Gitar Listrik

Sebenarnya perkenalan saya dengan gitar listrik (electric guitar) belum lama. Mungkin baru 2 atau 3 tahun terakhir ini, yaitu semenjak saya membeli sebuah gitar listrik. Sejalan dengan perkenalan itu saya juga baru mempelajari cara-cara bermain gitar listrik. Dulunya saya lebih banyak menggunakan gitar klasik (yang pakai sting nylon itu). Bahkan gitar pertama yang saya miliki memiliki fret yang sangat lebar, yang cocok untuk belajar klasik.

Yang pertama kali harus saya pelajari adalah cara menggunakan pick. Sebelumnya saya memetik gitar langsung dengan jari-jari, ala gitar klasik. Maklum, tahunya dan diajari secara informal hanya seperti itu. Ketika menggunakan gitar listrik, sebagian teknik membutuhkan pick.

Ternyata tidak mudah menggunakan pick karena belum terbiasa. Saya masih belum menemukan feeling dari ujung pick, yang nantinya akan mengenai senar gitar. Petikan dengan pick menjadi kasar dan kurang akurat. Kalau pakai jari kan sudah bisa dirasakan (karena sudah terbiasa saja). Jadi nampaknya saya harus belajar untuk menggunakan pick. Karena sudah bisa main gitar, belajar yang nampaknya elementer ini menjadi membosankan.

Pick Guitar

Memilih pick ternyata juga tidak mudah karena ada bermacam jenis. Yang paling penting sebenarnya adalah ketebalan dari pick itu sendiri karena menentukan kelenturan dari pick itu. Saya coba-coba ternyata saya suka yang medium dan soft. Jadi picknya melentur. Tapi saya lihat pemain lain lebih suka menggunakan pick yang agak kerasan. Di toko musik pun kelihatannya pick yang soft kurang banyak dijual. Oh well… harus menyesuaikan diri.

52 Comments

  1. wah aku gitar klasik aja blum mahir, udah lama blajar gak mudeng2. mungkin aku gak bakat kali ya :D. MR. BR emang real musician…. šŸ˜€

  2. Cobain thumb pick, Pak Budi. Memang lebih cocok utk gitar akustik, tapi siapa tau aja cocok pake thumb pick. Saya juga tipe yg gak pake pick kalo main gitar, tapi thumb pick memang agak beda rasanya.

    Kalo maen lagu2 model Tommy Emmanuel atau Django Reinhardt sih thumb pick ya sudah menjadi keharusan.

  3. Gitak klasik? Gitar akustik mungkin nama yang lebih tepat.
    Memang soft pick jarang dijual, mungkin karena lebih cepat rusak yah?

  4. Bung Dedhi, setau saya emang ada bedanya kok antara gitar klasik dan gitar akustik.

    tentu saja keduanya bukan gitar elektrik. namun biasanya gitar klasik menggunakan nylon string untuk senar 1,2,3 (bahkan 4). dan jarak antar senarnya agak berjauhan. sementara di gitar akustik berjarak dekat layaknya gitar elektrik. kadang2, orang juga dapat melihat dari bentuk kepala gitarnya. gitar akustik biasanya menggunakan bentuk standar yakni dengan 3 tambatan senar di atas dan 3 tambatan senar di bawah.

    CMIIW.

  5. setahu saya pak, karakter pick disamakan dengan aliran musik atau selera masing2.
    biasanya kl yg hard di pake buat lagu2 keras, dan medium biasanya di pake buat lagu2 standar (pop atau slow rock)

  6. Kalau saya, bisa main gitar dari pergaulan saja. Saya lebih bisa menikmati ukulele daripada gitar. Sebenarnya, membuat gitar terutama yang akustik jauh lebih nikmat daripada memainkannya. Saking hobinya, saya sampai menemukan formula sendiri dengan bantuan komputer untuk menghitung ukuran jarak antar kolom. Dengan formula itu, gitar yang 24 atau 25 kolom sekalipun tidak sulit untuk dibuat. Sekarang saya berhenti membuat gitar karena sulit mencari kayu yang bagus untuk setang di daerah saya. Terimakasih dan salam eksperimen.

  7. Halo Pak…
    Lam kenal ya…selain jago IT jagoan nge-band juga nih…btw belanja alatnya suka dimana….? saya add link-nya ya..

  8. klo mau mencari drummer buat nge-band and pemain keyboard, hubungi saya di 021-93262650. Saya siap membantu.

  9. assalam. Wr. Wb.

    mau silaturahmi sekalian salam kenal ya pa,

    kalo soal piks tergantung orangnya dan mau dimainkan jenis musik apa, kalo saya suka medium karena tidak terlalu keras

  10. Persis, saat saya pertama kali punya gitar listrik custom di taun ’94 (modelnya nyontek Les Paul Standardnya Gary Moore di album After Hours, tapi ditambahi tremolo), ternyata susah kalau memetik dengan kaidah gitar akustik / klasik. Jadinya nge-pick-nya pakai kuku jari telunjuk. Terus lama-lama karena kukunya menipis, malah jadi sakit.
    Hingga suatu saat nonton VCD Jimmy Page waktu memainkan Stairway to Heaven, oh begitu toh …
    Tapi sampai sekarang kalau meniru style-nya John Petrucci atau Steve Ray Vaughn … nyerah deehh
    O ya, saya lebih suka pick Ernie Ball medium yang konturnya rata (yang sedikit melengkung juga ada).
    Salam

  11. kekekek… obrolan kacau. g maen gitar listrik dari dulu. cipta lagu juga dah banyak. tapi apa boleh, umur dah kepala 3 dan urusan dapur musti ngebul. so, cumen nyipta dan maen gitar aja terus. yg terbaru soal pick, saya pakai john scotfield, dari ibanez pick. dia kecil, tebal, tp tdk ketebalan kaya punya yngwie. soal gitar, saya koleksi dari dulu. (gitar listrik maksudnya) g suka musik, gitar dan lagu keren. Bravo buat blog ini.

  12. Tapi si Mark Knopfler kok jago banget dengan tekniknya yang nyeleneh itu yah …
    Ndak tau kalau kukunya ‘pohang’ gara-gara kejeblak pintu mobil, masih bisa main ndak dia …

  13. Saya sudah lama punya gitar listrik tetapi kurang paham menggunakannya, bingung dgn tombol2, dan tidak punya pengetahuan sedikitpun ttg accesories, spt pedal, distorsi dll… apa ada beda suara dgn jenis gitar nya ?? misalnya jenis yg spt biola ( yg dipakai paul mc cartney ) sama jenis spt fender stratocaster ???

  14. mas,ukuran pick yang paling banyak dipake gitaris apa mas??? seperti joe satriani atau steve vai…
    n apa genre music juga menentukan ukuran pick??
    permainan gitar saya music blues..n ukuran pick berapa yang kira2 cocok buat saya???

  15. hallo pak gitais……..
    kasih tau dong kunci2 ukulele……..???????
    saya mau belajar gitar ukulele nih……..
    atau bli buku kuncinya ada ga yaa…..?????
    adn di mana tmpt nya pak…….
    thx…….

  16. hai……….. aku jadi minder nih kalo mau ngeband sama temen2. gi mana sih caranya maen melody……????

  17. klo aku sih dah belajar gitar cukup lama….

    tapi masalah menggunakan pick masih bisa dibilang kurang handal cuz’ masih bingung milih pick yang cocok buat aku…

    pernah ada yang bilang seh kalau milih pick itu harus sesuain sama senar gitarnya….

    tapi kadang-kadang banyak yang gak nyaman dipake klo nurutin senar

    jadi menurut aku sesuaiin ma enaknya and kenyamanan kita main aja…..

  18. ge mo tau gmana sich caranya belajar maen gitar melody ? gw pengen x . bagi yg udah bisa, bagi tips nya ya!! trus kirim ke email gw ari_prasetia2000@yhooo thank y!!!!!!!!

  19. Wew, aku hanya bisa maen kunci C ama D… -_-‘
    Sekarang pengen belajar ukelele dulu…
    Pengen kumpulin duit buat beli satu gitar and satu ukelele…

  20. klo menurut aku sih, tebal atau tipisnya pick mempengaruhi suara yg dihasilkan…
    klo dipikir logika, getaran yg dihasilkan dari pick tebal dan tipis berbeda…getaran senaran jika pake pick tebal pasti lebih kuat daripada pake pick tipis…
    tapi kadang tebal atau tipisnya pick dipilih sesuai dengan lagunya….
    klo q sih rocker-man, jadi lebih suka pake pick tebal.minimal medium..he he…
    q dah lama belajar gitar… malah dah kebiasaan pake pick..
    jadi gag bisa maen gitar klo gag pake pick.

    Bukan maksud sombong. just share aja….

  21. klo menurut aq,misal.a dah bisa smua chord2.a langsung belajar senam jari itu yg bagus,klo g gtu susah nanti.a klo maw bisa teknik gitar yg lain.a,klo masalah pick itu gmn enak.a aj…

    sorry sok tua padahal bru umur 15thn hehehehe…

  22. klo menurut aq c masalah pick itu ada kesamaan ama cerita nabi muhammad sewaktu didatangi oleh salah satu sahabatnya untuk menanyakan tentang hukum islam yg sebenarnya,dan jawaban sang baginda sangat simpel tapi kompleks…”tanyakan dalam hatimu”…dalam tanda kutip..jika engkau telah mengetahui syariat…sama dgn pick..pick apa yang baik untuk kita??pick apapun yang penting kita nyaman…dalam tanda kutip..jika engkau telah mengetahui dasar…secara spesifik tentunya……………

  23. kalo menurut saya ukuran Pick tergantung selera dan kebiasaan aja. kalo saya seneng yang agak tipis(baca;medium) kebetulan saya pernah main di Orkes Melayu(Dangdut) dan campursari. cuman untuk pemakaian biar ga kecantol2 senar terus karena akan mempengaruhi suara, Njenengan kudu pegang pick dan kenakan pada senar agak miring. Kalo utk Thumb Pick bukannya untuk electric Bass Bro? soale tebel banget. setahu saya Thumbs Pick di desain agak tebel dan di taruh di Jempol khusus untuk main gitar bass ketika dipake sebagai Melodi Bass atau pengiring Bass music dangdut, sebab petikan mereka atas-bawah seperti ketika melodi. Soale kalo dalam teori main Bass ga boleh pake jempol, kecuali contrabass(bas jegug/betot) selain berpengaruh ama speed, juga suara ga enak didengar. kebanyakan musisi pop atau selain dangdut memakai 3 jari utk petik senar bass yaitu telujuk, jari tengah dan jari manis, sedang jempol kongkow di spul gitar. semoga membantu Bro, soale gw ga ahli juga kok.

  24. Kalo masalah pick mah ga’ mutlak harus tebal atau tipis, toh kalo sudah terbiasa sebenarnya pukulan pick diredam oleh otot ibu jari dan jari telunjuk. gw sendiri suka pake pick jim dunlop yang tebel & kerasnya minta ampun, tapi buat ‘nge-blues’ pick keras sangat membantu meningkatkan sustain pada senar (menurut gw), ga’ tau ya… kalo pake pick jim dunlop gw bisa maksimal dalam kecepatan dan ke-akurasian, meskipun banyak yg bilang pick lembut lebih cocok untuk speed picking.

  25. Fingering,Picking….
    dalam permainan gitar beraliran ROCK itu sangat penting,,,yngway aja belajar ampe empot-empotan…opini w sih klo lo pada mao MAEN gitar mang lo ga boleh terpaut ama satu kiblat,msdnya ga cuma les…kembangin bakat loe…manusia diciptakan TUHAN untuk bisa….bISA!!!

  26. mmg klo blm trbiasa slt jg bwt bljr,tp itulah pelajarannya…………….. mnrt aq pick yg enak di pkai pick bekas kartu perdana ato kape dempul san polac.he……………..

  27. kayak nya hobi kita sama yaitu bermain gitar…. saya justru tidak bisa main gitar tanpa pick .. rasanya sering tersangkut di kuku dan suara gitar kurang nyaring hehe

  28. Hai gitaris…
    Aq pngn bgt bs main gtar listrik..
    Apakh main gtar listrik hrus mnggunkn pick?
    N kunci dsar bs dgnakn wkt main band?

  29. Cocok nie Gan, kebetulan ane lagi cara2 panduan mengenai gitar gini, langsung praktek gan, jangan pernah berhenti untuk berbagi ilmu gan, semakin banyak memberi semakin banyak menerima, hwik h kayak pak guru aja….. Great post Gan…..

  30. Slam kenal bwt smuax..
    Klo sya sndri lbh suka memakai pick yg medium,dikarenakn lbh pas di tangan n gk trllu keras.. Ya intix tu smua pick sma.. Yg mmbedakn itu hnya jenis musik yg akn qt maenkn n tntux pribdi qt lbh enak klo maen dgn pick yg jnis apa..

  31. hai bung,,lo q udah 4 x bkin gtar akustik hslnya ya lmayan lah enak jg d maenin,,pi q msih payah maen gtarnya,ea lmayan lah wt nongkrong mbil di sayidan.omm”lo mau beli buku panduan cara membuat gtar listrik ada d mana ea tptnya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s