Usia Batre UPS

Berapa sih umur batre UPS? Soalnya – entah kenapa – batre UPS yang saya miliki rata-ratanya (hampir semua?) umurnya hanya 1 tahun. Begitu 1 hari lewat 1 tahun, langsung batrenya bermasalah.

Setelah batre UPS bermasalah, nampaknya lebih murah membeli UPS baru daripada mengganti batrenya. (Kok seperti printer dan tintanya ya?)

Bagaimana pengalaman Anda? Apakah usia batre UPS di tempat Anda juga sama seperti itu? Terus, jika batre sudah bermasalah, apa yang Anda lakukan? Ganti batre (beli dimana)? Atau beli UPS baru?

237 pemikiran pada “Usia Batre UPS

  1. Untuk Bung Petra, bagaimana cara pemakaian UPS Anda? Stekernya dicolokkan terus (gak pernah dicabut sama sekali, hanya tombol powernya aja yg on/off) atau bagaimana? Trus gimana sebenarnya prosedur mengisi ulang (re-charging) batere UPS itu? Saya bingung, karena ada yg bilang re-charging itu waktu UPS dinyalakan, tapi komputernya dimatikan. Tapi ada juga yg bilang, UPS dlm keadaan mati, tapi stekernya tetap dicolokkan ke listrik PLN. Mana yg benar? Saya juga punya masalah seperti Pak Budi Raharjo. UPS saya merk Super PowerTech 1200. Boleh tahu data spesifikasi UPS Anda?… Terimakasih banyak sebelumnya.

  2. Umurnya lama Pak, bisa 5 tahunan. Oh ya Pak, battery UPS itu menggunakan battery kering (free maintenance). Sangat dipengaruhi suhu lingkungan, dan suhu yg dibutuhkan biasanya 18 – 20 C; kelembaban 50 – 60%. Garansi battery kering di pasaran ada yg sampai 10 tahun lho…

  3. saya jarang ngecheck batre itu masih bagus ato ga, masalahnya ga pernah dimatiin UPS nya dan ga pernah mati listrik, jadi ga tau apakah batrenya masih bagus ato ga 😀

  4. di kantor saya semua komputer ada UPSnya, tapi giliran mati listrik komputernya ikutan mati juga…percuma deh… Katanya UPS juga ada perawatannya ya..supaya awet.

  5. salam kenal.
    baterai UPS tergantung pakainya sepertinya. 🙂
    kebetulan punya saya setelah 3tahun bru habis krn memang beberapa kali kepakai waktu mati lampu..
    pemakaian saya pada suhu ruangan normal non-AC 26-34 derajat Celcius.

  6. Kalo saya secara berkala selalu men-discharge UPS. Caranya dengan mencabut supply listrik, saat UPS masih diberi beban, sampek alarmnya bunyi terus.

  7. UPS itu menggunakan baterei kering. jika baterei sudah habis, buka saja casing UPS dan lihat model baterei kering yang digunakan. Kalau mau jalan2 ke toko-toko elektronik, nanti bisa dapatkan model dan kemampuan yang setara dengan baterei asli. Jika malas, maka pasang saja baterei basah alias aki kendaraan bermotor :))

    Supaya baterei UPS tahan lama, pastikan grounding listrik berfungsi dengan baik.

  8. dulu pernah pake ups, sama pak, baru kira2 1 taon udah modar, males mo pake lagi.. tuh ada 3 biji (di kantor ada 3 kmptr) ..3 ups mosok matinya hampir bareng..??
    Mungkin kita sih yg salah.. Beli yg murahan dan ga tahu maintanance nya..hehe..

  9. Di tempat saya ada 2 jenis UPS; lokal dan merk luar. Diantara 9 UPS yang usianya diatas 1 tahun itu, beberapa waktu lalu sudah 4 UPS jebol. Kebetulkan semuanya merk lokal.

    Setelah diperhatikan ternyata batrenya pada buncit. Apakah membuncitnya para batre ini ada kaitannya dengan kondisi jaringan listrik yang groundingnya tidak meyakinkan? Ataukah karena tidak pernah di discharge?

  10. UPS saya udah 3 tahun merk kenika dan phoenix, dua²nya berdaya 600 VA. tapi sekarang ini baterainya udah bermasalah,saya sudah tanya ke toko sparepartnya.harganya 220 rb untuk 1 baterai,sedangkan dalam ups terdapat 2-4 baterai tergantung dari dayanya.rata² yang berdaya 600 VA cuman ada 2 baterai.jadi jika beli baterai baru total 440 rb.sedangkan saya tanya ke pabrik pembuat ups tersebut (phoenix red) yang berada di surabaya.harga 1 baterai ups untuk merk phoenix adalah 120 rb.jadi total untuk penggantian baterai 240 rb.kalo beli ups baru yang berdaya 600 VA kisaran harga 300 – 400 ribuan.
    kok bisa selisih jauh yaaa…..???

  11. Saya pakai UPS baru 2 tahun, sejauh ini masih tokcer. UPS ini saya pakai setiap hari, setiap saat, karena laptop saya baterenya sudah tewas duluan. Jadi pakai UPS menggantikan batere laptop. UPS merek Laplace.

    Beda lagi dengan Emergency Lamp saya. Sudah 2 kali ganti batere baru (batere kering), tapi umurnya cuma sekali pakai. Setelah itu tewas. Kemungkinan ada komponen di dalamnya yang rusak, sehingga batere kering dipaksa cepat tewas….

    Batere kering utk emergency lamp 40 ribu. Gak tau apa sama dengan yang dipakai di UPS.

  12. cepet tidaknya UPS mati kemungkinan besar daerah anda memang minim voltase dari PLN alias naek turun….so semakin sering si PLN ini naek turun semakin sering pula UPS dirimu rontok n tumbang satu persatu……

    hehehhehhe

  13. Saya sudah lama bergelut dengan UPS krn saya suplai batere kering untuk UPS.
    Domisili sy di jatim tepatnya surabaya,
    bagi rekan2 yang bermasalh dengan UPS utk wil surabaya bisa kami bantu soulusinya,
    bagi rekan2 luar surabaya, untuk mendapatkan info tentang batere silakan hub saya 03170783226/ 081703637426. ato bisa via imel sentraservice_ups@yahoo.com.
    kami jg punya perwakilan dijakarta.
    utk luar P Jawa, kami telah dan akan melayani pengadaan solar cell dan batere Maintenace Free.
    Sekiranya begitu info kami. sukses utk semua

  14. Baterai/aki kering 12v untuk ups setahu saya ada yang bagus dan ada yang biasa. Kalau mencari di toko elektronik biasanya dikasih opsi mau yang bagus atau yang biasa. Memang harga keduanya berbedan dan selisih harga cukup lumayan. Untuk baterai yang bagus umurnya bisa panjang kurang lebih 2-3 tahun dan yang biasa 1-2 tahun dengan pemakaian normal. Umumnya dimensi aki kering 12 v sama jadi tidak masalah dalam pemasangan (kecuali ups yang slim).

    Kalau mau modifikasi, baterai bisa diganti dengan aki basah/ aki mobil yang 40 ampere. Bisa lebih tahan lama. Caranya tinggal hubungkan konektor baterai pada ups ke kutub aki (jangan sampai terbalik) dengan memperpanjang kabelnya. Namun ya pasti mahal harganya.

  15. kayanya sih ups juga kudu di kasi stabiliser tp yang servo jgn yang elektrik..

    PLN–>stabiliser–>ups–> kompiuter

    pny saya kenika, ya paling muyah dari ups lainnya tp sampe sekarang masih lheb godeg

    emang klo beli elektronik kaya beli kutjing dalem karung.. hehehe..

  16. Saya pake ups merek liebert (?) udah 3 taun lebih dan masih berfungsi baik. Yah, masih bisa 5 menit deh kalo pas listrik mati..

  17. Saya pake UPS Prolink 600P, sekarang ini udah ga bisa dipake lagi (mati listrik ya ikut mati). usia nya 1 tahun 7 bulan. ga tau deh kenapa bisa begitu. ada yang tau ga tempat benerin nya? apa nya yang rusak ya??

  18. pyku tiga tahun pertama ga ada masalah, baik2 aja, skr thn keempat batre mulai ngedrop.
    saran : kalo beli ups baru, di charge dulu 10 jam, itu standarnya pngisian batre baru agar sel2 terisi semua.
    saya sudah tanya batre kering ups harga Rp 75.000, bli jgn ditoko elektronik, mahal, tapi toko kusus jual aki (basah / kering).

  19. Iya, kalo masih ada yg bingung dmn cari batre, call aja 081703637426 atau yang disurabaya 03170783226.

    batre yang bagus ada banyak jg, antara lain merk CSB. Pabrik CSB sahamnya sebagian besar dimiliki oleh shinkobe electric Japan. pemilik batre merk HITACHI.

    pemalsuan batre ini blm byk ditemukan seperti halnya batre merk Panasonic, jadi bisa lebih save kalau beli batre tapi belum tau seluk beluknya.

    batre murah bisa jadi kualitasnya memang dibawah standar meski dompleng merk terkenal.

    batre yang sudah expire, meskipun masih baru kalo terlalu lama tidak terpakai (stok gudang) dan tidak dilakukan peng charge an berkala 3bln sekali atau 6 bln (kapasitas tertinggal 3bln 91%, 6bln 82%) maka tidak dipungkiri lagi batre tersebut akan cepat drop

    semoga informasi ini bermanfaat terimakasih.

  20. Power Inverter With Automatic Charger

    Listrik Pengganti Genset

    Nyaman Tidak Berasap Lebih hemat Tanpa BBM
    BEKERJA SEPERTI UPS

    Thaiwan Product

    Benefits /Keuntungan Yang Anda Dapatkan:
    · Bisnis anda Tidak terganggu saat listrik mati,Pelayanan kepada konsumen jadi lebih memuaskan
    · Mencegah Kerusakan Peralatan Listrik Anda Yang Bernilai Jutaan Akibat Pemadaman secara tiba-tiba
    · Membuat kredibilitas usaha anda baik dimata klien potensial apabila anda tetap mampu melayani saat PLN padam.
    · Power Inverter biasa digunakan untuk mini market,server pulsa,dan backup listrik dikantor,sanggar senam,kantor tiket online, percetakan,dan semua usaha yang menghargai kepuasan konsumen
    · Ringan Bisa dibawa kemanapun termasuk apabila ingin melakukan camping didaerah yg tak terjangkau listrik
    · Terbukti Mampu Hemat Listrik ,AC LG Menggunakan teknologi Inverter
    · Bisa dipakai diperahu atau dimobil untuk menyalakan T.V,MP3,mencharger HP,Mencharger battery Laptop,dll
    · Untuk pemakaian 1 unit computer tahan miminal 4 jam s/d 6 jam, Apabila anda membutuhkan back up listrik yang lebih lama maka anda bisa menambah aki mobilnya dengan melakukan paralel aki,KETAHANAN LAMA BACK-UP DITENTUKAN OLEH AKI YANG DIGUNAKAN,WASPADALAH TERHADAP OKNUM PENJUAL YANG MEMBERIKAN KETERANGAN BAHWA KETAHANAN DITENTUKAN OLEH POWER INVERTER
    · Praktis Tidak perlu repot menarik starter genset
    · Power Inverter Menggunakan Komponen-komponen terbaru dan berkualitas sehingga alat bisa tahan s/d 20 tahun untuk pemakaian wajar dan ukuran alat lebih tipis dibanding produk-produk lama yang beredar dipasaran
    · Aman Dilengkapi Battery Polarity Reserved Yang Jika dalam salah pemasangan maka kerusakan berada di sekering,Alat tidak rusak tidak aktif/bekerja ,namun guna memperpanjang umur power inverter maka pastikan pemasangan aki terpasang dengan benar
    · Low Battery Alarm Yang Jika Accu habis maka Berbunyi Alarm sebagai pengingat
    · Battery Low Shutdown: Alat Otomatis non aktif ketika accu habis· Over Load : Alat Otomatis non aktif Jika Kelebihan beban
    · Fan : Kipas sebagai pendingin
    · Beda dengan Genset Biasa Yang Saat Listrik mati Genset Harus Dinyalakan terlebih dahulu kemudian listrik baru diback-up,Power Inverter Langsung Real Time /Pada Saat Listrik Mati Listrik Anda Tetap Menyala
    · GARANSI 1 tahun
    · Gelombang Power Inverter Yang Kami Jual Sama Dengan Yang digunakan UPS yaitu Gelombang Modified Sinus Wave

    Beberapa Perusahaan Yang pernah Menggunakan Produk Kami :
    1. P.T DATA LIMA SHOP ITC KUNINGAN LT. 3 BLOK B3 NO. 5-6
    2. PT Radio Citra Atlas Jalan Yos Sudarso KM.9 No.1 Tanah Periuk Lubuklinggau 31626, Sumatera Selatan yang akhirnya menjadi agen kami di Sumatera selatan
    3. KALCELL MULTIMEDIA Jln kalianak timur lebar no 15 Surabaya

    Pastikan Bisnis Anda Yang Melayani Konsumen Lebih Baik
    atau Kompetitor Anda Yang Melakukannya

    Pesan Sekarang Juga :
    Abie Group
    Dsn Kemantren no 35 rt 5 rw 03
    Kelurahan desa Banjar Kemantren
    Kecamatan Buduran Sidoarjo 61252
    Phone : 031.782.781.70
    FAX : 031. 8910 164
    Call : 0812.3088.6838
    NO Rekening BCA Cabang Utama Sidoarjo : 0182.957.851 Atas Nama Abdillah

    CARA PEMESANAN
    CARA PEMESANAN :

    1. Bisa Datang Langsung

    u/p : Bapak Abdillah

    Dsn Banjar Kemantren No 35 rt 05 rw 03 Kelurahan Desa Banjar Kemantren Kecamatan Buduran Sidoarjo 61252 Jawa Timur

    Phone : 031.78278170

    Call : 0812.3088.6838

    SMS : 0816.1515.7676

    2. Untuk Daerah Luar Surabaya dan Sidoarjo Kirim Via TIKI/TIKI JNE Ke seluruh Indonesia

    Untuk Kirim Via TIKI JNE Konfirmasikan kepada kami produk yang dipesan kemudian transfer sesuai dengan harga produk,kemudian konfirmasikan pembayaran kepada kami beserta nama,alamt,no hp/telepon agar produk secepatnya kami kirim

    – Setelah Transfer dari anda sudah masuk maka kami segera mengirim barang yang anda pesan ke alamat lengkap anda

    – Setelah barang kami kirim maka nomor resi Pengiriman TIKIJNE akan kami kirimkan ke nomor hp anda

    Price List Power Inverter
    SUDAH TERMASUK ONGKOS KIRIM
    TANPA AKI/TANPA BATTERY

    Input 12V dc With Autocharger Mobile Power
    300 watt KV 300 C Rp 990.000,-
    500 watt KV 500 C Rp 1.500.000,-
    1000watt KV 1000 C Rp 1.950.000,-
    1800 watt KV 1800 C Rp 2.750.000,-
    2500 watt KV 2500 C Rp 3.500.000,-

    Input 12Vdc with autocharger Intelligent
    1000 watt SP 1000C-12 Rp 2.250.000,-
    1200 watt SP 1200C-12 Rp 2.300.000,-
    2000 watt SP 2000C-12 Rp 3.250.000,-

    Input 24Vdc With automatic charger Intelligent
    1000 watt SP 1000C-24 Rp 2.400.000,-
    1500 watt SP 1500C-24 Rp 2.700.000,-
    2000 watt SP 2000C-24 Rp 3.450.000,-
    3000 watt SP 3000C-24 Rp 4.300.000,-

    Input 12VDC MOBILE POWER NON CHARGER
    1800 watt KV 1800-12 Rp 2.700.000,-
    2500 watt KV 2500-12 Rp 3.200.000,-
    3000watt KV 3000-12 Rp 3.750.000,-
    Input 24Vdc Mobile Power NON CHARGER
    2500 watt KV 2500-24 Rp 3.350.000,-
    3000 watt KV 3000-24 Rp 3.950.000,-
    Input 48Vdc Mobile Power NON CHARGER
    1000 watt KV 1000-48 Rp 2.200.000,-
    Input 12Vdc Intelligent NON CHARGER
    2500 watt SP 2500-12 Rp 3.450.000,-
    5000 watt SP 5000-12 Rp 6.700.000,-
    Input 24 Vdc Intellegent NON CHARGER
    3000 watt SP 3000-24 Rp 4.000.000,-
    4000 watt SP 4000-24 Rp 5.450.000,-
    5000 watt SP 5000-24 Rp 6.900.000,-
    Input 48Vdc Intelligent NON CHARGER
    1000 watt SP 1000-48 Rp 2.475.000,-
    3000 watt SP 3000-48 Rp 4.400.000,-

  21. Percayakan perbaikan UPS anda pada kami ahlinya, semua type&merk UPS kami siap membantu untuk wilayah Jawa Timur.

    Untuk wilayah Jakarta kami juga ada perwakilan

    Sedia UPS, APC, GAMA, Riello, Power Kinetic, Power Champ, ICA dll

    Ready stock Battery kering (Sealed Lead Acid & Vented Regulated Lead Acid)
    2V,6V,12V – 1.2Ah sd 200Ah merk CSB, Panasonic, RITAR, POWER, Power Kingdom, Leoch, HAZE, EXIDE Group, Chloride, Rocket, TROJAN, dll

    Aplikasi Battery:

    -UPS Power Supply (ready stock)

    -Emergency Lamp/lighting
    -Communication Equipment, Telephone System, PABX, BTS
    -Factory Automation Control Equipment, Robots
    -Medical Equipment
    -Fire Alarm System
    -Electric Traction, Golf Car, Scrubber Mechine
    -Electric Vehicle, (sepeda listrik)

    -Solar Cell (ready stock)

    -Otomotif Maintenance Free Battery
    -Industrial Aplication
    -Radio Control Hobbies, Children Toys

    -Power Inverter (ready stock),

    -GenSet, etc.

    Jaminan kualitas, harga bersahabat, support partai besar.

    Kami menjangkau pengiriman pesanan ke seluruh kota di Indonesia.

    Perusahaan2 yang telah kami layani antara lain :
    BI, Mandiri, BCA, BNI, BII (bank2 di Jatim dan Jakarta), PLN-PJB, ISP-ISP di Surabaya & Yogyakarta, Telkom MSC (Jatim), Telkom Jember, Telkom Solo & Yogyakarta, BTS-BTS Operator Seluler (XL, Indosat) Di Jatim dan Jateng, Pabrik Lampu Panasonic PIER, The Taman Dayu Park, Golf Club Center, HM Sampoerna, Pabrik Gas BOC Gresik, PT Semen Gresik, YTL Paiton, Pabrik Rokok Bentoel Malang, PT Dirgantara Indonesia Bandung, toko2 Computer di Surabaya dan Jakarta, dll masih banyak lagi Customer Setia kami yang tidak cukup kami sebutkan semua.

    Buktikan!!
    Untuk solusi terbaik (harga, produk, aplikasi dll)

    Silakan Hub :
    Budi 081703637426
    YM : ups_batre@yahoo.com

    Kami bantu dengan senang hati, Kami Tunggu

  22. Saya pengen Tanya tentang UPS, kebetulan di kantor saya memakai UPS merk APC, Prolink dan ICA kebanyakan yang 600VA (untuk PC dan monitor).. Masalahnya , UPS sering bunyi seakan-akan lagi mati listrik, padahal listrik tidak putus.. Apa penyebabnya ? Apakah harus ada maintenance khusus pada UPS? Hamper ketiga merk yang saya sebut semuanya begini.. Dan sebagian bahkan saya sudah pakai stabilizer untuk menstabilkan voltase listriknya tetap Kadang bunyi kadang ngak..sebenarnya masalahnya apa ya ?
    Mohon bantuannya.. Thanks

  23. Saya pakai UPS prolink pro600D, casingnya terbuat dr logam, bukan plastik. Baterainya sudah 5 tahun dan sekarang sudah rusak.
    Mungkin hal2 berikut ini yg membuatnya jdi awet :
    1. UPS diberi kipas kecil (kipas pendingin hardisk) sehingga UPS selalu dingin meski dipakai 24 jam. Posisi kipas menyedot udara dr dlm us keluar.
    2. Waktu pertama kali digunakan, baterai dicharge selama 12 jam dgn cara di-ON kan tapi tdk digunakan unt komputer.
    3. Bila tdk digunaan, UPS dilepas dr listrik PLN.

    Saya masih ada 2 UPS prolink jg, sudah 3 thn baterai & kinerjanya masih normal, gk ada masalah.

    Yg jd masalah skarang, saya mau ganti baterai UPS saya yg sudah 5 thn itu (krn sudah rusak), tapi gk tau dimana bisa dibeli & berapa harganya ? Kalau ada yg tahu, olong kasih info nya, lokasi di Jakarta.

  24. Saya beli laplace neutron 600va dan saya ganti baterai 50ah tapi kok setiap jam mati terus ya berkata:

    Saya beli ups laplace neutron 600va baru dan langsung saya ganti dengan aki basah 50ah tapi setiap satu jam mati ya mohon bantuanya jika ada yg tau masalahnya

  25. halo
    saya ada 5 pcs UPS 1200watt yg accunya kering sudah pada lemah.

    rencananya mau saya ganti menggunakan accu mobil 40A. x2pcs (diseri karena 24 volt)

    Bagaimana ya cara menjadikan ke 5 UPS connect ke satu ACCU?

    adakah skemanya?

    tolong di emailkan ke r_grahaniaga@yahoo.com

    atau di fax ke 0291-596666

    trimakasih

    salam

    ronny

  26. As Wr Wb

    Ups saya merk Powertech 1200VA, Powertech 600VA dan Powermatic 600VA. Kalau listrik mati maka komputer ikut mati, saya kira baterynya yang rusak. Kemudian saya ganti batery baru tetapi masalahnya tetap sama seperti di atas. Saya cek pakai multitester ternyata ups tidak mau mengisi batery. Bagaimana perbaikannya ? Tolong kasih tahu tempat pusat service ups Powertech dan Powermatic di Jakarta.
    Terima kasih.

    Ws Wr. Wb.

  27. Untuk masalah UPS Anda, perkenankan kami membantu memberikan solusinya. Silahkan hub kami di 081703637426
    YM : ups_batre

  28. sama om UPS saya prolink enerhome pro650p baru 1Th 2bln dah KO ( listrik mati komp ikutan mati)
    keluhan teman2 se kost juga sama 1th lewat sedikit pasti KO baterainya..
    lebih baik beli baru sekalian daripada ganti baterai setengah2 dan hasilnya belum tentu baik.
    Ups merk apa y yang paling stabil dan awet??

  29. Kalau batre ups cepat rusak karena circuit charger ups tsb overcharges,batre bentuknya jadi kembung(hamil),

    Punya ups harus rajin ngecek batre.
    Merek ups yg baik biasanya rangkaian chargernya juga baik alias automatik,tidak sampai over.
    Kalau batrenya baik tapi ups tdk bekerja saat listrik mati, mungkin rangkaian converternya bermasalah,cek transisitor power converter. biasanya overheat.
    Jangan ganti accu dg yg jauh lebih besar, bisa merusak rangkaian chargernya.

  30. Di perusahaan tempat saya bekerja ada UPS Merk ICA trus VA kalo saya ga salah sih sekitar 1200VA itu umurnya uda 3 tahun. Lumayan sampai sekarang belum rusak.

    Mungkin bisa di coba..

  31. saya punya ups prolink baru kira2 1,5 bulan sudah rusak…..
    gara-garanya pas mati lampu upsnya tak buat setrika… selang 1 hari langsung rusak tuh ups….
    akhirnya sampe sekarang ak hanya pake stabilisator aja….
    tp ni rencana mau beli ups lg bulan ini……
    kira2 apa ya yang bagus?
    Tx

  32. Saya berdomisili diLampung..
    hubungi saya :
    1. Service UPS segala type (kirim, jemput ataupun via telpon)
    2. Batery UPS kering Merk Mitsubishi dan lainnya
    3. Modifikasi UPS
    4. Inverter hingga 5000 watt murni

    call me : 0721 7581530

  33. tolong dieh kirimin ane skema inverter 5kva salam dari saya GOD BLES enthe
    karena saya harus pelajari dulu manualnya

  34. bner juga yah UPS saya juga prolink pro650P batre’y KO’it sTelah setahunan lebih…
    nyebelin bgt dahh…
    ngeselin abiiissss…

    garansi cuma 1thn. tapi rusaknya pas satu tahun lebih…
    pinter bgt orang2 yg bkin ups ntuh…

    di kosan saya skrg UPS nya cuma kepake buat ppintu kamar….
    demnnnnn…… 😀

  35. UPS ku prolink enerhome 650wat. umur baru 1 thn 2 bln. sebenarnya baterenya masih lumayan: bisa tahan 7-10 menit. tapi semalam listrik tiba2 mati dan pagi ini waktu ups dicolok ke listrik kok tidak ada lampu sama sekali?! kenapa ya? di manado 3 bulan terakhir listrik mati 2 x sehari. apakah ini berpengaruh? makasih kalau ada yg bersedia menjabab. salam, jen.

  36. betul itu pengaruh banget,karena setahu saya ada beberapa model ups yg charge battre diambil dr battre itu sendiri,jd klo battre dah backup smpe habis ya dia gak bisa ngangkat lagi.klo bisa backup jng di habiskan cukup untuk shutdown aja.saran sy coba listrik tetap nyolok ke pln seharian,klo udah cabut dr pln,cb power di hidupkan.lko gak bs jg brarti battre dah minta di ganti baru.untuk lokasi DKI aku bisa bantu antar jemput servis UPS semua merk dan kapasitas.terimakasih(Byan:02192739867/081310484264)

  37. maaf saya sangat butuh bantuan, saya punya ups dan kemarin mengalami rusak, setelah aku buka ternyata 4 transistor inverternya pecah terbakar. Transistornya Tipe K1542 entah feet atau Tr, saya cari di mana2 gk ada yang jual. mohon siapa yang tau bisa di ganti dengan tipe apa, terimakasih………….

  38. Listrik PLN terus-terusan padam.
    UPS mahal
    AKI mahal

    pake kincir aja…kayak dayung sepeda tapi tegangannya kecil cuma 5 v genjot lagi 10 v.. wah terpaksa lebih kenceng..50v hore.. tapi komputer blm mau nyala tuh…tambah cepat dayungnya.. tambah.. lagi..lagi..lagi..
    Akhirnya Yea.. sampai 220 v. Keringat sudah bertetesan…pas mo nyalain komputer kan harus ninggalin dayungan nih.. eh.. voltasenya turun lagi.. dayung lagi.. turun lagi..gitu terus

    CAPE DE

  39. Aku punya UPS Prolink 600va digunakan untuk komputerku sudah lebih 1 tahun. Karena PLN sering mati lalu aku coba pake battere 40A untuk penerangan rumah ternyata bisa nyala dengan baik. Cuma aku kuatir juga jika lama PLN nyala, kuatir mempercepat ausnya komponennya.

    Kalau ada yang pengalaman pake UPS dan baterenya diganti dengan Ampere gede >40A, bagi dong pengalamannya
    Terima kasih.

  40. saya memiliki UPS Kenika yang 600 Va, sekarang ini sudah berjalan 2,5 tahun. tapi terkadang ketika komputer nyala bareng UPS tsb kadangkala seperti bunyi, saya sendiri tidak tahu bunyi apa itu. kadangkala saya jadi penasaran ingin mengecek UPS saya tsb. kalau boleh tahu kira-kira di mana sih kalau ada purna jualnya ( service)

  41. cuma sekedar sharing

    Saya beli UPS KENIKA tahun 2005 pas dipameran komputer jogja. Lumayan murah waktu itu, karena promo pertama kali, harganya cuma 250rb, sampe sekarang masih baik2 saja dan belum pernah ganti batere…. padahal @kos hampir tiap hari bs mati listrik lebih dari 3x… ^^
    dulu 3tahun masih gunain monitor tabung jg g ada masalah, sekarang dah gunain monitor LCD.. jadi UPSnya bisa lebih awet… 🙂
    Cuman daya tahannya cuma 10menit… tapi lumayanlah 🙂

    kuncinya mngkin saya selalu grounding semua peralatan elektronik yang dicolok ke UPS

  42. ikutan sharing

    ups saya prolink 650 va beli waktu pameran di semarang bulan mei 2007 seharga 345rb… sekarang udah modhar bulan januari 2010 kmrn.yah lumayan lah 2 tahun lebih…
    nah sekarang masalahnya ganti baterainya di mana ya didaerah semarang ????? kmrn coba copot ups tapi bingung mo melepas baterainya..takut rusak n gak bisa rangkai kembali
    btw saya banyak belajar dari tips2 diatas dlm merawat ups.

  43. BATTERY SLA Panasonic 7.2Ah Rp. 170rb

    * Constant voltage charge
    * Voltage regulation :
    Cycle use : 14,5 V – 14,9 v
    Initial current : less than 2,88 A
    Standby use : 13,6 v – 13,8 V Non spillable
    YM : kyut_one

  44. Hallo rekan semua,
    untuk kebutuhan baterai UPS bisa kami bantu, di kota manapun rekan2 tinggal. silakan hub YM: ups_batre, kami akan sangat siyappp membantu.
    Apapun kebutuhan baterai kering anda, kami siap membantu.
    All rechargeable batteries, SLA, AAA, AA, 9V, 1,5V , NimH, Li-Ion,NiCd dll
    semua battery yang kami sediakan kami jamin kualitas dan keasliannya.

    kata orang jawa, ono rupo ono rego.
    jadi rekan2 jangan hanya terpacu pada harga murah saja, malah bisa dikhawatirkan harga yang tidak wajar akan ada banyak masalah dibelakangnya.

    UPS ada banyak sekali jenis macamnya, dari harga yang mahal sampai harga murah pun skg menjamur. tetapi sekali lagi yang perlu diperhatikan adalah tingkat kebutuhan akan UPS tersebut.
    untuk peralatan yang nilainya mahal jangan anda pertaruhkan dengan memasang UPS low end, meskipun sama2 awet bertahun2 UPS tsb, tapi gelombang listrik yang dihasilkan dari UPS low-end, middle, dan high-end sangat berbeda dan ini akan sangat berpengaruh pada peralatan elektronik Anda.

    semoga informasi ini bisa berguna

  45. Kalo soal pengetahuan kayak gini aku rasanya kurang sekali,
    Kalo boleh saya mau minta arahan cara pake, perawatan UPS mana sich yg benar
    soalnya saya perhatikan banyak sekali pendapat… bikin saya tambah bingung…
    saya sekarang pake UPS merek Prolink model PRO650P.
    Ada yg bisa berbagi pengetahuan… tolong ya sob… kalo ada waktu nulis
    ke: grass_ilyas@yahoo.com
    Sebelumnya makasih buanget…

  46. mohon pentunjuk….
    saya punya ups FLAZER…..tombol on/off pada sirkuit PCB nya rusak. kebetulan rusak pa posisi off.. jd mo di cetetin on gak bisa lagi.. apakah ada spare partnya di toko2 elektronika..atau bagaimana?????

  47. aku pake UPS masih 3 bulan. Kata penjualnya
    UPS jangan pernah dimatikan, artinya sekali dinyalakan ya tetap terus on dan tertancap pada PLN. Katanya akan lebih awet. Justru kalau UPS di Off saat kita tidak makai, akan mudah merusak batery kering di dalamnya. Entahlah sudah aku coba sejak beli hingga sekarang UPS ON terus walau CPUnya off, mudah-mudahan petunjuk penjual benar, dan UPS ku bisa awet.

  48. Untuk perawatan dan pemakaian UPS biar awet, sangat tergantung dari karakter UPS itu sendiri. ada UPS yang hanya dicolok listrik langsung chargernya kerja walau tanpa menekan tombol On/Off dan sebaliknya.

    Apabila ada niatan untuk tidak menggunakan UPS lebih dari 2bulan,

    – akan lebih bagus apabila kabel koneksi ke batre dilepas jika tidak dilepas akan mempercepat shelf discharge (kapasitas dan tegangan batre akan berkurang dengan sendirinya) batre tersebut dan kalau terlalu lama akan terjadi overdischarge akan berakibat batre akan sangat susah di charge ulang. hal ini sangat sering terjadi pada UPS dengan jumlah batre lebih dari satu.

    – nyalakan UPS secara periodik (2 bln sekali agar batre terisi kembali) jangan lupa kabel ke batre sudah tersambung ya

    Apabila UPS tidak diperlukan nyala 24jam, akan lebih awet jika dimatikan (mengingat panas yang dihasilkan, jika pendingin tidak ada maka hal ini akan merusak casing yang terbuat dari plastik/mudah pecah) hal ini sering saya jumpai di UPS Prolink yang casing dari plastik

    demikian sedikit info dari sy semoga bisa menambah pengalaman rekan semua

    Wass, utk kontak kami silakan hub YM : ups_batre

  49. lam kenal sob…

    aku punya ups ICA ce600 kap 600VA beli sekitar april 2008..semalam listrik padam di daerah pematangsiantar..mengakibatkan ups mati sendiri walaupun tidak ada beban. tadi pagi saya cek ups saya uda ngk bisa charge battery nya…pertanyaan saya:
    1. bagian apanya kira2 yg rusak
    2. bagaimana cara mengukur kapsitas battery karena saat saya ukur dengan multi tester posisi ups on tersambung ke PLN di multitester VAC = 12V dan pada VDC = 27V…angka mana yg jadi patokannya

    trims

  50. saya punya masalah dngn pemasangan ups merk apc.10 unit saya beli baru,tetapi ada 3 unit ups saya yg bermasalh.yg 3 unit ups ini kalu mati lampu tidak berfungsui.tetapi ups yg lain berfungsi.kalua mati lampu yg 3 unit ups ini mati total.itu gimana y?apa baterainy yg bermasalah?atau gimana?
    mohon bantuannya ya.
    ririn

  51. Untuk UPS kalau masih baru sebaiknya dichargers lebih dahulu tanpa beban kurang lebih 7 jam,hal ini supaya batt kering pada ups bisa terisi secara penuh,karena kebanyakan kondisi batt pada ups yg masih baru tidak terisi 100%.Ups merk APC biasanya ketahanan Batt bisa lebih dari 2th.Kalau PLN off ups ikut mati ya biasanya batt sudah tidak bekerja.Semoga bisa membantu.

  52. SALAM !

    Buat rekan yang butuh battery panasonic (S L A ) silahkan menghubungi saya di esia 94078171 / 08988288900
    YM : adhanical_2004@yahoo.com , kami ada stock battery dari Ah kecil sd Ah BESAR,

    KAMI ADA DI MANGGA 2 HARCO , BLOK H 24 .
    Phone :6120728 , fax : 6120119 .

    Distributor PANASONIC BATTERY

  53. UPS kenika saya umurnya hanya 1 tahun.
    Kebanyakan masalahnya adalah jika listrik tidka digunakan kita tetap mencolokkannya ke jack listrik jadi..

    Dicharge terus kembung dah…

    sama seperti HP.

    UPS yang baik tentu ada limit sehingga kalau batrei penuh ga dicharge terus :).

  54. Maksudnya 1 tahun itu dengan asumsi bagaimana? Kalau jarang mati lampu apa ya 1 tahun sudah rusak ya??? Lalu, kira-kira UPS yang bagus tuh yang bagaimana ya, Pak? Terima kasih atas informasinya… 😉

  55. Saya bisa bantu kebutuhan baterai UPS anda, dimanapun.
    csb
    panasonic
    power
    powerkingdom
    leoch
    haze
    ritar
    gs portalac
    trojan
    dll
    silakan hub ups_batre@yahoo.com
    kami akan memberikan pelayanan terbaik kami
    buktikan dan kami tunggu

  56. Ada baiknya ganti baterai baru, karena ditakutkan ups yg baru jg akan seperti sebelumnya. Sry kalo idenya jelek,maklum ngga pernah beli ups, ngga da duit..
    wakakakak …

  57. q bru gnti btre ups apc rs 1500.uda q cas smaleman,pas q self test pke software apc,,ko g tahn lama ya,indikator replace batre muncul,padahal kan bru gnti baru,,,piye ikiiii….?

  58. Bro, Qu punya UPS-ICA 5100 + Battrey Extrnl Type : 162sb (ICA), sering bermasalah di battrey yang buncit, baru 3 bulan ganti dah rusak, emang sih UPS idup terus buat Back-Up Server & komputer 10 unit.kira2 masalahnya di mana ya?, and kalo punya saran mohon infonya, Trim’s.

  59. Aku pk ups prolink pro 650p/b udah 1th lbh tp msh bgs kog,bs back up listrik laptopku kr2 45mnt klo mt lampu.
    Sejak beli selalu di colok ke listrik walo tdk terpakai,hny di off saja.
    Semoga berguna bg temen2 yg butuh info ups.

  60. Saya beli UPS sekitar dua setengah tahun yang lalu. Belum lama UPS bermasalah saat saya tinggal maen dan komputer masih on. Ketika di jalan ternyata listrik mati, dan saat sampai rumah (kurang lebih 30 menit kemudian) keadaan mati total. tombol UPS masih on tetapi bunyi dan lampu indikator mati. Saat saya coba isi ulang UPS tak lagi berfungsi..

  61. Saya punya Prolink Pro1200S, pakai battery LSA Prolink 6FM7.2 (12V, 7.2Ah/20HR) sudah 6 bulan rusak batterynya. Saya mau ganti dengan Panasonic or merek lain yang setara, tapi kuatir dimensinya tidak sama. Buat distributor battery bisa kasih info pricenya plus onkir ke Serang Banten. Please call 08161912640, abuihkam@gmail.com. Thank berat.

  62. Pengalaman saya pake UPS (merek APC dan Prolink) adalah drop di battery (indikasinya lampu mati UPS ikutan ko’it). selama ini saya ganti battery dengan yang yang tidak sama dengan aslinya tetapi voltase dan Ah nya sama, gak ada masalah. Bahkan ada beberapa yang saya naikan Ah nya dengan voltase sama untuk menambah waktu kerja UPS (untuk ini modif tempat battery).

  63. hmmm.. seharusnya ini blog buat sharing pengetahuan tentang ups dan pengetahuan lainnya… biar lebih pintar dan kreatiff orang2 indonesia, malah dijadikan ajang jualan… kesel deh gw.. tadinya mau menyampaikan sesuatu ga jadi deh….

  64. hmmm..

    seharusnya ini blog buat sharing pengetahuan tentang ups dan pengetahuan lainnya…

    biar lebih pintar dan kreatiff orang2 indonesia,

    malah dijadikan ajang jualan…

    kesel deh gw..

    tadinya mau menyampaikan sesuatu ga jadi deh….
    |
    |
    |
    |

  65. iya Pak, saya juga kesel dengan orang-orang yang seenaknya jualan disini, kalau bapak bisa hapus mereka saya dukung sekali pak….. biar tinggal kita-kita yang tahu pengetahuan tentang ups. gimana Pak Bimo????

  66. Saya memakai UPS merk LG 600Va sudah 3 tahun tidak bermasalah, perawatannya cukup mudah :
    1. Pemakaian jangan melebihi beban kapasitas UPS.
    2. Gunakan stabilizer servo agar tegangan listrik lebih stabil.
    3. Jika sedang tidak digunakan cabut UPS dari sakelar listrik ( jangan lebih dari 1 bulan )
    4. Sirkulasi udara juga perlu diperhatikan agar UPS tidak cepat panas.

    Semoga bermanfaat…

  67. aq kemarin coba buka baterei UPS ku merk prolink pro650, eh setelah aq cukil tutupnya koq isinya baterei basah ya? alias AKI biasa. bukannya seharusnya aki kering?

  68. maaf coba komen sedikit :
    @dihon : yang di cungkil tutup apanya bro..?, kalo gak salah sih semua UPS yang memakai battery kering type SLA ( sealed lead acid ) di batterynya memang gak murni 100% kering tetap ada unsur basahnya ( acid )

  69. kualitas baterai UPS jaman sekarang udah sangat rendah,, dulu (skitar 7 thn yg lalu) aku pernah beli UPS dan bisa bertahan slama 3 thnan,, dan kalo pun mati listrik bisa bertahan 45 menit untuk hidupin radio akses poin dan router,,
    tapi baru2 ini beli UPS eh malah blum ada 1 bln baterai gak sesuai harapan,, UPS udah sempat di charge 8 jam sejak pembelian,, trus iseng aku tes ternyata 10-15 menit aja tewas,, padahal belom dipake ke alat2 lainnya,,
    akhirnya tuker ke tokonya gitu juga,, bener2 bermasalah kualitas barang2 skarang,,
    apa kata dunia,,??

  70. ada beberapa trik untuk menghidupkan kondisi aki kering yang mati, dengan catatan kualitas aki keringnya lumayan bagus, apabila dgn trik tidak bisa hidup kembali, berarti kualitas aki keringnya kurang baik.

  71. Kalo UPS udah ga mau nyala (ngecharge lagi), kemungkinan tegangan baterai sudah dibawah tegangan yang dibutuhkan untuk mentriger charger.
    Bagi yang mengalami kejadian ini coba cek voltase baterai-nya. kalo ternyata rendah sekali (sekitar 9-10V), coba baterainya dicharge pake charger external dulu sebentar, kemudian pasang kembali.
    Semoga UPS-nya kembali menyala lagi….

  72. upsku merk kenika…baru satu minggu sudah bermasalah…di charger 2 hari tp nggk mempan…krn kl listrik mati upsnya berbunyi pretttttttttttttttttttttt dan akhirnya mati..hmmmmmmmmmmmmmmm….padahal sudah diisi 2 hari!!!!!!!!!kira2 apnya ya yang rusak?

  73. wakakak jadi ajang dagang neh 😀
    kalo saya sih biasanya kalo dah ga digunain tuh kompi ya ane matiin UPSnya. kan ada tuh flowchart di softwarenya, jadi pas kita pake tuh kompi tapi posisi power PLN ga mati maka pada saat tersebut UPS dalam posisi charge meskipun kita beri beban komputer, nah pas Power PLN mati maka relay akan memindah supplay power dari batre, tar kalo PLN idup lagi relaynya mennganti supplay dari PLN lagi sekaligus charge lagi. gt aja konsepnya.

  74. saya punya ups lexus LE 600 VA 500, udh 1 thn pemakaian akhirny battery tewas jg, apakah bisa diganti dengan merk lain sprt panasonic mohon infonya thks..

  75. Kalau kata penjual batre, semestinya tidak apa-apa diganti dengan batre lain seperti panasonic. (Bahkan panasonic termasuk yang bagus.)
    Tapi saya coba ganti batre UPS saya (prolink) yang batrenya sudah rusak dengan panasonic, ternyata gak jalan. Maksudnya, dia ngecharge bagus, tapi begitu listrik mati dia ikut mati :p
    Saya belum punya success story mengganti batre UPS. (Sudah 2 kali dan dua-duanya gagal.)

  76. Mau sharing sedikit…

    Kebetulan saya baru saja mengganti baterai UPS Prolink yang 600 VA dan sukses. Saya menggunakan baterai kering merk Krisbow yang 12V7,5Ah, belinya di ACE Hardware, harganya sekitar 200rban. Kalau baterai aslinya merk Prolink 12V7Ah.

    Pas beli, saya minta cek dulu di ACE HArdware pakai multi tester, untuk memastikan tegangan baterai-nya OK.
    Selanjutnya, saya buru-buru ganti baterai UPS saya (karena garansi ACE hanya 3 hari) dan saya coba nyalakan tanpa menghubungkan UPS ke jala-jala dan ternyata masih nyala. Kesimpulan saya, baterainya masih OK. Selanjutnya saya charge baterai tersebut, dengan menghubungkannya ke jala-jala selama kurang lebih 20 jam, untuk memastikan bahwa baterai terisi full.
    Tadi siang, baru saja listrik di rumah saya padam dan ternyata UPS saya kembali bekerja normal, seperti sedia kala.

    Semoga bisa membantu.

  77. saya punya ups kenika uc-1000 umur kira-kira 2 th sekarang bermasalah alaram bunyi terus(seperti listrik mati)padahal listrik pln hidup dan ups tercolok. saya udah ganti baterai baru tapi tetap aja seperti itu. klu ada yg punya solusi tolong dong …….??!!

  78. sory…mungkin bisa bantu sdr erlyanus.
    coba pindah stopkontak input ups anda yg beda ruangan/tidak satu jalur dengan stopkontak lama..atau pas kebetulan pln di tempat anda sedang tidak stabil,jd ups menganggap pln sedang off karena relay di ups punya normalisasi tegangan.diluar batasan itu maka batt akan bekerja.

  79. Membaca pertanyaan Sdr. Erlyanus Doke, saya jadi teringat juga kalau dulu pernah mengalami masalah yang sama waktu saya masih di kos-an dan listrik kos-an sering turun naik. Stabilizer yang ada di dalam UPS saya waktu itu sudah tidak mampu lagi untuk menaikkan tegangan yang drop dari PLN. Akhirnya saya akalin dengan menggunakan voltage stabilizer yang menggunakan motor. Listrik dari PLN saya lewatkan stabilizer terlebih dahulu sebelum masuk ke UPS dan ternyata berhasil. Biar listrik kos turun-naik, UPS tidak terganggu, paling hanya motor stabilizer-nya saja yang berisik karena listriknya turun-naik.

  80. Saya juga UPS user, untuk UPS, kita tidak bisa memungkiri ada ungkapan ada harga ada kualitas. Saya menggunakan UPS kecil dengan harga 300-400 ribuan dengan UPS berfisik besar dengan range harga 2 jutaan dengan kapasitas yang diklaim sama 1200VA memang kualitasnya beda.
    Untuk merk seperti Kenika, prolink usia penggunaannya sangat pendek, sangat beda ketika kita menggunakan ICA.

  81. Yup, saya setuju dengan pengalaman/pendapat dari Pak Sugianto.
    Saya sudah menjumpai berbagai macam merk UPS dari yang harga murah sampai mahal. kalau di compare kwalitasnya sangat jauh beda, meskipun secara fungsi utama (backup listrik) kelihatannya sama aja.

    kalau budget cukupan aja ya cari/pilih yang terbagus dikelasnya jangan hanya harga beda tipis jadi salah pilih. maksud berhemat malah keluar extra cost esok hari.

    begitupun juga dengan baterai UPS, ada kwalitas dari A~Z dan harga juga bervariasi. biasanya UPS-UPS branded/merk terkenal dan bagus. dia pakai baterai yang kwalitas bagus juga, misal sudah waktunya replacement baterai, usahakan diganti dengan baterai yang bagus/setara meskipun beda merk tidak masalah.
    Sering kali saya mendapati UPS bagus dikasih baterai murahan dan tidak lama setelah diganti berakhir sudah, baterai rusak, UPS juga troble.

    maka mari berhemat yang cerdas dalam menentukan pilihan.

    ups_batre@yahoo.com

  82. Untuk yg berdomisili di Jogja,saya bs bantu problem UPS anda yg ngedrop cukup dg max Rp.50rb (utk UPS 600VA) dijamin.Atau biaya tergantung kapasitas UPSnya.Jg terima beli UPS bekas,aki bekas dan tukar tambah aki kering. Hub.Agus HP:0852 9000 2211.

  83. Wah saya baru mau pikir2 beli UPS,
    Jadi bingung mau beli at tidak,
    kalu beli merek apa yg bagus?
    dibanding antara UPS Prolink, dengan UPS Montero bagus gak ya?
    Tolong Kasih saran….makasih “_”

  84. @Hera:
    Kalau saya cukup puas dengan UPS Prolink.
    Saya sudah pakai dari tahun 2005, sampai sekarang masih OK, hanya sempat ganti baterai 1 kali, itupun setelah dipakai 6 tahun.
    Selain itu, ada software-nya juga, jadi bisa auto-shutdown.
    Dari sisi harga juga cukup OK.

  85. Ada yang tau cara ngetest UPSnya masih bener atau gk ??
    soalnya ne UPS udah lama gk d’pake, otomatis batre minta d’ganti..
    nah harga batrenya aja udah 200, klu misalnya komponennya jg rusak mending d’ganti sm yg baru aja..
    Thx Before :D:D

  86. P Dennis, mohon maaf merk UPS bapak apa ya..
    rasanya kalau lama tidak dipakai dan sebelumnya masih normal dan bagus, kemungkinan besar baterainya yang minta di replace.
    kalau bapak tidak keberatan silakan contak saya di YM = ups_batre
    barang kali bisa membantu.
    kami melayani pesanan dan pengiriman baterai UPS ke seluruh wilayah Indonesia 🙂

  87. Masalah saya sama dengan pak Budi, bedanya saya lebihnya ada yang 1 dan ada yang 2 bln. Kalo menurut saya awet/tidaknya ups juga tergantung kondisi listrik PLN. Kalo sering (mati nyala)^2, baterai UPS cepat Drop, seperti di tempat saya. 😉

  88. menurut saya tidak mengapa ada orang yang menawarkan jasa atau berjualan UPS di sini karena dari awal pemilik BLOG ini tidak mencantumkan pengumuman di atas bahwa di SINI TIDAK ADA ORANG YANG BERJUALAN atau menawarkan JASA SERVIS atau JUAL UPS. Terima kasih. maka sebaiknya dibuat BLOK BARU yang di atasnya ada peraturan bahwa di SINI TEMPAT UNTUK BERBAGI ILMU dan DILARANG MENAWARKAN JASA SERVIS UPS atau JUAL UPS. terima kasih PEMILIK BLOK

  89. Bimo
    Oktober 23rd, 2010 at 2:07 pm

    hmmm.. seharusnya ini blog buat sharing pengetahuan tentang ups dan pengetahuan lainnya… biar lebih pintar dan kreatiff orang2 indonesia, malah dijadikan ajang jualan… kesel deh gw.. tadinya mau menyampaikan sesuatu ga jadi deh….
    Bimo
    Oktober 23rd, 2010 at 2:09 pm

    hmmm..

    seharusnya ini blog buat sharing pengetahuan tentang ups dan pengetahuan lainnya…

    biar lebih pintar dan kreatiff orang2 indonesia,

    malah dijadikan ajang jualan…

    kesel deh gw..

    tadinya mau menyampaikan sesuatu ga jadi deh….

    hahahahhaha…. kalau lo kesel nyungsep aja dikamar

  90. Klo UPS berbunyi alarm dan lampu semuanya merah nyala berkedip-kedip dan tdk supplie listrik kenapa yah ( merk APC 3000 & APC2200 rack mounth)

  91. Pak Nino, kemungkinan utama baterainya sudah lowbatt (lifetime na habis) kalau baterai sudah lama dipakai di UPS tsb. cara awal dan mudah dilakukan adalah cek voltase baterai dari konektor bank baterai ke UPS. kalau voltase masih menunjukan voltase diatas 12,5V/baterai maka tes baterai sekali lagi sambil dikasih beban dc kalau tidak punya baterai load tester.
    kalau baterai masih bagus baru cek ke UPS na semoga membantu
    to assistace about battery please contact my YM= ups_batre

  92. klo kondisi ups user/bukan rack mount seperti punya pak Nino,masalah seperti itu sering terjadi,biasanya pada pemasangan ups pertama kali alarm selalu bunyi dan lampu kedip2.langkang termudah coba pindah stop contak yg tersambung dengan input ups,biasanya ada beberapa input ups yg terbalik jdi PLN tidak bisa mencatu ups atau kondisi voltase pln yg sedang jelek(diluar batasan ups untuk menerima power)jadi ups selalu menganggap tidak pernah ada power,otomatis batt akan selalu bekerja.klo gak bisa jg berarti perangkat input ups ada yg tidak normal.

  93. Saya mau bertanya, UPS ICA CE 600 saya kemarin tiba2 bunyi padahal kondisinya listrik sedang menyala. Kemudian pagi ini saya cabut dan saya colokkan langsung pada aliran listrik, dan kondisinya sama. UPS tetap berbunyi (lampu orange nya kedip-kedip). yang ingin saya tanyakan apakah itu tandanya ups sudah rusak/kabel ups yang bermasalah? Mohon bagi yang berpengalaman untuk memberikan petunjuk. UPS saya baru dipakai 1 tahun 1 bulan.

  94. pake merk apa dulu pak? saya pake APC BR500 sudah 3 tahun masih normal2 saja. komputer dipake tiap jam kerja kantor. kalo listrik mati battery ini bisa tahan sampe hampir 30menitan, lumayan lama untuk UPS yang berumur 3 tahunan

  95. Colynaa…kondisi spt itu bisa jg ada salah satu fuse yg putus,jd ups tdk bisa menerima input pln (klo dari masa pake batt seharusnya masih layak).Coba cek fuse di sekitar colokan input pd ups(klo ada)krn ada beberapa ups yg fuse di dalam casing.klo berwarna hitam langsung di ganti dengan type yg sama.semoga bisa membantu

  96. kalau rekan2 semua yg butuh BATT ups kita punya merk Panasonic ,harga terjakau , berminat langsung call aja (031 8496269 ) citrajaya compt

    salam

  97. Dear All,

    Bidang usaha kami berkonsentrasi pada Penjualan UPS baru maupun used, PErbaikan semua type dan merk UPS APC, ICA, LAPLACE, PROLINK, KENIKA, SENDON dll, melayani wilayah JATIM khususnya Surabaya dan sekitar

    Penjualan Semua type baterai kering (SLA Battery) tersedia beberapa merk CSB, GS PORTALAC, RITAR, PANASONIC, YUASA, dan merk lainnya. melayani pesanan dan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia

    Informasi silakan hubungi kami via YM : ups_batre

    Insya Alloh kami siap membantu yang terbaik.

  98. UPS saya kok sering bunyi “cetak cetok” (mati idup”) kenapa yaa ??
    apa listriknya naik turun ato gimana ??
    masaalahnya UPSnya juga uda lama, kira2 5thn an !!

  99. mohon bantuanya,saya punya ups prolink 1200 tpi udah agak eror,kalo dipasang listrik mati komputer ikut mati,solusinya gimana ya??
    ada yg bilang juga baterai bisa diganti dngan aki mobil??bner ngga ya itu??

  100. mas ndaru. kalau yang prolink 1200 setahu saya chargernya gak kuat untuk ngecharge battery mobil. sebaiknya pakai batery standartnta yaiyu 12v 7 ah 2 unit.

  101. Saya pakai UPS Kenika udah 5 tahun enggak ada masalah dan tidak pernah ganti baterai. Mungkin saya yang beruntung kali ya?? 🙂 Padahal saban hari PC nyala rata-rata 14 jam

  102. sebetulnya menurut saya , lakukan dulu sesuai dengan petunjuk pemakaian , tiap produk pasti ada petunjuk perawatan ,trouble shoting dan maintenance produk , baca dengan teliti bukan hanya mendengar dari pengalaman karena beda produk pasti beda cara perawatnya, ikuti petunjuk dari pabrikan atau konsultasikan dengan tehnical servis dari pembuatnya. thip paling seder hana .

  103. Baterey Netbook acer saya kalo di charge mentok di 15 %,..ada yg punya solusi gak ya??? kalo saya googling…malah ada yg menyarankan Update BIOS,..tp saya masih takut kalo gagal…

  104. saya baru beli ups merk ersys, cuma saya bingung pd wkt ngisi baterai pertama kalinya, apa dihidupkan powernya atau dimatikan, dan berapa jam idealnya u/ mengisinya.

  105. UPS tak hanya melindungi alat anda dari stabilnya tegangan dan back ups saja, juga tersebut. UPS adalah juga harus bisa menjadi benteng adanya geolmbang kejutan atau transient dari sumber PLN yang bisa merusak sistem server atau alat anda . Karena anda tahu alat UPS sangat penting untuk komputer anda, langkah berikutnya bagi anda ke melakukan akan mengambil satu sistem. Uups alat mempunyai batterai VRLA sebagai penyimpan tenaga. Aki akan memberikan powernya pada saat terjadi gangguan di input UPS. Kalau aki VRLA itu mati, maka batterai ups ini perlu penggantian. Kami selalu memberi kualitas ke dalam pertimbangan namun apa juga untuk membeli. Sekarang banyak toko online bisa dijumpai di mana-mana. Anda bisa membelinya dari negara lain jika anda berpikirnya lebih baik. Tetapi memilih kualitas terbaik ups dengan garansi tidak begitu mudah. Sebenarnya, kami perlu percaya situs web itu bisa menyediaka aki mutu yang tinggi dan menjamin mereka bisa memecahkan masalah kami pada waktunya jika ada sesuatu salah dengan kerusakan UPS.

    Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam memilih batterai UPS

    – Pastikan dari toko atau perusahaan yang memberikan garansi minimal 6 bulan

    – Beli produk yang mempunyai standart ISO dan CUV, CV dan jelas pabrikan

    – Sesuaikan dengan type dan dimensi baterai

    – Usahakan serta pemasangan untuk UPS di atas 3 KVA

    – Chek dimensi dan kapasitas batterai

  106. Disini postingannya pendek2 tp pageranknya tinggi ya. luarr biasa.
    soal ups aku dah sampai ganti 2 x mas. gara2 listring sering mati2. pengaruh jg tuh terhadap ketahanan batre UPSnya.

  107. iya Bos, kadang ganti batre harga tak jauh beda dengan beli ups baru (beti-beti) lah dan dapat garansi baru minimal 1tahun.
    ups sekarang juga bersaing kasih garansinya bahkan sampai 2tahun garansi full sparepart dan batre. semisal APC, Power Tree. kalau Laplace sparepart dan service 2thn, batre 1thn. ICA 1thn juga rasanya.
    ini asli pandangan menurut saya sih, bukan dari copas trans 🙂

  108. agan – agan. batere ups memang sekrang agak gampang rusak. karena di tekan harga. rata – rata umur 1 – 2 tahun.
    saya lagi jual batere ups 12v 7 ah merk panasonic harga : 150 rb
    batere ups yuasa 12v 7 ah 175 rb. cal 087854537266 rifai.
    semua batere ups kami bergaransi resmi

  109. batere ups harga murah kwalitas bagus. dapatkan selama bulan januari 2012. harga batere dengan harga grosir. batere ups 12v 7 ah Rp 120 rb aja..beli 10 bonus tas cantek.

  110. Jual UPS semua merk, ICA, Laplace, APC lokasi surabaya. bisa kirim ke malang, jember, banyuwangi, blitar. hubungi hp 087854537266. rifai. kami merupakan distributor resmi batere ups di jawa timur, juga menerima service ups surabaya

  111. UPS battery is electro-chemical devices whose ability to store and deliver power slowly decreases over time. While not limited to protecting any particular type of equipment, a ups is typically used to protect computers, data centers, telecommunication equipment or other electrical equipment where an unexpected power disruption could cause injuries, fatalities, serious business disruption or data loss. In simply terms, ups battery is a battery that will give you an opportunity of having some kind of back up for your companies work if the power would ever happen to fall of some reason. If so, it is an important device for company or others. Hence, maintaining the battery is also necessary anyway.

    Here are main additional maintenance related points for increasing battery lifetime, particularly in three phase installations:

    1. Ask that battery supplier to deliver batteries (whenever possible) short time before putting the UPS in operation.

    2. If you need to store batteries until needed, locate and charge them according to instructions and intervals specified by battery manufacturer.

    3. Never store batteries in undercharged state. Batteries temporary not in use should be fully charged before putting and maintaining in same storage condition as in item 2.

    4. Batteries during operation should be located at vented place, preferably air conditioned and kept at 20°C or 25°C. Increased temperature as described above, detailed also in IEEE standard 450, reduces battery lifetime by 50% with every 8% rise in temperature. Decreased temperature reduces battery capacity by about 1% of rated capacity per each degree Celsius.

    5. Check batteries periodically according to battery manufacturer’s instructions. Check UPS setting and conformance, as described in previous chapter, replace batteries.

    6. The periodic check should also include visual inspection of the batteries container, as well as individual recording of the voltage of each battery. In addition battery rms current should be measured, in order to ascertain that is below 5% of battery Ampere Hour rating.

    7. Replace batteries at regular intervals.

    If you want to know more about ups battery, please just visit http://www.sentradaya.com

  112. kalo ups saya,batre msh bagus,masih mo nyimpan setrum,tp g mau ngecharge.,kira2 apanya yah yg rusak?.

  113. Maaf OOT : saya punya acer aspire one,..setelah beberapa bulan ini indikator charging saya tidak mau naik,..mentok di 12 %…Apakah kira kira penyebabnya? Tanya sana tanya sini Solusinya Update BIOS,….saya sendiri terlalu awam untuk urusan spt itu…

  114. @ima: ada beberapa faktor yg bisa selesaikan masalah ups anda.kadang cm fuse yg ada di bag belakang ups anda yg putus,coba ganti aja(bag itu bisa di ganti sendiri tanpa buka body ups) tergantung dari merk & type upsnya…

  115. all gua mau tny nich….kenapa ups gua ngejepret ya, pas di tekan tombol on/off ny. tapi setelah itu ud gak jepret lagi. thx sebelumny

  116. saya penguna prolink Pro700 dan Pro1200
    Pro700 saya pergunakan untuk 3 unit ps2 & 3 unit TV 21 in.
    sedangkan Pro1200 saya dunakan untuk mesin fotocopy canon NP6650, yang saya tanyakan sudah sesuai atau sudah mencukupi apa belum model prolink yang saya gunakan untuk usaha saya tersebut??? mohon bantuan dan petunjukknya. trimakasih

  117. sempat dulu beli UPS merk ersys belum sempat dipake udah ga sesuai dengan prosedur yang dijelaskan dari keterangan UPs tersebut ,pas selesai dices mau dipake malah mati duluan dari listrik PLN aq komplen ke toko yang jual untung bisa ditukar cuma ditukar tambah dengan print aja untuk dtukar dengan UPS terus terang aq trauma ,sebenarnya ada rencana mau cari lagi UPS cuma ga tau merk apa yang bagus ………….

  118. ups hanya untuk backup sementara..jadi jangan ngarep banyak dengan UPS,ups ditempat yg mengunakan genset hanya jembatan dari putusnya listrik dari PLN hingga genset hidup (UP)…agar data center tidak mengalami/terjadi putusnya aliran listrik,tau sendirikan kalo data center mati listriknya 1 detik aja, dah banyak yg dirugikan…
    kalo untuk di rumah ya pake stabilizer aja kalo voltage nya nga stabil, ups cukup untuk digunakan bila dibutuhkan, bila nga digunakan ya di cabut aja powernya,dan di cass ulang bila selesai digunakan… di jamin awet ups anda…walau performanya lama2 pasti akan menurun…

  119. Semua komentar di atas banyak betulnya tp ada juga yang kurang betul.

    Menurut pendapat saya, sebaiknya UPS digunakan untuk backup listrik pada beban yang sewajarnya saja. Beban yang dimaksud adalah total VA perangkat listrik yang disambungkan pada UPS tersebut. Mohon dipahami juga bahwa 600VA bukan nilai murni. Sudah banyak yang membuktikan dgn cara mengukurnya.

    Jika ingin beralih menggunakan aki basah, sebaiknya tidak langsung dihubungkan dgn UPS karena sebenarnya sama saja dengan mengganti aki kering menjadi aki basah. Lama2 aki tsb akan rusak. Menggunakan aki basah tidak semudah yang saya bayangkan karena sejujurnya harus diberi tambahan bbrp komponen spt double travo dan rangkaian khusus lagi spy dapat menunjang kerja komponen UPS yang sdh ada.

    Sesuai pengalaman saat ini, saya meminta bantuan teman yang ahli memodifikasi UPS. Dengan keahlian teman tersebut, hingga sekarang UPS saya dapat bertahan (backup) lebih dari 6 jam menggunakan aki basah 120Ah. Adapun yang di backup adalah 1 unit PC PSU 700Watt berikut monitor tabung 17″, 2 titik lampu hemat energi @ 25 Watt, 1 unit TV tabung 14″. Jika aliran listrik PLN mendadak dankdhut, saya tidak khawatir lagi dan aktivitas dalam ruangan tetap lancar jaya. UPS yang saya modif adalah Enlight 600VA. Kekurangan bila menggunakan aki dengan Ah yang besar adlah membutuhkan waktu yang lama untuk fully recharged.

    Saran buat penjual baterai UPS, Power Inverter dll, sebaiknya anda membuat web khusus shg kami bisa mendapat informasi lebih detil lagi.

  120. Benar daripada ganti baterai, lebih baik ganti baru! Dan pilih yang single! Mulai tahun 2002 sampai 2013 sudah 6 kali saya ganti ups, jadi rata-rata pemakaian hampir 2 tahun per ups!

  121. Jual Antena Tv Bagus Wajanbolic,yg unik,awet,cocok & jernih untuk TV LCD,TV LED,TV Plasma,TV Digital & Tv Model Lama.
    Yang Senang Nonton Sepak bola Liga Dunia tanpa diacak
    lebih asyik nonton Tv dengan Antena Tv yang Bagus Wajanbolic!

    Nonton TV lebih Asyik Dengan Antena Tv yang Bagus Wajanbolic

  122. Numpang Iklan ah Gan,,,
    klo mau UPS yg berkualitas ya merk GENERAL ELECTRIC (GE)…
    kita jual ups bermacem” kva…
    garansi 2 tahun gan,,
    klo ada yang mau hbngin aja gan,,
    089672146508
    thank kyu ne gan….

  123. Friends… Mau tahu lebih banyak tentang battery SLA dan UPS…? Hubungi saya di 0821 100 200 71/ 08787 813 8787.. Apapun pertanyaan Anda, kami siap membantu.. Salammmm, S. Dwi Hantoro Iman.

  124. saya tidak mengerti apa itu ups dan bla bla mas. saya mau tanya mas, hp saya (nokia) sudah sekitar 5 bulan sudah tidak saya pake. terakhir hp off karena batre habis. tapi sekarang saya cek dan coba cass sudah tidak ada tanda2 batre itu ke cass. kira2 apa yang harus dilakukan mas/mba? sebelumnya terima kasih 🙂

  125. ups saya merek fsp 600 untuk unit komputer (1 komputer 1 ups), kalo pake arus listrik ups berfungsi normal senormalnya beckupnya juga bagus, yang jadi masalah begitu saya hidupkan genset semua ups fsp 600 selalu mode batre, seperti kita hidupkan ups tanpa colokin ke listrik. terpaksa untuk ngidupin komputer harus tanpa ups (di colokkan langsung ke sumber arus genset) ada 15 ups sperti itu smua. kalo ups yang merek proling pro 700 dan apc ars 500 ga masalah mo pake arus listrik atau genset bisa jalan normal. kenapa ya?

  126. ,,@Zazmi,,di ups itu ada range tegangan input,,biasanya merk2 ups itu ada perbedaan,klo yg bagus itu antara 160-180v,tapi banyak ups sekarang yg hanya bisa masuk input 200-230,,jd klo tegangan genset sudah diluar itu ya dianggap tidak ada input,otomatis batt akan bekerja,akhirnya batt jadi boros,

  127. Apakah aki kering bisa diperbaiki supaya bisa normal lagi? saya pernah coba 2x ditambahin air accu zuur tetep ngedrop, bagi yang pernah nyoba & berhasil tolong bagi-bagi ilmunya

  128. Baterai UPS seperti baterai hp, kalau sudah drop tidak bisa diperbaiki. harus ganti baru, kalaupun ada yang bisa akalin umurnya juga tidak lama akan drop. 03170783226 –> 0812345 75 1 26

  129. Waduh Bro ,Maaf nih UPS Saya juga rusak alias baterenya nggak ada setrumnya,Saya juga masih bingung gimana ya solusinya,Emang berapa sih Bro harga aki inverter untuk inverter 600 Va.

  130. Mas Edi Gunawan –> Tergantung merek nya mau pake apa Mas… Harga berkisar Rp. 135 rb- Rp. 225 rb an… (Hub saya di. 082110020071 atau 087878138787) Tnks
    Mas Yusufsid –> Fuse inputnya mungkin putus Mas… Tx

  131. Dear All, ada yang bisa ngasih info nggak kenapa UPS ICA 602 saya setelah kedeteksi Accu rusak trus ganti baru, pas pasang accu IC seputaran Heatsink (pendingin) pada meletus yah ?, ada pengalaman yang sama

  132. Ups saya kalau dicolokkan ke listrik bunyi beep sekali lampu indikator nyala langsung mati dan output tetap ada ( tes dengan lampu ) . ketika listrik diputus ups berfungsi. Yg menjd pertanyaan saya apa penyebabnya sehingga UPS saya ketika dicolok kelistrik sepertinya tidak ON? Makasih

  133. Mas Ardiansyah –>Posisi pas rusak berarti bukan cuma rusak battery, Broo… Transistor module nya juga rusak… kalau rusak, terus dikasih tegangan battery dia pasti meletusss…

  134. UPS : Usia Pas Setahun… Hehehe.. just joke..

    Ada teman saya saranin begini. Sekali-kali cabut kabel UPS dari sumber listrik, biarkan dia “bunyi” terus sampai batterai habis. Ketika sudah habis, kita charge kembali sampai penuh, dan digunakan seperti biasa. Hal ini dilakukan 1/2 bulan sekali.

    So far, terbukti manjur. Bisa awet sampe hampir 2 tahun.

  135. ini posting dari jaman dinosaurus, apa masih relevan untuk dikomentari? sekarang UPS dah berharga milyaran dan jadi proyek gurih para …… ( ah sudahlah..)

  136. baru beli ica ce600.. hrga 650rb ditangerang.. pengen tahu sbrapa bandelnya.. klw sdh dicharge bs ngangkat 1 kompie & 1 lcd samsung.. tp agak aneh caranya, hrus ups dlu yg di on (jd batere aktif), bru kabel listriknya dicolok ke kontak, (dri mode batere otomatis pindah mode ke arus listrik langsung)… klw listrik dlu yg dikontak, baru ups di on, gak ngangkat pas listrik mati/lompat, kompie & monitor mlh mati atw restart.. knapa bgitu ya..?

  137. klo perna tanya sama toko komputer sih saranya kita beli UPS wattnya 2x PSU. misal kita punya pc psunya 600watt jd ya harus beli UPS yang 1200 watt. gag tau itu strategi toko atau memang rekomendasi. hehehe

  138. tempat saya laplace ups ,pake aki mobil 2×120 ampere awet 2 hari,tapi charge nya bisa seharian

  139. Semua peralatan elektronik itu memiliki life time yang dapat diukur dari banyaknya siklus dimatikan dan dihidupkan. Jadi kalau sering melakukan on/off justru akan mempercepat LT nya. Namun apabila terlalu lama menyala juga akan mempercepat kerusakan fisik. Butuh keputusan yang tepat.

  140. ganti aja baterenya,,,,buka ups-nya, cabut rangkaian seri aki-nya (kalo lebih dari satu aki), ukur deh tegangan masing2 aki, klo tegangannya kurang, coba di-charg dlu akinya. trus pasang lagi dh.

    klo sdh di-charg tpi msih drop juga, ydh gnti aki-nya, liat spesifikasi aki-nya….

  141. kebanyakan UPS yang bermasalah pasti battery yaaa…kan berarti nggak pada mempelajari karakteristik battery kalau boleh beri masukan yang ane tau standar pengisian battery /accu 12 V adalah 14 V DC dan harus ada auto stop charge ,, aki pasti mengalami penurunan voltage maka harusnya mengisi dengan sendiri atau auto charger …nah kalau seperti ini pasti batteri agan2 semua awet /tahan lama dan semua pasti aman…nah apa UPS itu dilengkapi auto stop/ charger …tidak !! saran ane rombak bagian charger diganti yang auto stop / charger baru masalah ter pecahkan…!!!

  142. Permisi, jika ada yg tau solusinya, ups saya ica 2000va, saya beri fan 2, tanpa mengganti komponen n memakai accu mobil 45Ah, Pada saat ups di nyalakan ada suara berdengung pada trafo tp tdk keras n bau kyk komponen terbakar tp tidak menyengat….dlm wktu 15 menit ups mati, setelah saya matikan upsnya n saya nyalakan lagi bs beroperasi tp lampu indikator pada saklar berkedip kedip,…apa ups kalo di modif pake accu mobil hrs ada yg di ganti atau salah penyambungan pada fan, karena fan yg 1 sempat mengeluarkan percikan api,…

  143. kalau ups prolink bagus ngak ya gan, ane solnya baru beli takutnya seperti kasusu kasus yang diatas tapi saat ini ups yang paling bagus itu menurutku ya prolink

  144. saya punya ups apc smart rt 3000.cuma sampai satu tahun dan error indikator x.alias aki keringnya harus ganti.apakah hanya aki yang rusak atau ada yang lain.tolong info

  145. ups ditempat kerja saya juga batre nya sudah abis aja nih, padahal belum ada 1 tahun loh saya beli, saya beli tanggal 21 desember 2016 masa batre nya udah abis aja. sebelumnya juga sempet ga berfungsi ups nya.

    apa karena merk ups juga menentukan kualitas ya ?
    karena punya temen saya, itu ups udah lama banget, tapi ga pernah ganti batre sepertinya.

  146. Permisi, saya beli UPS ICA CE600 baru.

    Saat saya coba cas pertama kali ada bunyi dengung.

    Apakah itu normal?

Tinggalkan komentar