Organisasi Tanpa Pemimpin

Beberapa waktu yang lalu saya mewawancara pimpinan (board of directors) dan pemegang saham dari sebuah perusahaan sebagai bagian dari pekerjaan. Ada satu pernyataan yang menarik dari seorang pemegang saham. Dia mengatakan bahwa sebetulnya pimpinan (CEO) dari perusahaan ini bukan orang yang sedang menjabat sebagai CEO, tetapi si fulan (dia menyebutkan sebuah nama). Saya cukup kaget juga.

Saya coba amati, nampaknya memang benar. Saya coba amati perusahaan lain, ternyata ada juga yang mirip seperti ini. Bahwa sebetulnya ada dalang yang mengatur jalannya perusahaan.

Nah, apakah hal ini bisa juga terjadi di organisasi lain (misalnya perkumpulan, perguruan tinggi, asosiasi, dan seterusnya)? Nampaknya mungkin juga.

Nah … mungkin tidak ya, sebuah perguruan tinggi tidak punya Rektor? Maksudnya ada Rektornya, tetapi sebetulnya semuanya sudah berjalan dengan sendirinya tanpa leadership dari sang Rektor?

4 pemikiran pada “Organisasi Tanpa Pemimpin

  1. memang sih namanya ketua atau pimpinan atau apalah mereka nyebutnya tapi banyak juga pimpinan2 ini yang hanya boneka dari the god father yang sebenarnya.

Tinggalkan komentar