Alarm mobil dan batre remotenya

Sebagian besar mobil sekarang memiliki atau menggunakan alarm untuk mengunci pintunya. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah batre remote yang digunakan untuk mengoperasikan alarm tersebut habis batrenya. Ini terjadi dengan saya hari ini. Pas mobil sudah terkunci dengan alarm on pula.

Akhirnya saya putuskan untuk membuka mobil dan cepat-cepat melepas akinya. Setelah itu saya diberitahu oleh orang bahwa saya sebaiknya menonaktikan alarm dengan mencabut sikring yang ada dibawah dashboard. (Lihat gambar di bawah. Bagian yang saya beri tanda. Di dalam itu ada 2 sikring. Salah satunya dicabut. Cek dulu dengan memasang aki yang mana yang perlu dicabut.) Wah kalau tidak diberi tahu itu, bakalan lama. Katanya ini masalah yang lazim dengan mobil Avanza. Sukses hanya butuh waktu beberapa menit saja.

Besok cari batre remote. Saya bongkar remotenya. Isinya seperti ini. Ternyata bentuk batrenya tidak seperti yang saya perikirakan. Tadinya saya pikir batrenya pipih seperti kancing. Ternyata bentuknya masih silinder seperti batre biasa tapi ukurannya kecil sekali.

Hmmm… cari ke mana ya? (Kemarin ke toko yang memperbaiki PlayStation tapi mereka sedang tidak punya. Biasanya ada. Mungkin ke toko camera ya?)

Semoga informasi ini bermanfaat bagi yang bermasalah dengan remote dan alarm mobil Toyota Avanzanya.

34 pemikiran pada “Alarm mobil dan batre remotenya

  1. Saya biasa mengganti baterai jika remote digunakan dari jarak tertentu sudah tidak bisa, pak. Pertanda sudah lemah baterainya. Baterai tsb persis dengan yang digunakan pada remote Zen Estilo milik saya. Bisa dibeli di Jaya Plaza. Memang rating tegangannya aneh, juga kapasitasnya.
    semoga membantu, pak. 🙂

  2. Biasanya yg jual di toko elektronik Pak, mungkin bisa ke Jaya Plasa. Di toko aksesoris/ variasi juga kadang menyediakan

  3. Pak Budi, itu baterai ukuran A23 ya?
    Kemarin saya lihat waktu belanja di Diamond Artha Gading..
    Kirain buat apa, baterainya kecil sekali.. ternyata untuk remote mobil 😀

  4. Thanks untuk infonya, Budi 🙂

    Saya sudah lama tidak melihat remote keyless system
    utk jenis Toyota vehicles yg seperti diatas 🙂
    Sekarang ini remote system-nya tergabung dengan
    starter key-nya. Apakah menonaktifkan alarmnya
    bisa merusak electrical system di mobil anda?
    Toyota dealer saya disini selalu memperingatkan
    kalau ada masalah dgn mobilnya untuk dibawa ke
    dealernya dan tidak membetulkannya sendiri.

    BTW, the dealer bisa mengnonaktifkan alarmnya
    kalo di perlukan 🙂
    Apakah Toyota ada di sana mengunakan nitrogen
    daripada udara biasa (air) untuk ban (tire)-nya?
    Semua kendaraan toyota disini mulai thn 2009 pakai
    nitrogen utk tire-nya 🙂

  5. tanggal 19 juli 2013 pulang tarwih Kijang LGX remote tdk fungsi…iseng 2 bongkar sendiri terus mampir di toko lampu… tanya bateeray kecil alkaline….eh ternyata ada… murah lagi Rp.10.000

  6. oalah :p jadi itu toh yang namanya batre remote mobil .-. ? berati yang kemarin yang ane kasih ke temen ane itu salah dong.-. ane malah ngasih aaa .-. pantes dia ngomel2 wkwkwk

  7. baterai alarm nya model yg panjang kecil gitu ya, kok setelah bongkar2 remote alarm mobil ane batrainya ga sama, modelnya bunder seperti kancing, mirip batrai kalkulator, ukuran 3volt, kalau yg panjang kecil itu 12volt, kira2 bagusan yg mana sih kok alarm bawaannya boil ga sama

  8. Saya juga mengalami hal yang sama mas… Mobil ayah saya remote alarmnya sudah lemah kadang-kadang sudah mentok terpaksa buka pake kunci biasa… apa sebaiknya diganti juga ya???… Ngaruh gak kalo ini dibiarkan berlarut-larut??? thanks…,,

  9. gan,gmn cra menonaktibkn alrm kijang inova ,krna rmote hilang,kntak sirp gak ada remotex,jd engine gak bs hidup

  10. copot aja soket rilay remote nya yg ada di bawah dasbor setir , kelistrikan yg ada hubungan nya ke engine maka akan terputus ,engine akan hidup kembali normal ,

  11. slm hormat….sy mau tnya knp y pas d remot Pintu mobil g kbuka y…tpnklw mau nutup remot bisa….mohon pencerahanya…trmksh

  12. Baterai 27A seperti itu kalau di Jogja banyak dijual di toko asesoris komputer Pak. Beberapa laser pointer untuk presentasi pakai baterai seperti itu.

    Kalau baterainya dibuka, isinya baterai kancing yang ditumpuk sehingga mencapai 12 volts.

  13. Kalau di remotenya suka nyala terus lampunya apa pertanda itu ada konseleting ya…..akhirnya baterai juga cepat habis remote kurang bisa berfungi…apakah ada misalnya beli remotenya saja..klo misal ada dimana belinya sayab ada di Wilayah Cimahi-Bandung, terimakasih

  14. Oh iya…ada tambahan apakah memang tidak berfungsi manakala sudah remote terus dibuka dengan pakai kuncinya ( karena mencoba dibuka bisa cuman pas pintunya kebuka suara alrm bunyi terus ) apa begitu ya..sistemnya..

  15. Baterai remot mobil avanza 2012 cepat banget habis..
    Masalahnya dimana ya …
    Mohon pencerahannya gan???

Tinggalkan komentar