Gadis Bermata Hijau, Berambut Pirang

Kau,
Gadis bermata hijau, berambut pirang
Berkali-kali hadir dalam mimpiku
Siapakah engkau?

Ketika ku berjalan di Madison Avenue
Aku berpapasan denganmu
Gadis bermata hijau, berambut pirang
Terhenti langkahku
Jantungku berdegup kencang
Namun kerongkonganku kering tak mampu kuberkata
Kuteruskan langkahku

Jemari lentik menepuk pundakku
Aku menoleh, ternyata engkau
Gadis bermata hijau, berambut pirang
Engkau berkata
Who are you? Why are you in my dreams?
Aku mengangkat bahu dan menggelengkan kepala

Aku dan dia terdiam duduk di bangku taman
(Wahai) gadis bermata hijau, berambut pirang
Aku tak tahu mengapa aku juga berada di mimpimu

Terdiam

Sampai akhirnya engkau berkata
I have to go
Aku mengangguk dan berjalan ke arah yang berbeda

Dari sudut mataku aku melihat
Engkau membuka jaketmu
Sepasang sayap putih di punggungmu
Kau kepakkan sayapmu

Siapakah engkau
Gadis bermata hijau, berambut pirang, bersayap putih

[budi rahardjo, maret 2007]

[update:
mengenai latar belakang dibuatnya tulisan ini bisa dilihat di sini, tapi jangan dulu dilihat sebelum Anda menebak apa yang ada dalam benak saya, atau Anda telah menceritakan interpretasi Anda.]

36 pemikiran pada “Gadis Bermata Hijau, Berambut Pirang

  1. mmmmm….
    ini sih gambaran bidadari nih yah..
    *prasaan pernah denger di radio..*
    heheheh….

  2. Ayo… mana interpretasi rekan-rekan? Nanti saya ceritakan latar belakang tulisan (cerita? puisi? prosa?) itu. he he he. Biar rame … Pokoknya ingin tahu dulu apa yang di benak rekan-rekan sekalian.

  3. wah kayanya diambil dari mimpi pribadi ya Pak?
    tapi kok dia nanya lagi “why are you in my dreams” n kenapa harus seorang perempuan kaukasian (mata hijau n rambut pirang), trus kok punya sayap ya?

  4. puitis euy !
    istri di rumah pasti senyum-senyum curiga… πŸ™‚

    *ampun Pak, kabur ahhh….*

  5. Hemh…ttg seseorang yang baru pertama kali ketemu, trus kok ndilalah dia mampir di mimpi…bahkan lebih dari 1x
    **hem…terpesona abiss ya Pak ya??? ^^v

    Hanya lewat mimpi, berkomunikasi…tanpa banyak bicara
    **di mimpi tuh jarang ngobrol banyak deh perasaan…

    Jangan2 ini soul-mate yang hilang ya, Pak???
    **jadi ingat buku “Gadis Jeruk”

    πŸ˜€ tp aku jg kepikiran…jangan2 Bapak lihat penampakan hehe…

  6. gadis bule .. itu impian masa kecilku.. tapi karena namanya mimpi.. kita harus realistis.
    mungkin mas budi memimpikannya baru saat ini.

  7. ini kisah nyata atau bukan sih?, tapi memang kalo masa lalu nggak kesampean suka kembali lagi ke masa lalu heheheh,

    rahasianya di terakhir nih …..:

    “Dari sudut mataku aku melihat
    Engkau membuka jaketmu
    Sepasang sayap putih di punggungmu
    Kau kepakkan sayapmu

    Siapakah engkau
    Gadis bermata hijau, berambut pirang, bersayap putih”

    jadi ternyata pak budi kebanyakan nonton film holywood kali, itu yang namanya Gadis bermata hijau, berambut pirang, bersayap putih = Alliens kali…….heheheh

  8. hijau itu warnanya dollar atau warnanya daun
    bermata hijau itu suka melihat dollar juga warnanya daun
    gadis itu orang yang belum menikah bisa dinikahi dan permanen
    berambut pirang itu bukan berambut hitam atau bukan coklat
    madison avenue itu kebun , jadi bertemu di kebun banyak daun-daunan dan suka melihat hijau hijauan ….orang dari gunung ….

    terhenti juga langkah bepikir bertindak atau berprinsip orang kota karena sedang dikebun ( mau jadi tukang kebun kali…) terus kejatuhan daun sambil melihat burung

    ini sih kejadian bebas atau kejadian tidak bebas
    naturalisme atau modernisme
    paling tidak menurut saya sendiri

Tinggalkan komentar