Menjelaskan Konsep

Seringkali kita saya mengalami kesulitan menjelaskan konsep kepada seseorang. Kadang memang konsepnya agak “berat” sehingga membutuhkan waktu dan kesabaran, tetapi kadang konsepnya mudah (menurut saya, tentunya) tetapi kok susah dimengerti ya. Yang paling susah adalah jika kita juga diberi batasan waktu, misalnya pada presentasi thesis / disertasi ada batas waktu untuk menjelaskan konsep. Pokoknya berabe deh.

Tadi saya mengajar kuliah pengantar teknologi informasi untuk mahasiswa Farmasi kelas internasional. Saya menjelaskan tentang perbedaan antara painting program dan drawing program. Tentu saja sebelumnya saya menjelaskan mengenai bitmapped dan vector graphics. Pada awalnya mahasiswa pusing. Untungnya mereka terus bertanya, sampai akhirnya sang mahasiswa mengalami “aha moment“. Aha … saya mengerti sekarang. Nah, bagi yang mengajar itu momen yang menyenangkan juga.

Menjelaskan konsep itu nampaknya harus mengetahui latar belakang lawan bicara; latar belakang pendidikan, dan kultur. Memang menjelaskan konsep itu membutuhkan kesabaran …

9 pemikiran pada “Menjelaskan Konsep

  1. selamat malam bapak, saya ingin berdiskusi dengan bapak mengenai security cloud, boleh tahu alamat email bapak ?
    terima kasih sebelumnya 😀

  2. Bener Mas, tidak semua akan mengerti hanya menerangkan satu kali makanya agak bersabar.. karena suatu konsep ada mudah mencerna dan juga nggak, karena otak manusia itu beda2

  3. …benar kalau mengajar itu sulit, tapi menjadi murit itu ribuan kali lipat lebih sulit lagi…

    Ayo jadi murit sejati..

Tinggalkan komentar