Listrik Tidak Stabil

[udah cape2 ngetik. eh hilang tulisannya.]

Akhir-akhir ini UPS komputer saya sering bunyi “cetak cetek” (menandakan ON OFF). Ini disebabkan oleh listrik yang tidak stabil. Turun naik. Saya bisa melihat ini dari lampu yang kadang meredup sedikit terus terang kembali. Wah, saya takut komputer saya rusak.

Bagaimana ya? Apa perlu pasang UPS di depan UPS-nya lagi?

15 pemikiran pada “Listrik Tidak Stabil

  1. Biasanya kalo UPS yang bagus udah termasuk fungsi stavol, Pak. Saya gak tahu apa mending beli stavol juga ya, untuk kasus Bapak ini?

  2. coba cabut catuan pln ke ups, langsung mati ga? klo komputer masi nyala berarti ups bagus, ga usah khawatir, bunyi gitu justru nunjukin ups lagi kerja, relay didalam nya nyesuaikan tegangan (cmiiw)

    dengan asumsi klo lampu disini maksudnya lampu bohlam di kamar bukan layar monitor

    klo layar yang redup terang wah itu mah monitor mulai rusak :D, soalnya monitor span range tegangannya cukup luas ga usah khawatir ama naik turun tegangan biasanya antara 100-240V

  3. UPS kok bunyi “cetak-cetek” ya? Lebih mirip stabilizer… Sedangkan UPS saya bunyi “tit-tit” saat tegangan turun.

  4. Jangan pake komputer, pake notebook saja, Pak. Kan ada baterenya. Hehehe… ini tentu solusi yg dramatis. Tapi notebook, netbook atau tablet itu lebih hemat listrik.

    Salam

Tinggalkan komentar