Update Kernel Linux (dan hal-hal lain yang terkait)

Secara tidak sengaja kernel di komputer Ubuntu saya terupdate. Maksudnya, saya melakukan proses update tanpa sadar bahwa dia juga memasang kernel terbaru (yang ada didistribusi Ubuntu 11.10). Kernel ini 3.0.0. Repotnya, begitu kernel terpasang maka dia menjadi pilihan utama (default selection) ketika komputer dinyalakan.

Komputer saya menggunakan kartu grafis dari Nvidia, tepatnya Nvidia GeForce 9500 GT. Repotnya adalah driver Nviudia untuk kernel terbaru tidak didistribusikan begitu saja oleh Ubuntu. Ini mungkin terkait dengan lisensi Nvidia yang tidak cocok dengan semangat Ubuntu. Artinya saya harus mengambil sendiri drivernya.

Tadinya saya pikir saya bisa menggunakan driver Nvidia yang sudah saya miliki dari konfigurasi sebelumnya, tetapi ternyata dia mengalami kesulitan dalam pemasangannya karena masalah dengan kernel. Konfigurasi makefile yang ada tidak dapat mengenal versi kernel. Duh. Akhirnya setelah ngoprek seharian tidak beres, saya putuskan untuk download drivernya.

Ah, sekalian download kernel linux yang terbaru saja. Saya download kernel 3.2.9 dari http://www.kernel.org. Proses ini juga membutuhkan waktu yang tidak sedikit karena saya download sedikit demi sedikit. Setelah terkumpul, barulah saya lakukan proses perakitan (compile). Ekstrak berkas linux-3.2.9-tar.bz2 di /usr/src.

Tantangan. Saya hampir tidak pernah menyimpan berkas konfigurasi dari kernel lama saya. Jadi dalam merakit kernel yang baru, saya lakukan dari awal. From scratch.Β  Jalan yang saya lalui adalah jalan yang saya kenal, yaitu dengan menggunakan “make menuconfig”. Pemilihan konfigurasi dilakukan dengan menggunakan menu (dengan curses tepatnya). Untuk setiap menu harus saya hapuskan driver-driver atau fitur yang tidak saya butuhkan. Melelahkan. Lain kali harus saya simpan konfigurasi kernel yang sudah jalan πŸ™‚

Setelah kernel terkonfigurasi, saya rakit dengan menggunakan “make bzImage”. Ini saya lakukan karena saya tidak suka kernel terpasang secara otomatis. Saya suka melakukannya secara manual. Yang saya minta adalah membuat berkas kernel dalam bentuk “bzImage”. Maka komputer patuh dan dia mulai merakit. Cukup lama juga ternyata proses compile di komputer ini. Hasilnya ada di dalam berkas “arch/x86/bzImage”. (Or something like that. Lupa :))

Berikutnya adalah saya harus membuat modules untuk kernel ini. Maka saya lakukan “make modules”. Lagi-lagi komputer bekerja untuk menghasilkan modules. Setelah itu modules saya install, “make install_modules”.

Setelah selesai, maka saya copy “bzImage” itu menjadi “/boot/vmlinuz-3.2.9” dan “System.map” yang ada ke “/boot/System.map-3.2.9”. Setelah itu saya lupa harus apa. Pokoknya harus edit grub2 di /boot/grub. Setelah baca sedikit akhirnya saya hanya perlu melakukan “update-grub”. Beres. Reboot. Maka Linux 3.2.9 ada di pilihan boot.

Langkah selanjutnya adalah memasang driver Nvidia. Berkas yang saya peroleh dari situs Nvidia adalah “NVIDIA-Linux-x86-295.20.run”. Ini juga tadinya hanya menebak karena kartu grafis saya sudah tidak ada lagi dalam daftar driver yang bisa di-download dari situs Nvidia. Halah. Saya jalankan “sh NVIDIA… (dst.)” dan ikuti pilihan. Meskipun ada error, saya paksa saja. Setelah driver terpasang, maka saya reboot lagi.

Ubuntu saya sekarang menggunakan kernel 3.2.9 dengan Nvidia. Phew …

11 pemikiran pada “Update Kernel Linux (dan hal-hal lain yang terkait)

  1. pak cara mengetahui konfigurasi kernel yang lama bagaimana ya?
    saya mau coba update kekernel 3.xx tapi males kalau harus cek satu-satu di menuconfig nya πŸ˜€

  2. Statusnya proyek Nouvo gmn ya? Dulu terakhir kali saya pakai sudah ada dukungan akselerasi utk 2D, tinggal nunggu yg 3D aja. Tapi semenjak pake laptop berchipset Interl sudah tidak mengikuti perkembangannya lagi.

    @hahn
    Biasanya ada di /boot/config-`uname -r`

Tinggalkan komentar