Paten Algoritma Kompresi

Di sebuah milis (tentang migrasi ke open source) ada sebuah pertanyan mengapa tidak ada software gratisan untuk membuat berkas RAR? RAR adalah sebuah algoritma kompresi yang dapat digunakan untuk mengecilkan berkas, seperti halnya ZIP. Untuk mengembalikan berkas ke aslinya (unRAR) ternyata ada banyak software gratisannya. Hanya untuk membuat RAR-nya yang tidak ada gratisan. (Sebetulnya ada yang gratisan untuk pocket PC.)

Alasan utamanya ternyata adalah algoritma RAR ini dipatenkan. (Silahkan baca di sini.) Akibatnya, meskipun Anda tahu algoritmanya, jika Anda membuat program yang menggunakan algoritma tersebut maka Anda harus membayar lisensi. Itulah sebabnya belum ada software pembuat RAR yang gratisan. Sedih ya.

Saya jadi teringat dengan algoritma LZW yang digunakan untuk kompresi di GIF. Algoritma itu juga dipatenkan dan sekarang patennya sudah kadaluwarsa (expired). Tadinya, gara-gara paten tersebut orang-orang pindah dari format GIF ke format PNG. Ah, jadi ingat jaman kapan dulu pernah membuat program untuk kuliah image processing. Programnya harus membaca berkas dalam format GIF. Jadi kami terpaksa mempelajari algoritma LZW yang sederhana tapi cerdas.

Duh, ini semua membuat saya bertanya-tanya apakah paten itu membawa berkah atau malah membawa masalah. Mendingan gak ada paten aja kali ya?