Pola Akses Internet Yang Bursty

Saya perhatikan, berdasarkan komentar yang ada di blog ini dan cara saya mengakses internet, bahwa pola kita mengakses internet tidak teratur (tidak konstan) alias bursty. Contohnya adalah kita membalas email, menuliskan komentar, menuliskan status, dan membalas status dalam satu satuan waktu tertentu. Semuanya diborong. Kemudian kita “hilang” lagi dari internet. Kemudian setelah jeda waktu tertentu kita kembali sibuk lagi berinternet secara borongan. Jadi tidak smooth begitu, tapi bursty.

Begitu ya?

[Update]
Ada yang bertanya-tanya mengapa topik ini saya angkat? Topik ini terkait dengan perencanaan sistem, capacity planning. Sebagai contoh, kalau kita hanya menyediakan 1 server dan link 128 kBps dan aksesnya bursty, maka pada saat terjadi burst access (ada puluhan ribu orang akses secara bersamaan) sistem kita kehabisan sumber daya tetapi pada saat lain tidak ada yang mengakses (sehingga sistem terlihat berlebihan). Untuk merencana dengan menggunakan metodologi “jaman dahulu” (yang sangat mengandalkan kepada statistik) kemungkinan tidak cocok lagi.

19 pemikiran pada “Pola Akses Internet Yang Bursty

  1. Saya pikir jenis aksesnya pak…
    kalo itu memang jelas ngak beraturan. Kadang inet lewat PC di kantor, dilain waktu pake HP, ntar warnet. Aksesnya ngak pernah konsisten πŸ˜€

  2. Bisa sih konstan, waktu sedang melakukan download. Grafik akses network akan kelihatan full. Ga lama admin jaringan akan mencak2 karena quota bandwidth tinggal dikit πŸ™‚

    Kalau memang burst, lalu kenapa pak? Apakah ada dampak tertentu? Apa tidak boleh? Atau ada apa gerangan membahas hal ini?

  3. Belajar smooth memang susah Pak … kadang di jalan raya saja kita menemui jalan terjal dan berliku (kok komentar saya gak nyambung ya ???) Maaf pak saya masih rada bego πŸ™‚

  4. saya sih kalau lagi ngga mood ngga banyak2 komen komen dan posting sana sini, tapi kalau lagi mood, ya jangan tanya πŸ˜€

  5. Kl menurut aq sih itu dipengaruhi oleh akses internet yg free atau bayar ma waktu luwang.
    Kl koneksinya free trus ada waktu luang banyak, kita bisa dari pagi ampe sore juga OL…
    Kira2 seperti itu πŸ™‚

  6. Kalo saya sih haram hukumnya menyia-nyiakan benwit tanpa digunakan untuk donlot ato norrent πŸ˜€ *ditabokadmin*

Tinggalkan komentar