Membaca Buku

Anak muda Indonesia jaman sekarang nampaknya tidak suka membaca buku. Padahal jaman sekarang sudah ada eBooks. Semestinya tidak ada lagi hambatan untuk membaca buku. Kalau jaman dahulu kan harus cari buku fisik. Kalau pesan belipun harus nunggu lama dan mahal. Mungkin justru kemudahan itu yang membuat orang menjadi malas?

Saya sudah mencoba menghimbau dan menyindir mahasiswa saya supaya gemar membaca. Hasilnya masih nol besar. Mungkin saya harus memberikan tugas baca kepada mereka. Kemudian harus disertakan juga foto halaman yang mereka baca (atau malah sekalian foto mereka membaca ha ha ha) sebagai bukti. Hi hi hi.

Masalahnya, tanpa membaca ilmu kita rendah sekali. Sudah ilmu rendah, banyak komentar pula (di media sosial misalnya). ha ha ha. Jadinya kacau balau.

Baca, baca, dan baca!

Iklan

10 pemikiran pada “Membaca Buku

  1. Kebanyakan yang sudah memiliki kebiasaan membaca buku kesulitan untuk menularkan kebiasaannya. Termasuk saya. Berbagai cara sudah dilakukan dan hasilnya sama ‘nol besar’. Inilah yang membuat ingin menelitinya lebih lanjut.

  2. Di tahun 2015-2017, Saya lebih suka baca status mantan dari pada baca buku, Pak Budi Rahardjo. Sebelumnya, saya lebih sering nongkrong di Gramedia atau Perpustakaan kampus. Karena hidup Jomblo, buku jadi bahan pelarian, karena di Kos tidak ada Tv + Nintendo + PlayStation. Semoga kebiasaan buruk seperti ini berubah dan jadi lebih baik. Makasi pengaruhnya Pak Budi, tapi saya masih rajin berkunjung ke Blog Rahard (mebuka pikiran).

  3. Alhamdulillah januari lalu sudah baca 3 buku yg sesuai sama interest saya pak, biasanya kalau lagi baca di share ke instagram story gitu , besoknya temen temen pada nanya dan ada yg minjem buku yg sudah saya baca juga pak , mungkin cara trigger nya gitu kali ya pak ?

  4. Iya Pak, benar sekali. Saya dulu hampir kurang suka dengan yang namanya membaca, setelah terdampar di Rusia, hidup di sini jungklang sekali, semua orang baca buku, bahkan dengan e-book, saya akhirnya terbawa sifat orang setempat.
    bingung juga bagaimana cara trigger orang Indonesia agar bisa membaca

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s