Mengelola Lagu (di iTunes)

Saya menggunakan iTunes sebagai pemutar lagu utama di komputer saya. Pada mulanya saya hanya memasukkan lagu yang ingin saya putar (atau sering saya dengar) ke dalam iTunes. Lagu yang tidak pernah (belum pernah) saya putar tidak saya masukkan ke dalam daftar lagunya.

Lama kelamaan saya sering mencoba mencari lagu di iTunes dan tidak ada. Saya kemudian harus mencari di harddisk untuk mencaritahu apakah sebetulnya saya punya lagu yang ingin saya putar tersebut atau tidak. Kalau ternyata ada dan belum dimasukkan ke iTunes, maka saya tambahkan ke iTunes. Melelahkan.

Sekarang, sebagian besar lagu saya masukkan ke dalam iTunes. Toh tinggal saya geret saja daftar lagunya ke dalam iTunes. Repotnya (entah ini perasaan saya atau memang benar fakta), saya merasa iTunes lebih lambat dalam memulai (start-up) ketika dijalankan pertama kali. Mungkin karena dia harus memuat daftar lagu yang lebih banyak? Entahlah. Saya jadi ragu apakah seharusnya saya memasukkan daftar lagu yang sering saya putar saja.

Bagaimana dengan Anda (khususnya bagi yang menggunakan iTunes)? Apakah Anda memasukkan semua lagu yang Anda miliki ke dalam iTunes Anda? Ataukah Anda hanya memasukkan lagu yang sudah/sering Anda putar saja?

15 pemikiran pada “Mengelola Lagu (di iTunes)

  1. Saya memakai iTunes sebagai pemutar lagu favorit saya baik di windows maupun di Mac. Yang bikin saya seneng adalah kemudahannya untuk me-manage playlist. Saya masukin semua juga lagu yang ada di HDD saya langsung ke iTunes, lalu saya kasih rate bintang 4 keatas untuk lagu2 yang saya favoritkan. lalu lagu2 yang udah saya geret ke iTunes tadi, saya kelompok-kelompokkan ke playlist tersendiri lagi 😀

    Tapi saya kok merasaken keluhan seperti yang dialami Pak Budi ya? Apa karena koleksi lagu saya yang ndak terlalu banyak? 🙄

  2. semua saya masukkan ke iTunes….malah mulai sejak import, langsung saya atur informasinya mulai dari judul, artis, genre sampe cover art….

  3. masukkan semua saja pak bisa disearch per singer atau per album,
    start upnya memang lama dan sering ga konek ,
    saya pake i tunes krn untuk ngisi lagu di hp moto

  4. Hampir 100GB (16.000++ lagu, no video) di iTunes saya… sepertinya problem start up saya abaikan. Barusan saya hitung 15 detik di MacBook 1st gen (coreduo).

    Folder monitoring?
    Itu di luar konsep iTunes, sebab iTunes-lah yang memanage lagu, bukan “iTunes menemukan lagu”.

  5. 6GB, 1000+ lagu, beberapa video, iTunes 8.1.
    Startup sekitar 8 detik di Macbook white (C2D 2,1 GHz).

    Seperti kang Jay bilang, startup tidak terlalu masalah buat saya, karena setelah itu iTunes always-on. Quitnya ya kalau mac-nya shutdown hehe.

    Saya baca di website Apple, iTunes 8.1 ada peningkatan kecepatan loading dibanding versi sebelumnya.

    Saya pakai iTunes karena tidak suka navigasi folder untuk mendengarkan musik. Hit search and play, use custom playlist, smart playlist, Genius, iTunes DJ. Kalau pengen dengerin lagu di luar iTunes database, saya pake preview / quick look-nya Finder 🙂

  6. saya pengguna Motorola V3i, musik player di v3i pake itunes, tapi ternyata sett\elah saya masukin lagu ke itunes plyaer v3i ga konek,,,gimana sih itunes katanya sinkron ma v3i..payah

Tinggalkan komentar