fame di Telecommunication Research Center tersebut. (Nama saya di pojok kanan atas. hi hi hi)
    http://picasaweb.google.co.uk/rahard/Campur/photo#5167155132428639314

    Ada beda mroyek dengan meneliti. Ada proyek yang hanya “sekedar mroyek” tapi ada “mroyek” yang ada penelitiannya. Sebagai contoh, saat ini salah satu “proyek” saya adalam mengamankan protokol micropayment. Dalam proses pengamanan ini mahasiswa saya melakukan pemodelan protokol dengan formal methods. (Di dunia pun tidak banyak orang yang menekuni formal methods. hi hi hi.)

    Nah untuk menerbitkan hasil penelitian ini agak susah karena ada yang terkait dengan non-disclosure agreement (NDA). Jadi yang seperti ini … dengan sangat menyesal … tidak dapat dipublikasikan di journal. (Entah mungkin keluarnya dalam bentuk patent. Atau, kalau nanti dia agak sedikit menelikung paten orang … gak bakalan dipublikasikan ha ha ha).

    So, ya … ada mroyek dan ada “mroyek”.

    Oh BTW, saya juga menjadi reviewer dari beberapa penelitian. Yang saya lihat … kebanyakan penelitian yang dilakukan oleh dosen sebetulnya adalah “cr@p” (maaf). Lha wong saya tahu sendiri mereka buat laporannya hanya untuk memenuhi urusan administrasi. Membuat hasilnya hanya sekenanya. Saya bisa bandingkan bahwa penelitian yang saya lakukan (self financed) *lebih serius* daripada yang dilakukan dosen-dosen itu. Masalahnya, saya keluar uang sendiri. Jadi kalau penelitian saya gak bener, ya saya rugi. Sementara mereka penelitiannya … dolanan, asal dapat dana peneltian yang bukan berasal dari kantong mereka. (No risk)

    2. Coba sebutkan yang namanya peer-reviewed journals di Indonesia. he he he. Saya pun menjadi reviewer dari beberapa (so called ) journals di Indonesia. Ada beberapa journal yang dibuat untuk menaikkan kum semata. Kalau yang beneran (misalnya IEEE transaction, dan sejenisnya) nah itu saya baru salut.

    Coba deh Anda lihat, kebanyakan dosen … tidak menulis di journal beneran dan juga tidak menulis di media pop. Lantas apa yang mereka lakukan?

    3. Kalau Anda lihat pendidikan di Indonesia, bisa lebih nangis lagi …

    Ha ha ha. Jangan lupa saya hampir 11 tahun di dunia pendidikan dan riset di luar negeri. Jadi saya tahu bedanya ngobrol ngalor ngidul (di sono) dan ngobrol ngalor ngidul di sini. Di sono, kita sering diskusi serius ketika lunch dengan hanya menggunakan napkin kan? (back of the envelope calculation and such). Tolong cek yang namanya ngobrol di sini.

    Oh ya, kalau Anda lihat kondisi di ITB, Anda akan lebih nangis lagi. Ah, bukan nangis, mungkin malah semaput. Trust me on this. :((

  81. Justru krn pengalaman Bapak di LN lah yg seharusnya Bapak bisa mengubah kondisi cara kerja dosen di ITB. I know it’s hard, but you’ve got to start somewhere. Bukan malah jadi ikutan arus spt dosen2 ITB di sana yg mroyek di sana-sini, entah itu pake ato tanpa kutip. Performansi seorang dosen, dimana aja, seharusnya diukur dr kualitas mengajar, publikasi ilmiah dan mungkin paten (moga2 ITB dpt paten dari hasil kerja Bapak).

    Kalo soal cr@p publikasi, di luar juga banyak, Pak. Saya pernah mereview sebuah manuscript di IEEE di-submit dr univ. terkenal di Amerika yg isinya gak ada scientific meritnya sedikitpun. Ya mau dibilang apa, terpaksalah ditolak mentah2. Tp setidaknya mereka mencoba mengirim makalah ke jurnal dan pasti ada sebuah proses utk meningkatkan kualitas artikel2 yg akan di-submit di masa datang.

    Saya dididik di Indonesia Pak, dan juga di ITB. Cuman saat ini sedang di LN. Satu yg saya sedih di ITB adalah dosennya, bukan mahasiswanya. ITB cuma terkenal di Indonesia, itupun gara2 source mahasiswanya yg masuk adalah yg top-rated, bukan krn dosennya.

    Sorry ya Pak kalo menuh-menuhin posting blog ini.

  82. ITB yang sekarang beda dengan yang dulu. (Tahun berapa Anda keluar dari ITB.) Sekarang ITB tidak sebaik yang dulu. (Saya mau menulis khusus soal ini, tapi masih belum tega!) Percaya atau tidak, tidak bisa melakukan riset beneran di kampus. Akhirnya saya putuskan untuk melakukan riset yang applied dan banyak manfaat.

    Senang juga melihat karya saya dipakai di masyarakat, meski orang tidak tahu. yeah, I was part of that thing.

    Ukuran kinerja dosen memang seperti yang Anda sebutkan, tetapi kalau di Indonesia … masih ditambah lagi. Anda harus jadi superman. he he he. Untuk soal paten, maaf, saya agak condong kepada anti-IPR. 🙂

    Oh ya, sudah berapa lama di LN? Kalau bisa, di sana jangan hanya sekedar menjadi manusia biasa. Jadilah top (of whatever). Misalnya … jadilah rektor di sana.

    Anda akan lebih sedih lagi kalau lihat proses rekrutmen dosen ITB yang notabene seperti merekrut PNS pegawai administratif. (Mosok S3 dites pengetahuan umum? Apa nggak menghina tuh! S3 ya ditanya tentang hasil risetnya apa, papernya apa, patennya apa, siapa supervisornya, dsb. bukan ditanya soal pengetahuan umum Indonesia. he he he.)

    Ada banyak hal yang tidak bisa saya ceritakan di sini karena nanti berkesan riya dan juga akan menyinggung banyak orang. Biasanya saya hanya cerita langsung kepada mahasiswa saya di kelas. Itulah sebabnya untuk mengetahui sosok saya aslinya, Anda harus tanya kepada mahasiswa saya. Biar obyektif gitu. he he he.

  83. Jadi rektor, wahaha, makasih deh Pak pencerahannya. Saya di LN dr 2000, keluar ITB 92, jadi di sini udah 8 tahun. Oke deh, saya mampir lagi kapan2 ke blog Bapak kalo ada posting yg menarik, tp cuma blog ini yg paling gampang nyampenya. Setiap write post di wordpress, top post dan top blog di dashboard dari indonesia pasti deh yg ini.

  84. Ass Wr Wb, pa Budi salam kenal lagi ya, kalau gak salah pa Budi alumni SMAN 1 ya, kalau benar gak apa apa lupa, yang penting saya ingat, kita sama2 alumni SMA cuma beda jalur sekarang saya jadi ‘thabib’ dan praktisi perumahsakitan. Selamat ya atas prestasinya. Ikut bangga sebagai sesama alumni dan sesama ‘budi’. He he he

  85. sudah sering baca blog ya pa Budi ini , tapi belom ngisi disini , sekarang aja ah, sebelumnya salam kenal dulu , saya mahasiswa bapa di kuliah security dulu paper yang saya buat tentang “digital signature pada keutuhan pesan ” alah ngga penting hehehehehe, dan sangat senang sekali kalau bapa sedang memberikan kuliah, waktu seakan-akan tidak berasa, berlalu begitu saja mungkin karena penyampaiannya yang begitu mengagumkan, padahal saya kalau ngajar mahasiswa saya banyak yang ngga tahan lama-lama hikshiks

  86. Awalnya biasa aja (malah lbih sering mengacuhkan). Tapi lama-lama kok ya mata ini jadi ‘terganggu’ krn blog Bapak selalu ada di posisi paling atas dari Top WordPress.com blogs today. Ternyata memang luar biasa tulisan-tulisan Bapak ! :).

    Salam kenal dari saya, yang masih balita soal blog, Pak 🙂

  87. Salam Kenal Pak,,,

    cKcKcK,,, walaupun dah jadi dosen di kampus Gajah Duduk tapi masih sempat ngeblog…
    Tulisan Bapak juga luar biasa mantaf,,,

    (Salut-salut,,, 🙂 )

  88. mas rahardjo banyak menulis tentang musik….

    saya juga mencoba demikian…. bagaimana cara mas men-juggle semua kegiatan menjadi satu…

  89. Nice blog!

    Wah, awalnya saya kira blog ini ditulis oleh geek biasa.. ternyada dosen hehehe.. ga sangka gaya bahasa dan percakapan dari seorang dosen bisa demikian ringan dan hangat =) .

    *Add to RSS feed*

  90. Salam kenal pak.

    Hihihi. Aneh ya pak. Sudah komen macam-macam baru kenalan sekarang. Hihihi.

    Saya pingin menyerap ilmu lebih banyak dari bapak. Mohon kerjasamanya.

    *membungkuk dalam-dalam tanda memberi hormat…

  91. SaLam Kenal Pak Budi…seneng deh bisa mampir kesini, aku pernah ikutan kelas training bapak tentang security waktu itu…salam kenal 🙂

  92. Assalamu’alaikum w.w.
    pak Budi, salam kenal…
    pak gini ceritanya, kita itu ingin mengadakan seminat ttg IT sekaligus telekomunikasi. tapi, biar lebih aplikatif, ingin juga dibahasa tentang hacking. rencanya sih hacking wireless network (Hacking PAN, LAN, MAN, WAN).
    kami sangat tertarik dengan dunia kemanan internet(khusunya), dan jaringan lainnya (misal seluler).
    apa ya aplikasi keamanan yang sedang hangat di maret 2008 ini?
    nyambung ga pa jika infrastruktur wireless network disesi pertama kemudian dilanjutkan dengan aplikasi yang lebih ke ITnya. atau mungkin ke contentnya.
    tentu saja tidak kelewatan pesan moralnya. teringatkan oleh salah satu dosen saya yang membuat kami berpikir ulang bagaimana jika kami menemukan pintu rumah yang tidak terkunci, terus kami melihat banyak yang menarik di rumah tsb. apakah kami akan mengambilnya?tentu saja tanpa minta ijin?
    gimana pa ada saran???
    makasih ya pa!!
    thanks a lot!!
    Wassalamu’alaikum w.w.

  93. Assalamu’alaikum w.w.
    ikut numpang pak…punten…

    pa, qta mo ngadain acara seminar nih. pingin banget ngundang bapak jadi pembicara. gimana pak?
    InsyaAlloh ntar, bulan Juni.
    ASyik deh kalo bapak jadi narasumber seminar kali ini…
    Gimana pak?
    ya pak.

    oh ya seminarnya di adain di POLBAN
    oleh HIMATEL (Himpunan Mahasiswa Telekomunikasi).

    nama seminarnya
    Hacking Wireless Network
    Patch the Vulnerability on our wireless network

    Makasih ya pak…
    Wassalamu’alaikum w.w.

  94. Salam kenal Pak Budi… Wah, Dosen Elektro ITB? (Harusnya) kenal kakak saya donk? hehehehehehe….

    Blognya sy add di Blogroll ya…hehehehe….

    Eh, klo g salah pak Budi itu pamannya Bayu+Dimas ya? klo ga salah loo…. takut salah sumber….

  95. Salam , ternyata mas Budi ini sibuk luar biasa ….. ,saya pernah juga mengalami sibuk luar biasa (sewaktu masih jadi profesiaonal) ……kini jadwal saya juga sama padatnya seperti waktu kerja profesi……..jadi ? yaa sama sibuknya
    😉

  96. Selamat malam pak,
    Assalamulaikum Wr.Wb

    kami dari Institut Teknologi Padang , merencanakan akan mengadakan Seminar Nasional ICT yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 Mei 2008
    sehubungan dengan itu kami meminta kesediaan bapak untuk menjadi pembicara pada seminar tersebut.

    Undangan resmi Seminar (jadwal, tema & dll ) kesediaan sebagai pembicara akan segera kami kirimkan.

    Atas perhatian & Kerjasama diucapkan terima kasih

    Wassalam

    Indra

  97. salam kenal pak…

    tulisan2 bapak banyak yang menarik. berisi tapi ngga ngebosenin.. (sambil curi2 ilmu menulis p’Budi, terus kabur.. hihihi..)
    boleh saya link dari wp saya, kan?

  98. assalaamu’alaikumwarohmatullohiwabarokaatuh

    saya asep jalaludin, mahasiswa program studi ilmu pemerintahan Universitas Komputer Indonesia bandung.
    saat ini saya sedang menyusun skripsi tentang pelaksanaan program/gerakan IGOS, tapi bukan OS IGOS Nusantara.

    saya berharap bapak dapat membantu saya dengan memberikan informasi kepada saya tentang dinas/ badan dipemerintahan kota/kabupaten bandung atau propinsi jawa barat yang bertanggung jawab terhadap program IGOS ini. saya juga berharap bapak bersedia direpotkan oleh saya terkait pelaksanaan program/gerakan IGOS ini 🙂

    saya bisa dikontak di :
    YIM = dajal007
    hp = 022 92 42 678 1
    email = dajal007@yahoo.com

    mohon maaf jika ada kata-kata saya yang kurang sopan 🙂

    wassalaamu’alaikumwarohmatullohiwabarokaatuh

  99. Pak Budi Raharjo, salam kenal…

    berhubung saya blogger pemula, jadi saya baru mulai blogwalking. izin baca posting-postingnya.

    saya beberapa kali ke ITB lho Pak. tapi ketemu Pak Nanang dan Pak Nurdin.

  100. Salam,

    Mau kenalan, sekaligus minta tolong. Sy mencoba bikin blog dan dibantu tmn2 satudunia dan airputih bikin web ttg korban lapindo. Minta bantuan dan saran untuk perbaikan dan mempopulerkan, bukan demi blog/website, namun demi info yang ada didalamnya, sehingga warga bangsa ini paham apa yang terjadi kepada korban bencana lumpur lapindo

    salam dari pasar baru Porong

    korbanlapindo

  101. Salam Pak Budi
    Senang melihat ada dosen ITB yang gaul. Beda dari yang biasanya nih. Terlalu teoritis.
    Kok pandangan bapak tentang ITB saat ini hampir sama. Kualitasnya menurun banget. Padahal katanya yang masuk murid2 top dari Indonesia. Ada dosen yang pernah bilang karena didikan bimbingan belajar pak. Bisanya cuman ngapal rumus, ga ngerti essensinya. Yang menarik juga sih banyaknya dosen yang meroyek di luar. Sampai geleng-geleng deh.
    Linknya bisa diminta kan pak.
    Thanks

  102. Salam kenal pak BR.

    Semangat buat nulisnya saya salut (TOP BGT) dan udah jadi menu wajib saya tiap pagi kalo belum baca postingan dari pak BR kayanya ada yang kurang.
    Ikutan ngelink boleh ya??

    Terimakasih

  103. Kalo gak salah, om Budi Raharjo salah satu redaksi Info linux ya? Salam Kenal om, Saya Orang IT yang mo make linux gak jadi – jadi, heheh

  104. assalamuallaikum pak budi raharjo salam kenal dari krida prasetya, saya kagum dengan sosok anda, saya bercita2 suatu hari nanti menjadi technopreneur indonesia pak, doa kan ya pak budi semoga setelah lulus kuliah impian saya bisa tercapai and mohon dukungan doanya saja

  105. selamat pagipak budi rahardjo

    saya sharifa dari belia pikiran rakyat, saya bisa wawancara bapak seputar IT untuk rubrik tulisan utama di belia.

    besok jam 9 pagi bgmn? saya ke kampus itb?

  106. Assalamualaikum wr. wb.

    Permisi pak,

    sebelumnya mohon maaf sebelumnya,

    saya,Fajriansyah Pane,atas nama HIMTI,Univ.BiNus ingin mengadakan seminar mengenai “NETWORK SECURITY”,yang akan diadakan pada 31 Mei.,
    Kami memohon kepada bapak untuk menjadi pembicara.

    sebelumnya trimakasih

    wassalam
    Fajriansyah pane

    gwpane@hotmail.com

  107. Pak.. minta ijin untuk memasukan blog ini ke blogroll saya…

    Sudilah kiranya mampir juga ke blog saya… gratis koq .. (eh nggak ding… modal pulsa buat nyambung internet)…. hehehe…

  108. Assalamualaikum

    Salam kenal Pak.., nama Saya Rully Fajri, Saya mahasiswa Teknik ELektro ITB angkatan 2005. Saya ingin bisa sesukses pak Budi, baik itu sebagai seorang entrepreneur, seorang dosen, maupun sebagai seorang pria.. mohon bantuan dan nasihatnya Pak, sekali lagi salam kenal Pak

  109. Salam Mas Budi Rahardjo…
    Mohon Pencerahan mas.., saya wartawan yang sedang mencari “ahli” IT / Multimedia selain Roy suryo yang sering muncul itu.. , masa itu-itu terus ‘pakar’ nya…masa tidak ada ahli lainnya seh ( pikir saya ) . begini mas ..belakangan sedang ramai foto “Syur” nya Anggota DPR RI Max Moeim namanya dengan seorang wanita…( contoh Foto ada di Kaskus.com. )..nah kita sudah wwcr dia dan sang politisi bilang ( ngeles lebih tepatnya ) itu hanya ‘photoshop’ .. nah kalau mas Budi berkenan mengecek keasliannya saya terimakasih sekali…, sebagian teman-teman media yakin itu foto yang beredar di internet bukan rekayasa…bagaimana mas ?
    terimakasih …

    bimo cahyo, liputan 6 SCTV
    bimocs@yahoo.com
    08159441223

  110. pertama baca blognya, pas liat postingan tentang eep dan adianto kirain BS itu orang mana… gitu. ternyata dosen di kampus awa.

    Salam kenal pak, ditunggu berita2 teknologi terbarunya.

  111. Blog yang keren, salam Kenal Pak saya dari Labtek sebelah…
    Gemar bermusik juga Pak?…..

    Saya bakal rajin kunjungin blog Bapak,he..he..
    saya link ya Pak, terimakasih

  112. met sore pak budi saya adalah salah satu fans bapak… saya sangat antusias melihat tulisan-2 bapak di info linux, suatu hari saya ingin seperti bapak bisa menulis tentang IT atau yang lain. bolehkah saya berkenalan dengan bapak. atas atensinya mah kasih..

  113. Salam Pak Budi

    Saya Ary wartawan Harian The Jakarta Post dan saat ini mau menulis story tentang trend distribusi musik digital di Indonesia. Bapak menurut saya kompeten untuk berbicara dua hal itu: teknologi dan musik.

    Saya kok gak bisa menemukan alamat imel bapak yah? Boleh tahu alamat imelnya, pak? Mungkin bisa dikirim ke email saya saja.

    Terima kasih.

  114. Salam kenal Mas Budi,
    wah keren sekali blog + isinya. Beberapa tulisan Mas Budi telah saya baca, wah gado2 abis tidak monoton.
    mampirlah kalau sempet.
    trims
    aminhers

  115. salam kenal pak Budi..
    saya salah satu fans-nya bapak lo pak..
    😀
    Tolong ‘bimbinganya’ bagi aku yang katro ini ya pak…
    Hehehehe…

  116. ass wr wb
    pa budi makasih dah pt bareng ma kita waktu seminar di polban.

    oh ya kita mahasiswa UIN Bandung (dulu IAIN) pengen ngadain seminar yang pematerinya bapak, mungkin kta ingin cari jadwal yang pas buat bapak juga buat kita. kira kira pa budi bisanya kapan( 2-3 bulan dari sekarang deh)

    maksih pa
    wass

  117. Lho, ini mas Budi Rahardjo yang dulu di Manitoba kah? Hehe.. salam dari ex penduduk soc.culture.indonesia

  118. Salam kenal ! Bpk Budi. saya genaro kewut yg lg belajar IT, saya akan lebih intens lagi unt baca karya sampeyan, khususnya perkembangan iT. Jika ada kesulitan boleh tanya, ya? ya insyaallah….

  119. Salam kenal pak Budi
    Saya suka sekali dengan tulisan bapak. Saya bisa belajar sama bapak, untuk menambah wawasan dan pengetahuan di bidang IT.

  120. Pak, saya hanya mahasiswa FT yang bersekolah di ITB yang sangat biasa-biasa saja… dulu pernah ada seminar yang bapak pembicaranya yang ingin say aikuti…tapi ga jadi…karena entah lupa atau gak sempat….

    sekarang saya punya blog…

    alamatnya : http://sinuhaji.wordpress.com

    kalo bapak berkenan, silahkan mampir..

    btw, bapak pernah buat tulisan ttg blogging ? sedang belajar nulis blog yang lebih baik,

    oh ya, saya minta ijin mencantumkan link ke blog bapak ya…

    hatur nuhun…

  121. Assalamualaikum…

    Perkenalkan, Pak. Saya Reni, mahasiswa TI ITB. Saya pernah dapat kuliah tamu dari Bapak….Waktu itu materinya tentang…Teknik Presentasi.

    Sebenarnya sudah beberapa kali saya mengunjungi blog Bapak, tapi baru kali ini berani menyapa…hehehe

    Salam Kenal sekali lagi, Pak….

    Terimakasih

  122. Assalamu’alaikum Bapak Budi, Besar Harapan untuk mendapatkan Support dari bapak sebagai ahli telematika sekaligus seniman menurut kami,

    kami sangat berterima kasih sekali apabila bapak tidak keberatan meluangkan sedikit waktu untuk mendengarkan lagu2x kami dan memberikan saran dan kritikannya supaya kami bisa menjadi lebih baik lagi kedepannya.

    adapun lagu2x kami ada di Link dibawah ini :
    http://savefile.com/projects/808663318

    dan tentunya kami akan sangat bersyukur sekali apabila bapak berkenan juga membantu mempromosikan kami di internet..

    kami ucapkan Terima kasih

    hormat kami
    Leeming Band

  123. Pak Budi ini salah satu aset negara nih.
    Dari postingan di blog saya sudah bisa menilai bapak ini orang yang betul betul educated person !

    Salam dari Australia pak!

  124. Wahh… hampir lupa nieh meninggalkan jejak di blog pak Rahard…

    Salam hangat dari saya ya pak….

  125. salam kenal Pak Budi, permisi ikut mapir dan muter-muter di blognya. masih butuh waktu lama untuk mengitari semuanya… tapi akan… 🙂 salam -japs-

  126. Assalamu’alaikum….

    Pak Budi, saya Enggar NIM 13205187, anak wali bapak. Saya sebenernya pengen kenal baik dengan bapak, maen ke PAU, ngobrol2, dsb, tapi karena IP saya selalu jelek, saya jadi malu buat hal itu. Apalagi semester ini, hancur banget. Kebetulan pas musim ujian kemarin saya lagi sakit, tapi tetep saya paksain ikut ujian. tapi masalahnya jadi ga belajar sebelumnya. Kalau malam juga habis minum obat malah ketiduran.
    Oia pak, kira-kira saya bisa ketemu kapan buat perwalian? Dari ITB kok belum keluar2 jadwal perwalian.

    matur nuwun.

  127. Assalamu’alaikum.

    Saya ucapkan terima kasih sebelumnya, karena dengan membaca blog Mas BR saya sedikit merasa terhibur (saya merasa ketika membaca blog ini, saya merasa bisa ikut membayangkan kembali seperti apa Gambir, Tol Cipularang, dan Pasteur…)
    Saat ini saya kerja di LN, tp terus terang saya kelihatannya tidak betah (mungkin karena saya meninggalkan anak dan istri di Jakarta).
    Saya belum pernah punya blog sebelumnya, setelah saya baca blog Mas BR, saya sadar ternyata daripada saya melamun, tanpa ada tujuan lebih baik saya menulis di blog.
    Mungkin pada awalnya saya akan menggunakan blog saya lebih seperti diary atau buku harian (paling ngak latihan menulis seperti kata Mas BR).
    Terima kasih atas inspirasinya.

    Wassalam,
    -Ariyanto

  128. Punten pak Budi, salam kenal. Saya udah punya kenalan di UI, IPB, ITS, tapi ITB belom nih. Kalo berkenan, saya numpang nge-link dari palembang… terima kasih

  129. salam kenal pak.

    boleh izin nge-link ke blog bapak? saya mahasiswa biokimia IPB (tapi lebih tertarik dengan ilmu komputer) yang saat ini sedang belajar menulis di blog. saya senang belajar tentang IT tapi belum mahir-mahir nih.. mohon pencerahan ya pak.. thx b4

  130. hari senin tanggal 1 september 2008, saya mengikuti kuliah bapak. wah sangat exciting sekali..semangat pak dalam mengajar, membuat saya terinspirasi terutama sewaktu bapak bilang waktu tidak pernah kembali.
    apapun yang kita lakukan harus total dengan sepenuh hati dan sebaik mungkin karena jika tidak berarti menghabiskan waktu dengan sia-sia, dan waktu tidak pernah kembali…

  131. Halo Pak….apa khabar…? katanya mau buat buku terkait dengan BCM dan BCP atau sejenisnya…. kok dicari di toko buku Gramedia nggak ada….(kalau kursus di sharing vision mahal khan??? jangan bilang Pak Dimitry Yach…)…kalau buat buku….hitung2 ibadah loch Pak…buat tiket ke Surga….hik..hik..hik..ditunggu informasinya….

  132. alo pak budi..
    pa kabar …

    mau tanya nih pak …
    mungkin dah lama … baru teringat lagi …

    sayap ade itu kmana yah …
    maaf, sudah wafat (to the point) atau bagaimana…?
    terakhir waktu itu katanya ndak bs nulis lagi …

    sempat hangat dulu diskusinya membahas dia pas awal tahun kmrn …

    terima kasih …

  133. ass wr wb sy reni sy sdng membuat skripsi tp sy bingung untuk membuat flowchart algoritma konversi desimal ke biner, oktal, hexadesimal dan sebaliknya. apa bisa dibantu? sy mhn dengan sangat agar segera dibalas. trims

    email: ranmasiv@gmail.com

  134. salam kenal pak Budi,….saya sering bertemu anda di beberapa kesempatan dimana saya bertugas meliput, tapi baru kali ini saya menemukan blog anda…hehehe…
    blog anda saya pasang di-blogroll saya..biar gak lupa..hehehe..semoga sukses jadi juri e-Gov award-nya y pak…

  135. Pak, kalau berminat mengundang Pak budi sebagai pembicara di sebuah seminar IT bagaimana ya?
    tapi apakah mau jadi jakarta ke duri?

  136. pak budi, salam kenal..
    saya manusia yang baru belajar nge-blog.
    Mohon petunjuk bapak Budi supaya saya tambah pinter.
    maturnuwun.
    Mohon ijin untuk nge-link pak.

  137. assalamualaikum..
    luar biasa dan salut untuk pak budi..
    salam kenal pak,saya mahasiswa optoelectronics fisika ITS.
    menarik sekali melihat profil bapak,dosen iya,pemusik iya,muslim lagi…
    saya cuma mau tanya resep hidupnya aja…
    paling tidak saya bisa belajar menjadi manusia yang seharusnya…
    matur nuwun pak…
    wasssalam…

  138. assalamualaikum…
    wah tak kusangka bisa mampir ke blog semenakjubkan seperti ini…
    dengan status counter mencapai 1 jeti…???
    wow…
    salam kenal aja dari Napi…
    semoga dengan wadah blog ini kita dapat mempererat tali persaudaraan kita….???

  139. Salam,

    Kami selaku mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia akan mengadakan acara COMPFEST 2009 yang bertempat di Balairung UI pada tanggal 7 Februari 2009.

    Acara ini ditujukan bagi masyarakat yang ingin belajar dengan memanfaatkan tools teknologi informasi dengan cara yang menyenangkan seperti e-learning.

    Oleh karena itu dalam rangka mempromosikan acara kami, kami berharap acara ini dapat dipromosikan oleh Blog Bapak.
    berikut kami lampirkan, link banner dari acara kami :

    Kami yakin bahwa acara ini sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya anak-anak muda yang ingin mengetahui lebih jauh cara belajar yang unik dengan e-learning, belajar tentang teknologi broadband dalam dunia pendidikan, mengeksplorasi komunitas IT dan dunia maya.

    Detail selengkapnya dapat diunduh proposal kami di http://www.mediafire.com/?b4t0dnrdsmz (15 mb, pdf). Kami berharap Bapak berminat untuk melihat dan membaca proposal kami. Bapak juga dapat melihat website kami di compfest.cs.ui.ac.id

    Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

    Best Regards,

    Panitia COMPFEST 2009
    Computer Science
    University of Indonesia

  140. hallo pak Budi. saya mahasiswa yang sedang mengadakan penelitian. saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan kepada pak Budi seputar blog. jika pak Budi bersedia, dimohon jawabannya, nanti saya kirim daftar pertanyaannya.
    Terima Kasih

  141. salam kenal, saya mohon ijin memasukan blog ini ke dalam blogroll saya ya, isinya menarik dan menambah wawasan. terima kasih

  142. assalammu’alaikum Pak Budi.
    saya telah mengirim ke email bapak di pq_rnr@yahoo.com
    untuk minta tolong mengisi kuisioner riset saya, Pak.

    terima kasih atas perhatiannya…salam kenal, Pak-)

  143. pak, saya karyawati STEI ITB plus mahasiswi ITTELKOM yang sedang menyusun Tugas Akhir
    Butuh bantuan mengenai C++ nih pak,mohon bisa di follow up via email

  144. Hello sir im ur fan

    Saya pernah baca CV bapa dan keren bgt salut buat bapa.

    Saya pernah liat presentasi bapa tentang BHTV mana follow-up nya.
    Bagaimanapun juga saya mendukung idenya.

  145. salam kenal pak, rupanya ada orang yang memiliki hobby seperi saya (hobby tersebut telah menjadi profesi dan menghasilkan uang bagi bapak dan sayangnya untuk saya belum menghasilkan apa2 hehehe). mampir ke blog saya ya dan komentarin. soalnya saya blogger baru nich.

    gadgetboi.wordpress.com

  146. assalamualaikum,,
    Pak Budi,,
    sebelumnya saya perkenalkan diri dulu,
    nama saya, Dedy Firmansyah
    saya mahasiswa tahun ketiga di program studi Kimia ITB,
    saya terinspirasi untuk membuat blog setelah membaca blog bapak ini,
    saya mohon bimbingan dan saran dalam membuat blog tersebut,

  147. Saya Rino Ferdian dari KARISMA ITB (Keluarga Remaja Islam Salman Institut Teknologi Bandung)
    Sebuah organisasi yang fokus pembinaan remaja SMP-SMA di Kota Bandung terutama dalam bidang Islam…

    Insya Allah, pada bulan Juli ini kami akan mengadakan sebuah event bernama STARITY VAGANZA
    Beberapa kegiatan dalam event tersebut antara lain :
    1. Kompetisi NASYID remaja tingkat SMP/SMA se-Jawa Barat
    2. Kompetisi TEATER remaja tingkat SMP/SMA se-Jawa Barat
    3. Kompetisi dan pengumpulan 1000 blog Islami remaja tingkat SMP/SMA se-Indonesia
    4. Bazar dan talkshow tentang informasi dan teknologi di Indonesia
    5. Penampilan teater besar remaja-remaja SMP/SMA se-Kota Bandung

    Kami juga turut mengundang group band dan nasyid papan atas Indonesia.
    Untuk lebih jelasnya, nanti kami akan mengirimkan Proposal dan overview acaranya.
    Oleh karena itu, kami menawarkan kerja sama dengan pak Budi sebagai donatur atau pengisi acara kami. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

  148. Waw, dosen Go!Blog, bikin inspirasiku aje 😀 pak
    Salam kenyal pak 😀
    Kirain pak Budi Raharjo, guru Matematika SMP di Semarang, jebulnya dosen ITB.

  149. Keren pak….!!!
    penGen bisa keBiasa nulis kaya pak Budi….
    terimakasih bwat inspirasi2nya…

    skaliyan izin masang link blog Bpk di Blog saya… 🙂

    salam kenal
    febry 🙂

  150. pak budi, saya dari telkom salah satu peserta suspim yang pak budi jadi pembicara tanggal 2 juli yang lalu. bener euy blognya bagus.

    Waktu itu pak budi ngomong kalau udah ada GPS yang sangat kecil yang bisa dipasang di baju / jaket. saya membutuhkan info dimana bisa dapat ?, webnya atau mungkin bisa dibeli di indonesia ?

    Saat ini kami (komunitas orant tua yang punya anak autis) sangat membutuhkan alat semacam itu untuk melacak anak kami, kalau bisa yang murah. saat ini yang ada GPS khusus untuk anak special needs, harganya sekitar US$300.- (di Amerika)

    sekedar info : anak autis punya keterbatasan komunikasi (bahkan beberapa nonverbal) . bebrapa sering menghilang karena ingin mengeksplore hal-hal / tempat2 baru. ini tentu membuat kita orang tua was-was. kalau mau tau lebih jauh tentang anak autis dapat di lihat di http://www.puterakembara.org

    ditunggu infonya ya…Thanks

    sukses selalu

  151. Assalammualaikum pak,
    Mohon maaf sebelummnya kalo surat saya terkesan mendadak (maklum baru pertama jadi eo)

    Begini pak, rencananya tanggal 25-26 Juli 2009 kami mau mengadakan seminar tentang blog dengan thema “Menjadi kaya Lewat Blog!” yang akan diselenggarakan di Hotel Acacia, Jakarta Pusat.
    Adapun pembicara yang sudah kami hubungi adalah

    Mbak Ollie (http://kutukutubuku.com)
    Bapak Agus Setyawan (http://piranhamas.wordpress.com)

    nah kami mau mengundang bapak dalam seminar tersebut, namun biar lebih komplit saya minta alamat email bapak.

    Terima kasih,

    Saifullah
    mobile : 02197437108
    office : 021-4788 5190 / 4788 5187

  152. hallo pak,
    perkenalkan nama saya hira, sangat tertarik dengan blog bapak.
    Dan saya juga sangat tertarik mengenai e-procurement.saya baca dari beberapa artikel blog bapak membahas mengenai e-procurement.

    pertanyaan saya,
    1. apakah selama ini uu ite benar-benar bisa melindingi penggunaan sistem e-procurement dalam pengadaan barang dan jasa?
    2. kendala yang dihadapi dengan menggunakan e-procurement?
    3. haruskah ada standarasisasi dengan menggunakan sistem e-procurement?

    mohon sharingnya pak, alangkah senangnya saya jika bapak bisa bertukar pendapat dan memberikan informasi dan pengetahuannya kepada saya.

    hira 0818704080
    thanks

  153. pak budi … perkenalkan nama saya fawwaz, saya sekaarang duduk di kelas 2 SMA. saya mengenal bapak dari rubrik opini di info linux.

    Saya memiliki ketertarikan terhadap bidang IT yang sangat besar.Saya pernah mendengar bahwa bapak bisa berbagi ilmu tentang dunia IT.

    Saat ini saya sedang mencoba membuat program kecil-kecilan bertema edukasi. program ini nantinya akan di lisensikan GPL. Namun saya mendapatkan kesulitan untuk menentukan bahasa apa yang saya gunakan.
    saya membutuhkan bahasa yang mampu :

    -bahasa yang bekerja di client side dan juga bisa bekerja di server side
    -bahasa yang mampu melihat dokumen HTML dan berinteraksi dengan dokumen HTML baik secara langsung maupun secara tidak langsung
    -mampu berdiri sendiri tanpa batasan frame (misal seperti software winamp yang sudah di beri skin “alien” , atau seperti bootloadingnya coreldraw,atau bootloading PC-MAV.

    saya mengakui keilmuan saya di bidang IT masih belum banyak. oleh karena itu saya meohon kepada bapak untuk memberikan saran, bahasa apa yang sebaiknya saya guanakn? terimakasih atas bantuan bapak,

    fawaz 085720262209

  154. Selamat Sore pak Budi,

    pak kami dari LSP TELEMATIKA, kami berniat mengundang bapak dalam acara Rapat kerja Perusahaan Kami,kami berniat mengundang bapak melalui email bapak, apakah kami bisa meminta alamat email bapak.

    terima kasih

  155. aslm, pak budi. salam kenal pak. saya mo nanya pak, apa pendapat bapak tentang cloud computing dan aplikasi cloudsim?

  156. Pa, saya aziza dari Jurnalistik Unpad.
    saya mau wawancara bapak mengenai media massa di masa yang akan datang, khususnya mengenai perkembangan teknologi informasi.
    kira-kira kapan pa saya bisa wawancara bapak?
    terimakasih..

  157. Assamu’alaikum wr wb

    Mat Siang dan Salam kenal Pak Budi.
    Aku orang Klaten dan ingin merubah Indonesia dari Klaten.Namun sekarang aku sekarang terdampar dan keblasuk di Jepang (kaki gunung fujiyama)…Latar belakang nol besar,tanpa titel karena keluar begitu saja dari IKIP Karangmalang Yogyakarta di semester 7 tahun 1992.Aku di Jepang mulai tahun 1997.Jadi tahu perbedaan cara orang jepang berpikir(memikirkan /memecahkan masalah) dan cara orang Klaten(tolongbaca INDONESIA) namun tidak becus mengungkapkannya…kemampuan bahasa Jawa,Indonesia,Inggris,Jepang bisa tapi tanggung…Kalau Pak Budi pas tamasya ke Jepang tolong kasih tahu ke saya dan mampir ke rumahku nanti ‘Tak ajak jalan2 dengan mobil peyotku dan yang lebih penting lagi Pak Budi mau mendengarkan isi otakku ‘ Maturnuwun….

  158. permisi pak Budi
    saya Ali dari FMIPA UI
    sebelumnya makasih untuk inspirasi blognya

    btw pak, kita di MIPA UI mau buat seminar dengan tema:
    “MEMBUAT BUKU DAN BLOG”
    acaranya sekitar minggu-minggu awal Desember 09 bertempat di FMIPA UI
    rencana pembicara dua orang;
    1. Shofwan Al-Banna (mantan mapres UI dan nasional) untuk materi MEMBUAT BUKU
    2. Pak Budi sendiri sebagai pembicara MEMBUAT BLOG

    kami mau mengundang bapak untuk menjadi pembicara di acara tersebut.
    hal-hal lebih lengkapnya akan kita bicarakan kemudian.
    untuk perhatiannya terima kasih

    ali FMIPA UI
    mohon balesannya ya pak
    bisa ke blog saya ini:
    http://alymerenung.wordpress.com
    atau bales ke blog bapak sendiri juga nda apa-apa
    kebetulan saya always “memantau” blog bapak

  159. Ass..

    Pak budi, saya dari harian media indonesia ingin wawancara mengenai background bisnis di internet, namun kesulitan untuk mencari nomor kontak bapak, apakah bapak dapat menghubungi saya via email. terimakasih banyak.

    Wass..

  160. Pak Budi, perkenalkan kami adalah salah satu penerbit buku Islam di Solo. Setelah membaca kisah perjalanan haji bapak, kok bagus sekali ya?. Apa pernah diterbitkan menjadi sebuah buku Pak? kalau belum, bolehkan kami menerbitkannya?

  161. Pak Budi, kami dari panitia wusuda STMIK Balikpapan, Mengundang bapak tgl 12 Des 2009, di Balikpapan, Pembicara Orasi Ilmiah pada acara wisuda tersebut, kami berharap bapak punya waktu tgl tersebut, kami tunggu konfirmasinya.

    salam

    sumardi

  162. akhirnya ketemu juga situs bapa yang sering di update,
    saya mahasaiswa bapa di fh.unpad,yg berminat sekali menekuni bidang hukum teknologi informasi….

    jangan berharap dech,dapat ilmu full dari pa dan di kelas,,soalnya sibuk bgt,jadi jarang masuk.

    pa dan juga pernah bilang di kelas,ga bakalan ngasih ilmu hukum teknologi secara menyeluruh pada mahasiswa.
    takut tersaingi heuheu..

    saya aka berusaha pa,ngmbil ilmu bapa selurunya. sampe main gitar hahahahaaaaaa

  163. Assalamualaikum, wr. wb

    Saya sangat kagum dengan pemaparan bapak pada buku teknik pemrograman pascal… saya banyak mendapatkatkan pengetahuan lebih dari buku yang bapak tulis.

    Tidak hanya struktur bahasa pascal yang di ajarkan namun dalam buku tersebut juga di ajarkan algoritma. Gerbang logika saya benar2 terbuka…

    Saya ingin sekali mengoleksi dan mempelajari buku2 karya bapak Budi. Pemrograman C, C++, Java.
    Namun ketika saya cari di Gramedia Cirebon saya sulit untuk mendapatkannya.

    Apakah bapak menulis buku pemrograman Phyton?

    Terimakasih

  164. Pa Insya Allah bulan april saya mau ngadain seminar teknologi di kampus STMIK Sumedang, apakah bersedia jd pembicara di acara kami??

  165. mantab gan,,
    ko yang punya blog gak pnah nampak lagi neh???
    salam kenal bapak,
    tadinya ksini mau blajar masalah IT eh ternyata ada juga gitar..
    enak neh,mang keduanya ada seninya masing2..
    mohon bantuanya

  166. selamat sore pak,

    saya mahasiswa dari Sekolah Bisnis Manajemen ITB, sedang menulis Tugas Akhir dengan judul ” Study on Creative Music Industry in Bandung” dengan pembimbing pak Togar Simatupang. TA ini membahas tentang bagaimana persepsi dan peluang terjadinya sebuah model kolaborasi antara pelaku bisnis, pemerintah, akademisi, komunitas dan konsumen dalam upaya memajukan industri musik. Sebagai technopreneur yang handal ( saya baca tentang presentasi bapak di Menristek dengan digital beat) saya memohon kesediaan bapak untuk diwawancarai. Waktu dan tempat sesuai dengan keinginan bapak.
    Terima kasih atas perhatiannya.

  167. Pak, mau tanya saya sudah baca sekilas buku bapak yang berjudul “Diary budi Rahardjo” knp di situ ditulis baru UI dan ITB yang menghasilkan software engineer?? knp begitu pak??

    oiya saya juga menulis tentang ini di blog saya

    http://teazz.wordpress.com

    mohon reviewnya Pak.. terima Kasih…

  168. salam kenal pak,btw saya sering melihat buku bapak di gramedia dan juga membaca artikel yg bapak buat di infolinux.sangat menarik menurutku. 🙂

  169. Pak Budi, saya anggi dari majalah Kawanku. Saya berniat mewawancarai Bapak tentang seberapa aman menyimpan data di komputer. Bapak bisa bantu saya? Saya tunggu jawaban Bapak secepatnya. Thanks a lot.

    Anggi-kawanku

  170. assalamualaikum,,,,
    materi yang bapak berikan hari ini dalam kuliah umum di kampus “Politeknik Pos Indonesia” tepatnya jurusan Teknik Informatika,,,,yang bertema “bisnis teknologi informasi dan komunikasi” membuat saya termotivasi untuk memulai berbisnis dalam bidang IT khususnya,,,,

  171. Selamat Malam
    Assalamualaikum wr. wb

    Pertama perkenankan saya memperkenalkan diri , nama saya HERY HERDIANA , kami bersama dengan PT.Buanatama Konsultan Jakarta ditunjuk oleh Depkominfo
    untuk melakukan pengkajian lokasi pengembangan technopark diIndonesia.

    Calon lokasi yang akan di survey/ dinilai keunggulan
    kompetitif nya ada beberapa lokasi yakni, region jabodetabek Puspitek Serpong, region Jawa tengah dan DIY di yogyakarta/solo, Region JawaBarat Bandung, region Jawa timur Surabaya, region Batam pangkal
    pinang.

    untuk keperluan itu kami merencanakan akan melakukan kunjungan ke Bandung untuk memperoleh informasi dari Pemda,akademisi dan penggiat IT di daerah, salah satu nya untuk di region JawaBarat Bandung adalah
    BHTV Bandung.

    Sekira Bapak berkenan, kami mohon bisa di share nomor
    kontaknya ( telp/HP,Email) agar bisa berkomunikasi lebih intensif. Sekaligus mohon saran kira-kira siapa saja yang perlu kami kunjungi/kami minta keterangan nya sehubungan dengan rencana pengembangan ICT technopark dari kalangan penggiat IT di Bandung selain BHTV Bandung.

    Demikian atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terimakasih.

  172. saya cuma bisa katakan sukses ya pak, blog terbaik yang saya temui karena dari blog ini saya dapat inspirasi untuk terus belajar..mudah mudahan saya dapat mengikuti jejaknya nanti.amin

    saran dan kritiknya buat blog saya boleh dong pak karena saya masih pemula. http://pelangiholiday.wordpress.com

  173. …p Budii..
    ikutan dunk..

    Sy punya 16 lagu ciptaan sy sendiri..
    Mengangkat tma ttg Cinta.. juga persahabatan msa kecil dan sma..jg Paskibra… T jamin Ok.. q uda punya rancangan video klipx juga,,
    Q hobby nyanyi…. q suka ngayal. Pngenx s jd penulis,,. tp naskah sy selalu di tolak. HU… Tp q yakin lo masalah v- klip or lagu . q bisa…

    Mohon bantuanx yah.. dri pd sy nyanyi2 d Km Mandi g jelas. Lagi pula tmen2 saya ..saya ajakin ngeband pada sibuk kerja smua. Sy sih masi blum … kepikiran nge -band ,,,. mulu.
    UsiaQ masi 17 thn..

    my numb: 085755102609..Fb : maril.727_dest@yahoo.com

  174. pak Budi orang akedimisi ya. …mestine puuintteerr banget,
    lha wong banyak banget kegiatannya ..dari mulai kepala rmahtangga
    sampai..ngrusuri technopreneur..sgala..embuh opo iku sejenis makanan 😉

    mantab pak budi..maju terus untuk Indonesia
    yang lebih baik..

    nuhun
    kangheru karawang

  175. Hai Mas Budi,
    Kami merasa bahwa konten di dalam situs Anda sangatlah menarik dan bermanfaat dan kami berharap bahwa Anda mau mempertimbangkan kesempatan untuk bisa berbagi dengan kalangan pembaca dari media lain, yaitu kepada sejumlah pengguna ponsel dari Mobile Internet tentunya. Disini kami ingin memperkenalkan fitur “Mobilizer” yang kami miliki dimana fitur ini dapat merubah situs web yang mempunyai RSS atau atom feeds menjadi situs mobile tanpa diperlukan programming lebih lanjut. Hanya dengan beberapa langkah saja, Anda dapat me-monetize traffic dan membentuk pengikut baru dari kalangan mobile. Untuk kenyamanan Anda dan sebagai bahan ilustrasi, kami telah membuat situs mobile Anda yang dapat langsung Anda lihat di http://buzzcity.mobi/rahard dan silahkan kunjungi situs kami di http://www.buzzcity.com untuk info lebih lanjut. Semoga ini bisa menjadi awal kerjasama yang baik diantara kita dan silahkan hubungi kami jika Anda membutuhkan info lebih lanjut.

    Dan bersamaan dengan pesan ini, apabila berkenan, kami ingin mengundang Mas Budi untuk ikut serta pula menghadiri acara Pesta Blogger 2010 dimana Buzzcity (myGamma) sebagai salah satu sponsor acara akan berpartisipasi dan memberikan talkshow singkat. Semoga melalui pertemuan langsung, kita dapat saling bertukar pikiran lebih jauh. Kami tunggu balasannya. 🙂

  176. terimakasih telah memberikan alamat blog kepada saya dalam pesta bloger kemaren dan mohon kunjungannya yh mas ke blog saya. 🙂 trims.

  177. Salam kenal Pak. Sudah beberapa kali disarankan untuk membuka blog ini, baru sekarang kesampaian, ternyata theme WPnya sama dengan saya punya, walaupun isi tulisan saya masih jauh, masih baru ngeblog. Mampir ke blog saya, terima kasih

  178. salam kenal pak..
    saya mahasiswa ITB jurusan Teknik Geofisika 2008..
    saya masuk ke blog bapak hasil googling ‘blog terbaik 2010’, hehe seneng aja ada dosen seneng ngeblog, dosen ITB pula..

  179. Halo Pak Budi,

    Pak budi, kami ada rencana untuk membuat kerjasama dengan Bapak, mungkin bisa dibantu no tlp yang bisa dihubungi pak ?

    Terima kasih

    yudhi

  180. Halo salam kenal ..
    bagus deh blognya ..
    btw suka nulis artikel tentang Bandung ga ?
    klo suka, share artikel or tulis di Citizen Journalism web kita yah ..
    Oiya, jangan lupa follow (@BandungReview) dan like facebook fans page bandungreview.com juga yah!
    Thx

  181. Assalamu’alaikum.
    Tak terasa sudah 3 tahun membaca blog bapak. Saat itu Februari 2008, ketika saya masih SMA dan blog bapak masih sering nangkring di BoTD. Walaupun pernah ketemu di LabTek VIII, saya belum sempat menyapa Seniro, eh, pak Budi maksudnya.

  182. Selamat Malam Mas Budi, salam kenal n semoga sehat selalu
    saya frizka, mas Budi, saya ingin mengadakan pelatihan/workshop MC untuk pemuda dan mahasiswa, insyaAllah awal bulan April 2011, jadi saya berharap kiranya mas budi bisa menjadi salah satu narasumber untuk workshop MC nanti…

    kalo boleh saya mo minta no telp mas budi,
    makasi

    Hp saya: 08561984568

  183. salam kenal pak budi.
    izin pasang link blognya ya. and izin memposting tentang blog pak budi.
    terimaksih.

  184. Saya merupakan baru didunia bloging, tulisan-tulisan bapak memotivasi saya untuk lebih maju lagi dan mendalami dunia blogging dan tulis menulis. Mohon bimbingannya ya.

  185. Assalamu’alaikum.
    Salam Kenal Pak Budi,
    Saya erni dari Semarang, berencana mengadakan Training Entrepreunership berbasis IT juga, sudilah kiranya Bapak menjadi pembicara di acara kami, InsyaAlloh akan diadakan minggu, 5 Juni 2011.

    erni : 087832143357

  186. selamat siang,
    Assalamulaikum Wr.Wb

    kami dari BPKIMI Kementerian Perindustrian akan mengadakan workshop yang bertema : “Network Security” yang dilaksanakan pada bulan mei 2011

    sehubungan dengan itu kami memohon kepada bapak untuk menjadi pembicara pada workshop tersebut.

    besar harapan kami supaya bapak berkenan menjadi pembicara dalam workshop kami.

    wassalam,

    Diky Ariesandi

    contact :

    telp : 085842920720
    email : dikyariesandi@yahoo.com

  187. Halo mas Budi,

    Nama saya Lody.
    Saat ini kami sedang mengerjakan digital campaign untuk sebuah brand makanan sehat.
    Boleh saya dapat nomor kontak mas Budi untuk bicara lebih lanjut.
    Please contact me at 087771302965

    Trims mas Budi

  188. Wah,
    Atikel – artikel Pa Budi bagus sekali,dan sesuai dengan apa yang saya butuhkan saat ini. Saya sangat terkesan dan setuju dengan postingan di atas !
    Saya akan kembali lagi Untuk membaca postingan anda yang lain
    Terimaksih dan Tetap semnagat,semoga sukses dunia akhirat

  189. Hi Budi,

    Good morning!

    Let me first introduce myself. I’m Jaclyn from a social media company called Sirens Media, which is a small set up in Malaysia. We are currently representing Hong Kong Disneyland to scout for bloggers to send for an expensed paid trip to Hong Kong Disneyland and in return the bloggers would need to review the trip and Hong Kong Disneyland for the client (based on certain criteria of cos)

    Hence the client has actually asked me to approach you as one of the bloggers that they would like to engage for 2012 to head over to Hong Kong Disneyland.

    Shall you be keen to undertake this offer, do reply to this email and lets see how we can take it from here.

    Thanks!

    Best Regards,
    Jaclyn Chew
    Sirens Media Sdn Bhd

  190. Selamat siang Pak.
    saya dedi mahasiswa LPKIA Bandung, rencananya kami akan mengadakan Seminar Ekstern dengan tema E-commerce dengan judul “Online Bussines Succses in Your Hand”, yang rencananya akan dilaksanakan pada awal bulan November, maka dari itu saya selaku ketua pelaksana Seminar ini mengajak Bapak untuk menjadi Pemateri dalam Seminar ini.
    Apabila bapak berkenan, saya mohon untuk dikonfirmasi secepatnya.
    Mohon maaf apabila ada salah kata yang terucap dan saya ucapkan terima kasih banyak.

  191. wah-wah beruntung sekali rasanya menemukan blog ini. simple tapi punya daya tarik cukup kuat..yah, saat saya koment ini saja uda 427 koment ada sebelumnya…

  192. Assalamulaikum Wr.Wb

    Kami dari pengurus Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HIMANITRO) jurusan Teknik Elektro Telekomunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung akan mengadakan peringatan dies-Himpunan kami yang ke-3 yang salahsatu acaranya yaitu seminar telekomunikasi yang bertema : “Perencanaan dan Implementasi Pola Pikir Mahasiswa dengan Teknologi Informasi dan Telekomunikasi dalam Dunia Kerja” yang dilaksanakan pada tanggal 3 Maret 2012.

    sehubungan dengan itu kami memohon kepada bapak untuk menjadi pembicara (keynote speaker) pada seminar tersebut dengan judul “Strategi dan Perencanaan Bisnis yang baik di Bidang Teknologi Telekomunikasi”.

    besar harapan kami supaya bapak berkenan menjadi pembicara dalam seminar kami.

    wassalam,

    Irfan Nurhardiansyah

    contact :
    mobile : 085794138713 / 08979788813
    email : drumer_style@yahoo.com

  193. Kepada Yth: Pak Budi Rahardjo,

    Nama saya Tina, dan saya adalah pembaca setia dari blog Anda. Saya menghubungi Anda atas nama Vingle, yang merupakan suatu platform komunitas penggemar/fans global yang akan diluncurkan pada akhir bulan ini. Vingle adalah sarana untuk semua tentang mimpi kita untuk menggabungkan semua orang di seluruh dunia yang memiliki gairah hidup, hobi, dan kesukaan yang sama. Kami percaya bahwa setiap orang pasti menggemari sesuatu, apakah itu selebriti, olahraga, film, makanan, hewan peliharaan, dan sebagainya. Namun, sebagai seorang penggemar/fans, kami menyadari bahwa layanan-layanan dan komunitas penggemar yang ada saat ini masih saja kurang. Karena itu, kamu muncul dengan gagasan proyek Vingle ini.

    Kami percaya bahwa mendapat tanggapan dari Anda sebagai pengguna akhir sangatlah penting untuk keberhasilan proyek kami. Untuk itu, kami mencari orang yang dapat memberi kami nasihat dan tanggapan balik (feedback). Selama kami melakukan penelitian mendalam pada kegiatan para penggemar/fans, serta keakraban pribadi saya dengan blog Anda, kami merasa bahwa Anda adalah kandidat yang sempurna untuk memberikan kami feedback berharga tentang proyek kami. Oleh karena itu, kami ingin dengan hormat mengundang Anda untuk berpartisipasi dalam layanan beta kami untuk Komunitas Vingle kami. Kami sangat ingin mendengar pendapat berharga Anda untuk mengetahui apakah metode kami untuk memenuhi harapan dari Anda sebagai pengguna akhir efektif atau tidak.

    Kami akan sangat berterima kasih jika Anda dapat memberitahu kami dengan mengklik link Undangan Beta kami di http://www.vingle.net. Kami juga berencana untuk memberikan Limited Edition Badge untuk Anda sebagai penasihat awal kami. Jika Anda memiliki tanggapan atau pertanyaan, jangan ragu-ragu untuk menghubungi saya di tina.cm@vingle.net.

    Terima kasih sebelumnya dan kami berharap dapat bertemu dengan Anda lagi.

    Salam hormat,
    Tina, dari Vingle

  194. Assalamualaikum pa,
    saya mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung..
    Kami pada tahun ini kembali mengadakan acara IT Fair yang ke 4.dengan tema “Network for Connecting People In The World”.
    untuk itu kami mengundang Bapak untuk dapat hadir sharing bersama kami. untuk itu, kira-kira kemana saya bisa mengontak bapa?
    terima kasih

  195. Pak..
    Nanya nih, kenapa blog nya pakai domain wordpress? tidak pakai nama domain sendiri? Apa dari sisi traffic lebih menguntungkan pakai domain wordpress?

  196. Salam kenal…
    Saya Irpan dari PT. Kasindo Graha Kencana (www.kasindo.co.id). saya tertarik dengan artikel yang Bapak buat yang membahas tentang kalkulator. dan kami bermaksud ingin menggunakan jasa Bapak untuk menuliskan artikel tentang kalkulator casio, seperti artikel tentang kalkulator yang ada dalam blog Bapak
    Saya juga ingin menanyakan cara atau syarat jika saya ingin dibuatkan artikel tentang kalkulator casio dan di Post didalam Blog Bapak, tujuan kami adalah untuk membantu para siswa/i atau mahasiswa/i yang dimana proses belajarnya akan menggunakan kalkulator agar lebih efisien dalam pengerjaan soal-soal atau tugas-tugas yang diberikan khususnya pengerjaannya diperbolehkan menggunakan kalkulator dan kami pun bermaksud untuk memberikan informasi secara terperinci kepada siswa/I ataupun mahasiswa/I yang menggunakan kalkulator casio. Kami akan menunggu informasi lebih lanjut dari Bapak. agar kita dapat menjalin hubungan kerjasama dengan baik.
    Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

    Best regards,
    Irpan,
    Promosi Web & Social Media

    Telp : (021) 666 753 01 – 04 (ext : 111)
    Fax : (021) 666 753 05
    Email : csr@kasindo.co.id

  197. Selamat Sore Pak!

    Saya dari Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta, bermaksud mengadakan seminar dengan tema : “Cybercrime dalam Ilmu Hubungan Internasional”,
    dengan tema ini kami berharap bapak dapat menjadi salah satu pembicara dengan topik “Cybercrime and National Security”. Alternatif waktu yang kami siapkan adalah antara tanggal 31 Mei s/d 9 Juni (pilih tanggal) yang disesuaikan dengan jadwal bapak. Untuk pelaksanaan acara tersebut, kami mohon jawaban dari bapak. Terima kasih banyak 🙂

    Purnama Wulandari, M.Si
    Sekretaris Program Studi Ilmu Hubungan Internasional IISIP Jakarta
    No.Tlp 021-7806223/7806224
    email : purnama_pooh27@yahoo.com

  198. Dear mas Budi, Kami ingin mengenalkan sebuah inovasi di dunia kelistrikan yang dinamai Klik-iT. Kami ingin meminta pendapat fair dari mas Budi mengenai inovasi yang ide dan pemuatannya 100% Indonesia. Kami harap kita bisa berkomunikasi lebih lanjut ke depannya terima kasih. Kami menunggu respon Mas Budi di email kami.

    Terima kasih,

  199. assalamu’alaikum..
    salam kenal, Pak Budi.
    Saya Zainal,asli cuma seorang kuli di kampung..membaca blog Bapak saya jadi tertarik untuk belajar menjadi manusia ?

  200. Pak Budi, mengapa bapak lebih memilih menggunakan layanan blog gratisan, disaat layanan berbayar [pakai domain sendiri] harganya sudah murah?

  201. Salam kenal, Pak Budi 🙂

    Blog ini merupakan salah satu inspirasi saya untuk membuat wordpress sendiri. Padahal awalnya saya ragu untuk membuat blog sendiri *apalagi saya juga disuruh guru Komputer di sekolah untuk membuat website untuk dikumpulkan hehe 😐 *

    Saya Mustika Sari Adinissa (bisa dipanggil Mustika atau Ica). Saya baru kelas 12 (3 SMA) jurusan IPA, dan tulisan-tulisan Bapak dalam blog ini sangat menarik dan inspiratif sekali *yang membuat saya memantapkan diri untuk membuat wordpress 😀 *

    Mudah-mudahan blog ini akan terus maju sehingga dapat menginspirasi bloggers dan para pembaca lainnya 😉

  202. Pak Budi, saya lihat aktivitas bapak padat sekali. Saya mauber tanya, bagaimana bapak membagi waktu tiap harinya, mengajar, bisnis, seminar & keluarga tentunya. Oh ya berapa jam bapak tidur sehari?

    Terima kasih sudah mau berbagi buat kami yang muda-muda ini, Pak.

  203. saya heran, orang sesibuk pak budi rahardjo masih sempat untuk merawat blog pribadinya sebaik ini setiap harinya. Salut!

  204. Blog ini saya temukan melalui pilihan sebuah survey yang dibayar dollar, dan rasa penasaran membuat saya berkunjung karena namanya berasal dari blog gratisan. Tapi saya sudah takjub duluan, sbelum membaca semuanya. Luar biasa kreatif dan full ide penulisan. Salam hangat..

  205. Dear Bapak Budi,

    Saya ingin menawarkan kerja sama dengan bapak, namun saya rasa untuk pembicaraan serius seperti ini, akan lebih baik untuk menghubungi bapak via email. Bisa tolong bapak reply saya dengan email bapak?

    Thank you.

    Regards
    Juliwaty

  206. Hi, Salam kenal Pak Budi.
    Sy Agung, Lulusan Fisika ITB, penulis blog gugiaji.wordpress.com. Blog tsb tentang application development, sdh banyak diakses dari overseas. Mudah2an kita bisa sharing / comment ttg blog kita masing2 maupun teknologi informasi.

    Syukur2 bisa bertukar alamat email & ketemu.

    Regards,

  207. Hi i m Faisal i saw your bloge you are doing owesome job
    I have some good service for you i connect adds on your bloge
    you can earn 50$ to 200$ and more then it depends on your traffice
    if yourare agree sent me feed back on this mailing address
    janjuah005@gmail.com

  208. Ass wrwb ,, kepada pak Budi,saya dari Kalsel, sebenarnya saya sangat mendukung usaha DigitalBeatStore bapak, dan karena itu pula saya sebenarnya ingin beli mp3 legal. Tapi, berhubung terhalang tempat yang terpisahkan oleh dua pulau, bisakah saya membeli mp3 legal tanpa harus datang langsung ditempat?? mungkin lewat Email?? saya mengunjungi site digitalbeatstore tapi belum menemukan cara yang saya maksud. Atas perhatiannya terima kasih ^_^

  209. saya selalu kagum dengan blog pak budi yang TETEP update sepanjang saya kenal blog dari tahun 2007 sampe sekarang – disaat blog-blog lain pada mati suri dan bahkan seperti punya saya dan beberapa teman malah di banned oleh wordpress.com 😦

  210. Selamat Malam Bapak Budi Rahardjo

    Saya iqbal dari Kelompok Studi Linux – Budi Luhur, saya berencana ingin mengundang bapak sebagai salah satu narasumber kami dalam seminar event Software Freedom Day 2014 bulan september, untuk itu bagaimana tata cara dan aturannya dalam mengundang Bapak? Terima Kasih sebelumnya.

  211. Assalamulaikum Wr.Wb kami dari jurusan Sistem Informasi Universitas Mercu Buana akan mengadakan seminar Mobile Programming yang dilaksanakn pada bulan Juni, kami berencana mengundang Bapak sebagai narasumber pada seminar tersebut. Bagaimana tata cara untuk mengundang Bapak sebagai Narasumber?Terimakasih.

  212. Hi Mas Budi,

    Saya baca beberapa blog dr mas Budi. Sangat inspiratif dan informtif…

    Keep up the work!!! All the best for you

  213. @ Mr Budi Rahardjo : Jika ada sempat ke Malang – Jawa Timur mohon kami dihubungi … 🙂 semoga pertemuan akan bermanfaat. Terimakasih sebelumnya.

  214. selamat pagi,
    Assalamulaikum Wr.Wb

    Bapak Budi, kami dari Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI) Universitas Telkom ingin mengundang bapak menjadi pembicara seminar dalam acara Pengenalan Dunia Sistem Informasi yang akan dilaksanakan pada tanggal 02 November 2014
    Acara ini akan membahas mengenai jenjang karir jurusan sistem informasi dan apa yg bisa dilakukan anak sistem inormasi untuk kedepannya.
    Besar harapan kami agar bapak dapat memenuhi undangan dari kami. Terima kasih.

    Wassalam,

    Rijal

    cp : Rijal – 085794041945
    email : rijal.fakhru@gmail.com

  215. Pagi Pak,
    apakah blog ini menerima request/review artikel untuk sebuah program pembelajaran?
    mohon balasannya.

    terima kasih 🙂

  216. Hai Pak Budi Rahardjo,

    Bolehkah saya minta email korespondensi bapak? Saya berniat memberikan undangan untuk Grand Opening KA-RA-DA Sehat Indonesia – AP (Atlas/Panggul) Balance Therapy Outlet, salah satu klien kami. Terima kasih.

    Regards,

    Hafiz

  217. Pak Budi ykh, salam kenal. Saya Fina, EL’04, skr sdg lanjut S2 di MM USU dan saat ini sy jg sdg melakukan penelitian tesis. Dalam rangka itu, sy butuh responden +-400 org. Sy mohon izin, pak, apakah bpk bersedia posting link kuesioner sy di blog bapak? Berikut adalah link sy: http://goo.gl/forms/N90CxDQtyH

    Atas bantuannya, kami ucapkan terima kasih banyak. Salam..

  218. Selamat malam, Pak.

    Perkenalkan nama saya Reinaldy, mahasiswa dari program studi Teknik Telekomunikasi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Pada tahun ini kami mengadakan sebuah acara Telecommunication Signal Live Action (TESLA) dengan rangkaian acara di dalamnya yaitu Seminar dan Talkshow bertemakan “Penggunaan BigDATA dalam penerapan Smart City” yang diselenggarakan pada tanggal 16 April 2016 bertempat di Kampus PENS, Jalan Raya ITS Sukolilo Surabaya.

    Dengan ini kami bermaksud mengundang Bapak Budi Rahardjo untuk hadir sebagai salah satu pemateri seminar dalam acara tersebut. Atas kesediaan dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

    Hormat saya,
    Reinaldy Ilham Riesyanda

  219. Halo rekan-rekan Rahard.wordpress.com,
    Perkenalkan saya Helena Elisabet dari Karirpad.com.
    Sebagai Penyedia Informasi Lowongan Kerja Gratis (Online Job Portal), kami sudah menjalin kerja sama dengan lebih dari 600 Media Online sebagai Business Partner di Seluruh Indonesia, dan saat ini saya ingin menawarkan kerja sama dengan Rahard.wordpress.com.
    Konsep kerja sama yang kami tawarkan adalah “Full Barter”, yakni penayangan widget info lowongan kerja yang ada di Karirpad.com di media partner, yang sekaligus bisa mendatangkan Revenue Stream bagi Media yang bersangkutan. Apabila tertarik, dapat mengirimkan no telepon yang dapat kami hubungi, atau dapat mengirimkan email ke helena@karirpad.com.
    Sukses selalu untuk kita.
    – Jabat Erat –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s