Mengisi Seminar di Luar Bandung

Saya mendapat banyak permintaan untuk mengisi seminar di luar kota Bandung. Kebanyakan permintaan datang dari mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi. Secara prinsip sebetulnya saya senang untuk berbagi. Apa lagi saya juga pernah merasakan sebagai mahasiswa. Hanya yang menjadi masalah adalah waktu.

Semester ini saya mengajar dua mata kuliah yang tersebar di beberapa hari dalam satu minggu. Selain itu saya membimbing banyak mahasiswa (S2 dan S3). Akibatnya hari yang dapat saya gunakan untuk memberikan seminar di luar kota atau melakukan proyek di luar kampus hanya satu hari. Artinya kota yang dituju harus dapat dicapai dalam satu hari. Pulang pergi. Jadi berangkat pagi, terus memberikan seminar, dan pulang lagi.

Kondisi ini menyulitkan bagi saya untuk memberikan seminar di kota-kota yang “jauh” (secara transportasi) dari Bandung. Jalur penerbangan dari Bandung masih terbatas.

Kadang saya merasa tidak enak menolak tawaran memberikan seminar di berbagai kota. Saya tidak ingin berkesan tidak ingin berbagai, tetapi bagaimana dengan mahasiswa-mahasiswa saya di kampus?

Sebagai catatan, sekarang saja saya sudah berhutang kelas karena ada hari yang terkena liburan dan juga beberapa kali saya harus menghadiri rapat di luar kota pas jam kuliah. Ini terpaksa saya mbolos ngajar atau tidak bisa membimbing mahasiswa. Nah! Pusing kan? (Ada beberapa rapat dan perjalanan ke luar negeri yang terpaksa saya tolak. hik hik hik.)

Namun saya masih berusaha untuk mencari waktu untuk mengisi seminar di luar kota Bandung dengan mengorbankan seminimal mungkin kelas / mahasiswa di Bandung.

9 pemikiran pada “Mengisi Seminar di Luar Bandung

  1. walaupun banyak tawaran, kewajiban sebagai dosen harus diutamakan pak.. Salut buat dedikasi pak Budi di dunia pendidikan..

  2. harus mulai dibiasakan semiar pake Webex/Google+ hangout Pak Budi, usulkan saja 😀

    saya pernah jadi pembicara pake Webex, cukup handal.

    Google+ juga skrg bisa share desktop jadi ppt nya cukup di share dari Mej Kerja di rumah….hehehe

Tinggalkan komentar