Status (Dan Layanan) Ditentukan Oleh Kendaraan

Ternyata status seseorang dan layanan yang diterima sering ditentukan dengan kendaraan yang digunakan. Ini cerita tentang pengalaman saya.

Beberapa waktu yang lalu (setahun yang lalu? dua tahun yang lalu? lupa) saya mengendarai mobil BMW ke sebuah acara di sebuah hotel. Satpam dengan sigap memberikan ruang parkir untuk saya. Di sini saja, pak. Kebetulan ada saudara yang mengendarai mobil gres buatan Korea.Β  Dia tidak mendapat pelayanan yang sama. Dia dilayani seadanya. Saudara saya ini ngomel karena saya dilayani lebih baik daripada dia. Padahal dari segi harga mobil, harga mobilnya 10 kali dari harga mobil BMW saya. Ha ha ha. Rasain! (nggak ding)

Memang kelihatannya ada beberapa mobil yang memiliki status “hebat” meskipun pada kenyataannya sih biasa saja. Ha ha ha. Ini masalah persepsi. Looks can be deceiving.

Sayangnya mobil ini sudah dijual (dengan harga yang murah – dekat dengan harga sepeda motor) karena nggak punya waktu dan atensi untuk ngurusinya. Maklum, mobil kalau sudah tua membutuhkan atensi. Sama seperti manusia juga kali ya? Sedih juga. Nggak juga sih. Life goes on.

Dulu, kami juga punya mobil Suzuki Carry yang sederhana. Saya senang membawa mobil itu untuk pergi ke kampus karena bisa santai parkirnya, kecil, tidak rewel. Kadang seorang kawan saya, Condro – FT82, ngeledek. Bud, ini BMW seri berapa? Saya jawab, seri 17. Ha ha ha. Kami tertawa dengan seri karangan saya itu. Pelayanan yang saya terima? Memang ternyata beda pelayanan kalau saya naik Suzuki Carry dan BMW. Kalau naik Carry dicuekin. Lewat aja. Mobil ini juga sudah dijual.

Kalau di Jakarta, saya sering naik ojek. Asal nggak hujan saja, ojek menjadi solusi menarik juga. Kadang orang (satpam) heran. Ini orang pakai baju berdasi, jas-jasan, datang ke hotel keren, naik ojek pula. Naik taksi-lah pak. Saya sih cuek saja. he he he. Kadang ada yang tanya, kok mau naik ojek? Ya, yang praktis saja. Daripada kena macet? Tentu saja layanan untuk penumpang ojek juga beda dengan penumpang mobil mewah.

Naik ojek itu sebenarnya enak karena kadang bisa ngobrol dengan tukang ojeknya. Yang repot itu kalau tukang ojeknya baru belajar naik motor. Wuih… serem! Mau ngerem pakai rem tangan, sambil masih nge-gas. Kebayang nggak? Eh, jangan salah lho. Ini pernah kejadian, yang untungnya tidak terjadi kepada saya. hi hi hi.

Demikian pula kadang ada yang bertanya kenapa saya masih suka naik travel Bandung – Jakarta, kenapa tidak pakai mobil sendiri dan supir. Lagi-lagi, kepraktisan. Lebih enak naik transportasi umum. (Bahkan sebenarnya saya lebih suka naik kereta api.) Nggak pusing untuk urusan parkir dan seterusnya. Lagi-lagi, layanan yang bermobil dengan yang naik kendaraan umum memang beda.

Yang belum pernah dicoba adalah pakai motor gede (moge). Apakah status dan layanan yang saya terima akan berbeda? Kalau naik motor yang untuk cewek itu – apa nama motornya? yang warnanya pink itu lho (bagi yang naik itu gak usah tersinggung, ha ha ha) – gimana statusnya ya? Maklum, SIM C sudah lamaaa sekali habis dan tidak diperpanjang.

Nampaknya memang “tongkrongan” masih tetap berpengaruh terhadap layanan dan status seseorang ya? Saya sih tertawa saja; menertawakan kita semua. Ha ha ha. Alangkah ruginya menilai seseorang berdasarkan kendaraan yang digunakannya.

You are what you drive (ride)?

30 pemikiran pada “Status (Dan Layanan) Ditentukan Oleh Kendaraan

  1. Itulah kenapa teman saya mewanti2 saya jangan banyak2|gede ngomong kalau belum punya mobil. GAK ADA YANG PERCAYA 😦

    Sedih juga…orang suka kuli,sekali lagi kulit.

  2. Aha. Persepsi!
    Bagaimana dengan abad pertengahan? Bedakah persepi orang yang naik kuda, keledai, atau onta? Kereta kuda barangkali?

    Persepsi kolektif itu kadang menyesatkan (atau menguntungkan?) πŸ˜‰
    -DM-

  3. maklum pak, masyarakat kita masih terbiasa melihat apa yg bisa dilihat oleh mata wadag mereka saja. apa yg ada dalam hati dan pikiran seseorang tak cukup di pedulikan. asal tampilan ok, mereka anggap segalanya juga ok. padahal belum tentu begitu, meski sebagian ada yg memang begitu.
    selama layanan yang diterima berbeda karena tampilan luar, itu menandakan otak masyarakat kita masih terjangkit kanker diskriminasi. tindakannya tidak didasari argumentasi yg bijak. hiii…., ngeriiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii……! tugas kita semua untuk mengangkat kanker diskriminasi itu dengan membuka kaca mata kuda mereka yg memperlakukan sesamanya secara berbeda berdasarkan tampilannya/kendaraannya. betapa masih primitifnya kita ternyata. hahahahaha…. indonesia!

  4. ya, mayoritas orang indo masi suka kemakan kulit doang daripada isi

    Kalau di Jakarta, saya sering naik ojek. Asal nggak hujan saja, ojek menjadi solusi menarik juga. Kadang orang (satpam) heran. Ini orang pakai baju berdasi, jas-jasan, datang ke hotel keren, naik ojek pula. Naik taksi-lah pak. Saya sih cuek saja. he he he. Kadang ada yang tanya, kok mau naik ojek? Ya, yang praktis saja. Daripada kena macet? Tentu saja layanan untuk penumpang ojek juga beda dengan penumpang mobil mewah.

    sip pak budi emang keren.

    Yang belum pernah dicoba adalah pakai motor gede (moge)

    ada lagi pasti yang belum bapak coba, ke hotel berbintang seabrek2 naik truk pasir.

    Kalau saya sudah pernah naik numpang mobil polisi di bagian belakang jadi orang-orang yang liat pada ngetawain dikirain ditangkap tapi kok ya ngobrol becanda2x sama polisinya (tetangga) lah ditawarin kok ya monggo daripada jalan panas2x (masi bersyukur alhamdulilah juga daripada pincang kemana2 pake tongkat ato kursi roda)

  5. Ada kawan yang pernah kena nasib sial seperti ini. Dia dari Jakarta naik kereta api. Kereta api ada masalah, sehingga di dekat Cikampek mesti turun diganti dengan bus. Waktu naik bus, ternyata masalah juga (lupa apa mesin ngadat atau ban kempes). Akhirnya dia meneruskan ke Bandung di belakang bak terbuka Colt yang ngangkut sayur. Sampai di Bandung (di terminal) dia langsung naik taksi. Ditanya kemana? Hyatt. Sopir taksinya bengong. he he he. Oh ya, dia direktur dari sebuah perusahaan besar!

  6. you are what you drive.. gak selalu pak.
    Saya inget ceritanya Yeni Gus Dur waktu bapaknya masih presiden. Dia masuk istana dari pintu depan dengan ojek gara-gara ngejar waktu. Paspampres dengan enteng ngasih masuk. Cuma tukang ojeknya ketakutan hehehe

  7. @Jaf: Gus Dur mah jangan ditiru,mas. Kok Repot!!hehehe

    Nuwun sewu pak.. Evan mampir di padepokannya. Mohon disambut dengan baik meski gak pake BMW..hehehe..

  8. @Jaf: Gus Dur mah jangan ditiru,mas. Kok Repot!!hehehe

    Nuwun sewu pak.. Evan mampir di padepokannya. Mohon disambut dengan baik meski gak pake BMW..hehehe..

  9. emang sih, terkadang seseorang melihat pertama adalah lemihat fisik, bagaimana cara kita berpakaian, memakai pakaian jenis dan merk apa, kalau mobil ya jelas malah lebih sangar,
    bayangin bapak sendiri aja.
    seseorang yang memakai celana pendek dan kaos putih biasa dan sandal biasa, keluar dari mobil jaguar tahun 2007 an. pasti tanggapan orang
    “wong kaya kok neko neko yo….”
    “iki wong kaya kok rendah hati se….”
    “onok onok wae perkoro nang dunia iki”
    tetapi jika seseorang berpakaian jas dan keluar dari mobil bekas, rusak, mobil tahun 70 an, tanggapan orang rata rata
    ” wong kok sombong…”
    “gak duwe isin…”
    “ono ono wae nih orang…”
    iya gak

  10. dimanfaatkan saja sesuai kebutuhan ya pak πŸ™‚

    kalo pas mau presentasi ke orang gede, dateng naek sedan mewah itu perlu untuk mbangun kesan pertama yg ciamik. dg begitu yg presentasi bisa dianggep sbg orang yg ‘lebih penting’.

    lha kalo untuk ngantor dan kebutuhan jalan2 lain, naek motor aja sih nggak masalah. lebih irit dan tentu saja bisa nyelip2 kalo macet.

  11. kalo menurut saya harusnya dibalikin

    pas kita ke tempat panggede dan mewah, kita gunain ojek atau kendaraan sederhana.

    pas kita kita ke tempat yang sederhana banget … kita pake kendaraan yang keren,

    soalnya, justru yang nyentrik sekarang di bilang keren, liat ajah bob sadino atau yang diiklan kompas (manager pake sepeda) malah di puji-puji.

    tapi sebenernya sih klo menurut saya, tergantung keadaan, kalo lagi hujan ya pake payung, kalo lagi macet pake motor, kalo lagi banjir pake ban, kalo lagi nggak punya duit yah diem ajah di ruamh atayu ngajal kawan yang ada duit, jadi kita numpang ajah.

  12. itulah kenyataan …… orang memandang dari “tampilan pertama”, orang memandang tidak langsung kepada siapa dibalika siapa. Itu pula mungkin yang sering dipakai dalam dunia marketing bahwa penampilan adalah segala-galanya. Penampilan pertama dijadikan sebagai “strategi jitu” menggaet konsumen.

  13. waktu itu abis sakit, jadi bawa jas ke kantor,
    jas saya selempangin di tangan
    eh pas melewati pintu, dengan serta merta pak satpam membukakan pintu.
    padahal di lain hari, mending bukain pintu, ngeliat ke gue aja engga πŸ˜€

  14. Wah… kalo saya pake BMW ke lokasi proyek, sayang banget dunk! πŸ™‚

    Untung gw masih pakai “BMW = Bebek Memudar Warnanya”, biar bluetooth eh, butut tapi tetap mantaffff πŸ˜‰

  15. Saya sih pinginnya di Jakarta itu ada Ojek Express, namanya The Transporter, yang nyetir tampangnya kayak Jason Statham, terus naik RX King, bayar agak premium tapi bisa kecepatan tinggi πŸ˜€

    BTW saya pernah lho pak pas banjir Jakarta kemarin itu membuktikan bahwa yang namanya RX King itu betul-betul ‘The King’, dia bisa melalui genangan air setinggi lutut tanpa mati mesin (dengan syarat dia nggak berhenti ngegas terus-terusan). Bayar 100ribu tapi asik, pengalaman tak terlupakan.

  16. kalo cerita gue… ada orang naik motor Honda Vario banyak sekali yang nglirik,
    eh giliran pake C-70 bukan cuma dilirik tapi malah diacungi jempol, karena motor antik….!!!
    “terimakasih honda… karena honda memang mengerti saya…” bilang SBY (Si Butet Yogja)

  17. Betul, pak. Ojek is d best! Hehehe…klo di dkt kantor saya emang bnyk tukang ojek, jadi klo ada acara ke hotel mana bisa langsung di-celu’. Enaknya lagi bisa tawar menawar, gak kayak taksi. Betenya, klo ternyata ni tukang ojek pas jalan malah nanya kita enaknya lewat mana. Ya MENEKETEHE…situ tukang ojek kok kita yang jadi navigator.

    Btw, salam kenal^_^

  18. Kalau saya lebih sering pengalaman waktu pake sendal jepit, belum pernah sekali pun saya ditawari brosur atau didatangi salesman sewaktu pake sendal jepit :))

  19. Ha ha ha…. lucu tenan pak.
    Secara pribadi c saya gak ambil pusing dengan persepsi orang terhadap diri saya. Wong kemana-mana mampunya emang pake ojek kok, he…
    Bapak tampak sangar tapi bisa lucu juga ya? Ini juga persepsi aja lho ya…

  20. Kadang-kadang jadi orang ‘nyentrik’ itu harganya mahal yach pak Budi apalagi punya figur misalnya dosen.. nggak usah jauh-jauh pingin makan ‘sembarangan’ di sembarang tempat juga riskan.. pertama apa yang dimakan melambangkan diri kita juga.. kadang kalo saya lagi bosen suka makan di warteg eh kok orang-orang pada ngelirik aneh ataw bingung .. Nich orang salah kostum ataw lagi nggak punya duit.. haha..haha

Tinggalkan komentar