1000 Pendongeng

Berikut adalah daftar 1000 Pendongeng versi BR. Mengenai apa itu 1000 Pendongeng sendiri silahkan simak di Podcast saya ini. Daftar ini tentu saja sesuai dengan selera saya. (Patokannya memang sangat subyektif.) Ada banyak kanal youtube, instagram, dan seterusnya yang populer (dalam artian banyak pengikutnya) tetapi isinya kurang “mendongeng” sehingga tidak saya masukkan ke dalam daftar ini.

Urutan di daftar ini agak sedikit “random”, dimulai dari saya saya tahu sampai ke yang paling baru. Urutan teratas bukan berarti langsung yang terbaik.

  1. Guru Gembul. Ini channel youtube yang membahas berbagai aspek kehidupan; agama, belajar, dan seterusnya. Bahasannya lugas dan netral.
  2. WAGU Waton Guyon. Channel youtube pak Ndul ini terkenal dengan istilah “core of the core“-nya. Semoga pak Ndul bisa membuat content yang kreatif tapi jangan terlalu memaksakan untuk melucu. Normal saja karena pak Ndul sudah lucu. Bahkan seharusnya dapat membuat dongeng yang lebih serius tapi dengan lawakan. Model Eddy Izzard (yang sering cerita tentang sejarah).
  3. Paman APIQ. Untuk yang menyukai matematika, channel ini sangat menarik untuk disimak. Isinya pendek-pendek tapi membuat kita berpikir … hmm …