XL BRCS

Waduh … judulnya nggak ada huruf hidupnya. Apaan tuh?

BRCS adalah singkatan dari Batam Rengit Cable System, sementara XL salah satu operator telekomunikasi Indonesia. BRCS adalah hubungan fiber optic baru dari XL yang menghubungkan Batam dan Rengit (di Johor, Malaysia). BR ini bukan singkatan dari Budi Rahardjo lho. Tapi, siapa tahu suatu saat XL saya beli sahamnya sehingga BR ini bisa jadi … ya BR. hi hi hi.

Nah, kemarin saya menjadi moderator di acara peluncuran BRCS-nya XL itu, yang berbentuk talk show di hotel Four Seasons. Enaknya ikut dalam acara seperti ini adalah kita bisa belajar banyak. (Saya selalu sadar bahwa saya tidak banyak tahu dan harus banyak belajar. hu hu …)

Adanya jaringan fiber optic itu membuka jalur cepat ke Malaysia, yang memiliki hubungan ke banyak internet provider lain di dunia. Mudah-mudahan adanya jalur ini bisa menambah kecepatan akses internet kita, dan yang lebih penting adalah harganya bisa lebih murah. he he he.

Setelah acara tersebut saya kembali ke Bandung. Untung ada kawan-kawan dari Melsa (ISP Bandung) yang juga pulang ke Bandung. Saya bisa nebeng. Kalau tidak begitu, saya harus pergi ke salah satu travel dan menunggu dua jaman lagi. Terima kasih kepada kawan-kawan Melsa. (Screenshot?)

Selamat kepada XL!

19 pemikiran pada “XL BRCS

  1. Idop XL !
    Tapi macam mana pula bila mampunya masih GPRS Pak, ngaruh ndak ya? Unduh maks paling 49 kbps.
    Ayo dong Xl, lebarkan sayap ke desa 😀

  2. XL sedang bangkit, setelah kalah pada perebutan lisensi SLI, doi makin garang dan galak. Mudah mudahan GPRS-nya lancar terus sehingga internetan saya di rumah jadi nyaman. 🙂

  3. @Dedhi

    Lepas dari monopoli Singtel kemudian kita dikuasai Malaysia? 😦
    Beberapa hari ini XL 3G sempat bermasalah. Saya sempat uring-uringan dan secara tidak beralasan nuduh ini konspirasi Malaysia untuk membunuh akses internet saya 😀 Hehehe…

    Yah.. sebetulnya lebih enak kalo bisa pake punya bangsa sendiri. Sayangnya punya bangsa sendiri kalo nggak jelek ya dikuasai koruptor 😦

  4. Wah sekarang BRCS baru di launching di Jogja, harapan kami semoga dapat menjembatani koneksi internet yang murah dan cepat tentunya, Selamat Berbahagia XL semoga tetap sukses adanya.
    Trims

  5. BRCS (Batam Rengit Cable System), kenapa namanya pakai rengit ya? padahal bahasa jawanya rengit itu rengat (binatang kecil-kecil atau semacam jamur akibat keringat dan terlambat dicuci dan ini suka merusakan pakaian.
    Apa sih Rengit yang dimaksud XL,semoga bukan seperti itu (jangan-jangan rengit dapat merusak cable) he he he.
    TX

  6. Hm, bravo deh buat XL. Mudah-mudahan bisa berkompetisi dengan operator lain. Pasti dah banyak yang siap-siap sewa bandwith XL buat keluar nih, dan yang paling penting, banting harga, ha..ha..ha 🙂

Tinggalkan komentar