Manajemen Waktu (Time Management)

Salah satu pertanyaan yang sering saya terima adalah bagaimana mengatur waktu saya. Hal ini disebabkan saya memiliki banyak sekali kegiatan yang terkait dengan jabatan atau non-jabatan (seperti hobby). Jawaban saya kalau dipersingkat adalah: prioritas berbasis urgensi.

Apa yang saya lakukan disusun berdasarkan prioritas yang berbasis urgensi. Jadi yang ada deadline yang didahulukan. Pendekatan seperti ini bukan yang terbaik, bahkan cenderung jelek. Sesungguhnya yang terbaik adalah prioritas berdasarkan kepentingan (importance), tapi ini tidak saya sambil karena yang cocok dengan saya – yang hyper-multi-tasking – adalah yang berbasis urgensi. Ini adalah realitas. Bukan teori.

Nah pengelolaan waktu saya juga berbeda dengan orang lain. Jadwal kegiatan atau kehidupan saya berbeda dengan kebanyakan orang. Ini yang menurut saya harus dicari oleh kebanyakan orang. Carilah yang cocok dengan diri kita sendiri. Sebagai contoh, saya biasanya bekerja pada malam hari yang cenderung mendekati tengah malam. Tulisan ini saya buat pukul 23:53. (Nanti mungkin ketika saya “publish” sudah melewatu tengah malam dan bahkan sudah berganti hari.)

Kenapa waktu saya seperti ini? Karena kegiatan saya dimulai dari pagi sekali dan terus berlanjut sampai maghrib. Kadang ada 3 kelas. Kadang ada 2 kelas ditambah 2 rapat. Pokoknya padat lah. Setelah Maghrib maka saya sudah sangat lelah. Badan saya harus istirahat dulu. Maka saya istirahat dahulu. Itulah sebabnya saya baru dapat bangun lagi ketika sudah mendekati tengah malam.Jika saya ingin berubah, maka kegiatan harian saya harus sangat dikurangi. Misalnya hanya mengajar 1 kelas dan/atau 1 rapat saja. Maka pada siang hari saya memiliki banyak jeda waktu dan sore hari sudah bisa mengistirahatkan badan.

Lagi-lagi hal pola seperti ini hanya cocok untuk saya. Tidak disarankan untuk orang lain. Jika Anda mencoba cara saya ini, ada kemungkinan malah jadi kacau balau time management Anda. ha ha ha. Ini hanya untuk menunjukkan bahwa ada banyak jalan menuju Roma. Pilihlah jalan yang paling cocok untuk Anda.

Tinggalkan komentar