Kasus Ransomware Lagi

Mungkin sebagian dari para pembaca sudah pernah mendengar kata “Ransomware” dan masalah yang pernah ditimbulkannya. Belum pernah? Baiklah, saya jelaskan secara singkat apa itu Ransomware. Ransomware adalah sebuah contoh dari malware, malicious software, yaitu perangkat lunak yang memiliki itikad jahat. Contoh malware yang paling banyak kita kenal adalah virus komputer. Ransomware merusak sistem komputer kita dengan mengacak (encrypt) berkas-berkas atau harddisk komputer kita. Akibatnya komputer tidak dapat bekerja. Ransomware ini kemudian meminta bayaran kepada pengguna untuk mendapatkan kunci yang digunakan untuk mengacak. Biasanya pembayaran ini dilakukan melalui bitcoin sehingga tidak terlacak siapa orang sesungguhnya. Kasus ransomware yang sempat menjadi terkenal adalah WannaCry.

Baru-baru ini ransomware membuat gara-gara lagi di Amerika. Seorang cracker berhasil menguasai sistem komputer yang dimiliki oleh Colonial Petroleum (Colonial Oil Industries) dan menanamkan Ransomware di sistem komputer tersebut. Ternyata sistem ini digunakan untuk mengelola pipa yang menyalurkan bahan bakar (bensin) di Amerika Timur. Akibatnya produksi (distribusi) terhenti sehinggal 45% dari distribusi bensin di Amerika bagian Timur terganggu. Banyak orang yang menjadi panik dan kemudian menyerbu pom bensin untuk mengisi bensin mobilnya (menimbun bensin). Akibatnya terjadi kelangkaan bahan bakar. Ada sedikit kekacauan.

Bidang energi merupakan salah satu bidang yang dianggap sebagai infrastruktur kritis (critical infrastructure). Selain bidang energi ada bidang-bidang lain yang juga dianggap sebagai infrastruktur kritis. Setiap negara memiliki daftar yang berbeda, tetapi biasanya energi (termasuk listrik) merupakan yang dianggap infrastruktur kritis. Perlindungan terhadap sistem yang termasuk infrastruktur kritis harus dilakukan dengan lebih serius.

Ini adalah sebuah contoh bagaimana masalah keamanan di dunia siber (cybersecurity) berdampak nyata. Banyak yang tadinya menganggap remeh masalah keamanan sekarang menjadi lebih terbuka. Ini merupakan pelajaran yang cukup mahal.

Tautan bahan bacaan:

Satu pemikiran pada “Kasus Ransomware Lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s