+6222 atau +62022?

Entah kenapa saya sering kesulitan menelepon nomor rumah (fixed phone) dari handphone saya, dengan pesan “nomor yang anda tuju, salah!”. Padahal nomor ini ada di handphone saya dan tidak saya ketikkan dengan tangan.

Saya perhatikan kadang nomor telepon yang muncul di handphone ini adalah +6222… dan kadang +62022… yang mana (22) atau (022) itu adalah kode area Bandung. Apakah ini kesalahan di operator saya atau di Telkom atau di mana ya?

Akhirnya saya ketikkan dengan tangan 022… (di layar muncul nama dari nomor telepon karena sudah tercatat di phonebook) dan koneksi terjadi dengan baik. Aneh.

Ada yang pernah mengalami masalah yang sama?

14 pemikiran pada “+6222 atau +62022?

  1. Waaah pernah banget tuuh, kalau saya yakin itu masalah operator. Sebab seperti URL no telepon itu pasti di rancang mengarah ke satu node tertentu. Nah kali aja pas di program case if nya dibuat +6222 atau +62022 atau 022 sama aja heheh sok tahu

  2. Sering. Telepon rumah saya harusnya 076xxxxxx, malah keluar di layar jadi 76xxxxx. Tiap kali ditelepon balik ga bisa, soalnya nolnya hilang.

    Saya pake telkomsel, pak.

  3. Yang benar seharusnya +6222
    Saya pernah berada di Australia dan di sana kalau saya akan sms ke ibu, pacar (sekarang istri) di Indonesia menggunakan operator sana, saya menggunakan +6281* (berarti nomer teleponnya diawali dengan O81)

    Di Amerika, kalau saya mau menelpon rumah saya di Bandung, saya menekan 0116222-nomer rumah. “011” adalah wajib untuk interlokal dari Amerika (bisa dibilang pengganti “+”)

  4. yups sama pak….saya sering banget dapet telpon yang kayak gitu pak…

    pernah di telp +62021, tak kira nomer dari mana nee.. ko rada aneh.. g taunya dari temen jakarta.. hehehe…

    tapi kalo nyoba telp balik ke nomer kayak gitu g pernah pak..maklum masih mahasiswa.. pola hidup hemat n gratis hehehehe 😀

  5. kalo ga salah +62 tuh kode negara na indonesia pak.
    yang digunakan untuk hubungan internasional kali’, klo buat di negeri garuda cukup pake 0 aja sih spertinya.

  6. kode negara Indonesia adalah “62”, seperti halnya Australia adalah “61” dan Amerika Serikat “1”.

    “+” menandakan sambungan internasional

    “0” kayaknya cuma di Indonesia. Aku gak nemu baik di Australia maupun Amerika.

    Di Amerika, bebas biaya kalau gak salah di awali 1-800
    Kalau di Indonesia itu apa yah? 0800? Kalau yang premium kan 0809..

  7. Agak rumit ya Pak ? yang benar adalah +6222abcd atau 022abcd. Kalau ke gsm menjadi +6281abcd atau 081abcd.
    Penomoran telepon agak beda dengan alamat ip ya Pak. Kalau untuk telepon rumah, hubungan lokal (dalam satu kode area) cukup ketik abcd-nya saja – dan tidak bisa ditambah dengan kode area atau kode negara. Kalau dari Starone dan dari Flexi, hubungan lokal dapat dilakukan dengan kode area.

  8. he…… giti aja kok bingung itu kan tinggal masalah +62 or 0 doang gitu aja kok dimasalahin se!!!!!!!!!!!

Tinggalkan komentar