Apa Itu Internet of Things (IoT)?

Belakangan ini mungkin Anda sering mendengar kata IoT – Internet of Things. Apalagi dengan ramainya istilah industri 4.0, semakin banyak orang berbicara tentang bagaimana cara menghubungkan dunia nyata (fisik) dengan dunia siber (cyber). Apa itu IoT?

Ada dua kata dalam Internet of Things, yaitu “Internet” dan “Things”. Kita mulai dari kata keduanya dahulu, “things”. Apa itu “things”?

Terjemahan langsung dari kata “things” adalah “barang” atau “benda”. Dalam istilah ini yang dimaksudkan dengan barang adalah … ya apa saya, barang-barang. Maksud lebih spesifiknya lagi adalah barang yang dapat kita program. Kalau dahulu, barang atau benda yang dapat diprogram adalah komputer. Namun sekarang sudah banyak benda lain yang dapat diprogram. Handphone kita juga dapat diprogram. Microwave di dapur kita juga dapat diprogram. Mesin cuci juga dapat diprogram, meskipun barang-barang yang terakhir saya sebutkan di sini memiliki pemrograman yang terbatas.

Dalam istilah IoT, yang dimaksudkan barang adalah semua barang. Keberadaan komponen mikroprosesor dan mikrokontroler yang semakin kecil dan semakin murah membuat semua benda dapat diprogram.

Kata kedua adalah “internet”. Yang dimaksud dengan “internet” di sini adalah jaringan komputer. Boleh jadi jaringan komputer ini adalah “internet” yang kita kenal sekarang, tetapi boleh juga jaringan internal (misal berbasis Bluetooth).

Benda yang dapat diprogram sudah cukup menarik, tetapi mereka berdiri sendiri. Begitu mereka dapat diakses melalui sebuah jaringan maka benda tersebut dapat mengirimkan data ke tempat lain. Mereka juga dapat dikendalikan (dapat diprogram) dari jarak jauh.

Gabungan kedua kata tersebut – Internet of Things – bermakna benda-benda yang dapat diprogram dan terhubung melalui jaringan.

Contoh-contoh IoT ada banyak. Dalam kehidupan sehari-hari yang sudah sering kita lihat adalah smart watch, jam yang bukan hanya dapat menunjukkan waktu saja tetapi dapat juga memantau kondisi fisik kita; berapa jarak jalan kaki kita, denyut jantung, dan seterusnya. Hasilnya dapat dilaporkan melalui Bluetooth ke handphone dan dapat langsung terlihat di internet. Selain ini masih banyak contoh-contoh lainnya.

8 pemikiran pada “Apa Itu Internet of Things (IoT)?

  1. Sejauh ini saya memproduksi papan skor digital yg menggunakan mikrokontroler. Sudah waktunya menghubungkan produk ini ke jaringan. Sehingga bisa dikontrol dan dipantau secara remote via Internet.

  2. Teknologi semakin hari semakin berkembang, mulai dari komputer merambah kedunia smartphone sekarang sudah ada smart watch ya, besok-besok kira-kira ada teknologi apa lagi nih?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s