Siapa Kamu?

kanye mccartneyBeberapa waktu yang lalu ada yang menampilkan twitter yang lucu seperti (di samping) ini. Saya ketawa ngakak. Lucu banget! Bagi saya, penggemar musik yang tidak tahu Paul McCartney itu siapa menandakan bahwa pengetahuannya sangat terbatas. (Mau bilang “bodoh” kok agak gimana gitu. he he he.)

Apa yang terjadi dengan ini? Nampaknya generasi muda – asumsi saya yang menuliskan twit tersebut adalah generasi muda – tidak mau belajar dan sok tahu. Cobalah usaha sedikit saja. Silahkan cari tahulah siapa itu Paul McCartney. Boleh jadi Anda tidak suka dengan dia, tetapi tahu lah.

Kejadian seperti ini banyak terjadi. Ini ada beberapa cerita yang saya tahu.

Pada suatu saat, ada sebuah acara musik yang akan di-streaming-kan via internet. Saya minta bantuan kawan saya yang punya ISP (internet service provider) untuk itu. Kebetulan kawan saya ini adalah bos (founder) dari ISP tersebut. Maka pada hari H-nya saya melakukan setup dan melihat-lihat persiapannya. Ada meja admin yang memantau dan mengendalikan streaming tersebut. Kawan saya datang dan melihat-lihat juga. Dia tanya-tanya ke operator yang ada di situ. Si operator jawab-jawab. Kawan saya juga nanya lagi. Kayaknya si operator mungkin bingung, siapa sih ini orang yang nanya-nanya … maka dia nanya, “bapak siapa?”. Wk wk wk. Maka kawan saya sontak ngeloyor. Wk wk wk. Pegawainya sendiri gak tahu itu bosnya. Wk wk wk. Saya ngakak dengernya. Ya ampuuun. Mas, mosok gak tahu itu bosnya???

Beberapa waktu yang lalu juga saya mendapat pertanyaan (atau pernyataan?) … “bapak sudah pernah pakai linux?” (ini dalam kaitan tentang membuat sistem operasi baru dan saya mempertanyakan untuk apa buat sistem operasi baru, memangnya kalian bisa?). Saya gak tahu mau jawab apa. Wk wk wk. Eh, saya jadi ragu juga. Jangan-jangan memang saya belum pernah pakai linux. Hadoh.

Ada video tentang John Petrucci main gitar dan anaknya nanyi (lagu Frozen). Ada komentar lawakan, “penyanyinya bagus, tapi yang main gitar kayaknya harus banyak belajar lagi meskipun punya potensi”. Glodak … pengsan saya.

Menghindari Kepopuleran

Kalau orang buat perusahaan, produk, atau layanan biasanya dicari nama yang mudah dikenal. Semakin populer, semakin bagus. Kalau dicari (search) di internet, harus mudah dan harus muncul di bagian teratas. Itulah sebabnya ada kerjaan SEO (Search Engine Optimization).

Nah, sekarang saya mau cari yang sebaliknya. Misalnya, saya buat band, saya akan cari nama yang sulit dicari. Maksudnya sulit dicari adalah hasil search-nya tidak muncul seperti yang diharapkan. Sebagai contoh, kalau nama bandnya adalah “A” nanti kalau dicari di Google pakai kunci apa ya? Coba cek Google dengan kunci “A”. Apa hasilnya? hi hi hi. Macam-macam kan? Kalau namanya unik, malah dia akan mudah ditemukan. Ini justru cari yang tidak unik.

Pokoknya cari kata yang kalau dicari di google malah menghasilkan data banyak tetapi tidak terkait. hi hi hi. Apa ya?

Salah Doa

Sebaiknya sebelum memulai sebuah pekerjaan, berdoa dulu. Maka, sebelum berangkat kerja atau ke sekolah, berdoa dulu. Mari …

ALLOHUMMA BAARIK LANAA FIIMAA ROZAQTANAA …

weeiiittsss … tunggu bentar. Salah! Itu salah doa euy … he he he

Kreatif

Saya ditunjukkan sebuah video yang lucu di Youtube. Ini coba dilihat di sini:
http://www.youtube.com/watch?v=7Lgki-fgPN0

Ini video tentang guru yang mengajari antonim ke murid-muridnya dalam bahasa Jawa (Cilacap). He he he. Lumayan lucu. Menghibur. Ada lagi yang seperti ini?

Nah, sebetulnya kita ini bisa buat materi (content) yang bagus-bagus seperti ini. Yang ini lucu, tetapi yang lain mungkin serius. Kalau dikumpulkan dalam sebuah direktori mungkin akan menarik ya.

Mari Kreatif

Saya merasa (belum punya data yang benar, maka saya tulis “merasa”) mahasiswa saya kurang kreatif. Sebagai contoh, kalau saya ajak brainstorming, maka kebanyakan hanya terdiam karena bingung. Ini tanda-tanda kurang kreatif. he he he. Mari kita coba brainstorming sedikit.

Saya ingin menamai komputer desktop saya yang berbasis Linux ini. Coba usulkan namanya. Kenapa Anda mengusulkan nama tersebut? Maknanya apa? Syaratnya adalah nama komputer ini harus satu kata. Silahkan. Saya ingin tahu apakah Anda-Anda ini kreatif. he he he.

Klinik Tong … Plak

Sekarang sedang rame-ramenya orang-orang membuat lawakan dengan judul “Klinik Tong Fang”. Entah siapa yang memulai dan saya sendiri tidak tahu sejarahnya. Lama kelamaan jadi cape juga sehingga ada orang yang membuat posting mengatakan cape kalau dengan Klinik Tong … *plak* ditampar. Ini percobaan saya.

Saya: Awas ya! Saya tempeleng kamu kalau bilang Klinik Tong … [*plak* menampar]
Dia: Aduh… Kok saya yang ditampar??? Padahal kamu kan yang bilang Klinik Tong … [*plak* ditampar lagi]
Dia meloncat. Mengelus pipi.
Saya: Maaf. Yang pertama tadi latihan. Yang kedua sudah jadi reflek.
Dia … kabur …

Parodi Nazaruddin

Beberapa hari ini saya diburu wartawan untuk dimintai komentar tentang Nazaruddin. Tentu saja saya menghindar he he he. Hanya tadi pagi ada media yang mau mewawancara saya. Saya bilang ditunggu di lapangan sepak bola Arcamanik deh. Saya mau main di sana dan ternyata wartawannya datang. Saya kemudian diwawancara sambil difilm. Selama itu saya berpikir bagaimana kalau wawancara ini dibuat parodi. Misalnya …

Ketika saya diwawancara, ada yang mondar-mandiri di belakang saya. Berkacamata. Kok kelihatannya familier ya? Bolak balik lagi. Eh, ternyata … pakai wig. Hi hi hi. Ada Gayus.

Wawancara masih terus berlangsung. Serius. Tiba-tiba di belakang ada jingle dari produk roti tertentu. he he he. Terhenti sejenak. Pesan roti dulu kemudian dilanjutkan wawancara.

Ketika wawancara sedang berlangsung, ada salah satu orang yang datang ke saya sambil bawa handphone; “Maaf pak, ini ada telepon.” “Dari siapa?” … “Dari Udin”. he he he.

… dan seterusnya … banyak ide parodi tentang kasus ini ya? hi hi hi. Lumayan untuk mengasah ide kreatif.

Serius dikit. Saya kok berpendapat bahwa masalah Nazaruddin ini adalah masalah internal Partai Demokrat. Kenapa kita (rakyat) dibawa-bawa ya? Mohon diselesaikan sendiri. Masih banyak masalah bangsa yang membutuhkan perhatian kita.

Palsu!

Bagaimana mengetahui barang palsu atau asli?
Kalau mengetahui orang yang (kelakuannya) palsu atau asli gimana caranya?

inquiring mind wants to know… ’cause there’re too many fake people out there

Mbak, ini bukan palsu tapi imitasi.
He he he… bedanya apa mas?
Ya jelas beda tho mbak… mbak.

Ngabuburit

Di Bandung sini, menunggu berbuka puasa disebut “ngabuburit“. Lucu ya istilahnya.

Yang lebih lucu adalah plesetannya … “ngabubur beurit“. hi hi hi. (“eu”nya harus dibaca “eu”. Aduuuhh gimana menjelaskannya ya?) Lucunya adalah karena beurit dalam bahasa Sunda artinya … tikus. hi hi hi.

Membuat bubur tikus? hiii ngeri ah.

Kalau di tempat Anda, apa ada istilah untuk menunggu buka puasa?

Oh ya … saya baru saja selesai sahur. Tadinya mau tidur lagi tetapi kayaknya nggak jadi. Malah nge-net. Belum apa-apa sudah ngabuburit. hi hi hi. Padahal biasanya ngabuburit itu kalau sudah sore. Kacow…

Pengunjung ke 1.234.567

Saya lihat statistik blog saat ini: 1,232,037 hits

Melihat “kebiasaan” blog ini yang pengunjungnya berkisar antara 1500 sampai 2000, maka hari ini (atau besok) akan ada angka menarik lagi: 1234567.

Siapakah pengunjung yang beruntung mendapat angka cantik ini? hi hi hi. Sayangnya tidak ada hadiahnya.

Sebetulnya ada pertanyaan teknis sih. Kenapa penunjuk hitsnya bisa berbeda jauh antara satu orang yang melihat hampir bersamaan tetapi beda provider ya? Kemudian, bisakah kita membekukan counter tersebut pas angka tersebut? Susah juga mendapatkan angka yang pas segitu.

Kambing dan Embeeekkk

Seperti biasa, kalau ketemu di PAU, kami bersenda gurau. Kali ini pak Armein mengajukan tebakan (yang katanya dari anaknya):

Apa bedanya kambing dengan embek?

Untuk melihat jawabannya Anda harus menggunakan enkripsi sederhana rotate13 atau rot13 (silahkan pakai layanan situs rot13.comcopy-paste-kan jawaban di bawah ini ke situs itu, kemudian klik tombol cypher/decypher). Jawabannya adalah:

Xnynh xnzovat, ovfn cnattvy xnjnaaln: rzorrrxxx.
Xnynh rzorx, tnx ovfn cnattvy xnjnaaln. Zbfbx ovfn ovynat: zovat…

he he he …