Etika (or lack of) Dalam Bermilis

Barusan saya berhenti berlangganan (unsubscribe) sebuah milis karena di milis tersebut ternyata tidak ditegakkan etika. Ada beberapa hal yang saya keluhkan. Salah satunya adalah terlalu banyaknya tulisan yang OOT (out of topic) dan seharusnya bisa dilakukan melalui jalur pribadi. Contohnya adalah email-email yang satu baris (one liner) dan ditambah dengan top posting yang mengutip semua email yang dibalas.

Satu dua kali (tiga kali, empat kali) OOT tidak masalah, tapi kalau terus menerus? Repot euy. Mosok saya harus delete-delete semua. Ya ini sih sama dengan menghabiskan waktu dan lebih baik unsubscribe.

Berbeda dengan membaca web/blog yang bersifat pull (kita yang meminta info), milis bersifat push (dipaksakan ke kita). Administrator atau penjaga gawang dari milis seharusnya menegur untuk kepentingan bersama.

Saya kayaknya ingin menyalahkan kebiasaan ini kepada sebuah perangkat handphone (dan layananannya). hi hi hi. Gak perlu sebut nama ah. … [bukan nama sebenarnya] he he he. Ah bukanlah. Ini sih kepada faktor manusianya saja.

Kembali ke pokok permasalahan, yaitu etika bermilis. Milis adalah orang banyak, bukan sendirian. Nampaknya orang mulai tidak peduli dengan perasaan dan situasi orang lain. Hadoh … Tapi tetap harus ada yang mengingatkan, kan?

u n s u b s c r i b e .

12 pemikiran pada “Etika (or lack of) Dalam Bermilis

  1. mestinya pungsi momod ya menjaga agar kondisi etis itu tetep ada, klo dibiarkan emang ya itulah, ngapain ada momod dan aturan main. selain itu, ya klo kebanyak OOT mah kita out aja, selesai

  2. hoho..
    yang penting anggaplah milist itu sebagai dunia nyata kawan, agar perilaku dan pembawaan kita juga terbawa di dalamnya. sehingga, apa saja yang kita lakukan di sana pun akan tetap terpelihara. 😉

  3. Saya rasa memang masih banyak orang yang paham dan sadar tentang pentingnya etika bermilis ini, jadinya banyak yang bermilis sesuka hati.. Apa mungkin perlu diadakan suatu penyuluhan tentang etika bermilis dan nettiket ya?!

  4. iya pak, yg OOT, ktipan eml sblm-nya, & pmksaan sgntre oprtr, bkin glbal wrming. ini sy nls-nya jga ngirit, biar CO2 di Bumi nggk tmbah bnyak 🙂

  5. Mungkin perlu dibikin reminder utk aturan milis di milis. Saya ikutan milis yg setiap minggunya terkirim aturan menulis email di milis. Dan anggotanya jadi jarang nge-junk, tetapi tetap aktif membahas topik.

    Sedangkan jika ada yg hard-promotion langsung didepak keluwar oleh admin.

  6. tergantung milis juga si pak, kalau milis keluarga dan pertemanan pasti semuanya OOT dan itu sangat dimaklumi, tapi kalau terkait bidang dan interest tertentu, harusnya semua OOT di ban, dan minimal SOL.. admin harus rajin ngejewer yang rajin OOT dengan ancaman di keluarkan dari milis, sementara yang rajin SOL hanya buat yang ga punya rasa malu 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s