Majalah musik 70-an

cover kaset aktuil Masih ingat tahun 70-an? Waktu itu ada majalah musik yang bernama aktuil. Majalah ini kemudian mengeluarkan kompilasi lagu dalam bentuk kaset. Pada jaman itu belum ada masalah intellectual property (HaKI) sehingga mudah sekali membuat kompilasi lagu. ha ha ha. Gambar di samping ini merupakan salah satu sampul kaset yang diterbitkan oleh majalah aktuil. Inginnya sebetulnya adalah menampilkan sampul majalahnya, tapi saya sudah tidak punya lagi. Yang ada adalah sampul kasetnya. Ya sudah, sampul inipun jadilah.

Sampul ini saya scan dari kaset beneran. Terlihat bahwa kaset ini sudah mulai rusak (bulukan). Lihat bagian kanan bawah yang sudah termakan oleh usia. Bayangkan, ini kaset dari 36 tahun yang lalu!. Mungkin lebih tua dari usia para pembaca blog ini. Saya sudah tidak berani memutar kaset ini karena biasanya head dari tape langsung kotor dan suaranya mendhem. Dibersihkan, begitu lagi, dan seterusnya. Padahal ingin juga saya konversikan ke MP3 sehingga lagu-lagu yang lama tersebut bisa saya dengarkan kembali. Umumnya lagunya sudah tidak ada di pasaran. Dalam bentuk MP3 pun masih sulit dicari di Internet.

top-chords Selain majalah aktuil ada juga majalah lain. Majalah topchords, yang diterbitkan dari Salatiga (entah mengapa Salatiga), merupakan majalah yang menyajikan lagu dan chordnya. Selain majalah, mereka juga mengeluarkan kaset dengan lagu yang ada di majalah tersebut sehingga pembeli majalah dapat mempelajari lagu yang ditampilkan di majalah tersebut. Kalau sekarang mungkin menggunakan CD atau DVD, ya? Hanya kalau sekarang agak lebih sulit karena masalah HaKI.

Nikmatnya jaman dahulu ya.

Gambar di samping ini menujukkan salah satu sampul kaset yang diterbitkan oleh majalah topchords tersebut. Sampul lebih utuh dari kaset aktuil. Ada beberapa kaset yang saya miliki dan sampul-sampulnya masih ok. Saya belum cek apakah kasetnya juga masih ok.
Oh ya, saya sempat "bekerja" ke majalah ini dengan memantau lagu-lagu yang menjadi top-10 di kota Bandung. Waktu itu saya masih SMP. Kerjaan saya setiap Minggu (atau Sabtu?) adalah memantau tangga lagu dari berbagai radio di Bandung dan mengirimkannya ke topchords. Honornya dikirimkan melalui wesel! Walah, barang itu sudah masuk musim kali ya?

mg Berikutnya adalah majalah MG, musik dengan chord gitar. Yang ini saya tidak terlalu familier, tapi toh tetap saya beli juga. Majalahnya lebih tebal dan mirip seperti majalah musik dan lirik yang ada saat ini.

Sampul kaset ini juga sudah lebih bulukan. Bagian dalamnya sudah lepas. Gambar di samping menunjukkan edisi dimana Rod Stewart masih menjadi tokoh yang populer saat itu dengan lagunya yang masih top.

Ah … kenangan lama. Ada yang masih ingat majalah-majalah ini? Atau bahkan masih punya koleksinya?

36 pemikiran pada “Majalah musik 70-an

  1. Saya masih ingat ada band lokal bernama “The Singa” di majalah Aktuil. Wah “The Singa” penampilannya cukup menakutkan saya waktu itu…premaaannn abiisss. Saya pernah berhubungan dengan kang denny sabri dan kang Yanto diablo…mereka salah dua orang Aktuil kan? Yang terakhir anaknya adalah sahabat saya, pemusik perempuan berbakat, Tiwi Shakuhaci.

  2. kalo Topchords saya punya bundelnya yang tahun 1978, dan masih ada sampai sekarang. Hebat ya dulu itu? tahun 1978 sudah membahas musik2 punk kaya Iggy Pop & Sex Pistols, dan nulisnya nggak asal-asalan.

  3. Pak tolong reply e-mail yang saya kirimkan ke Bpk, agar saya bisa tahu jawaban atas permohonan kami. Terima Kasih.

  4. sekarang pun juga banyak bertebaran buku2 dan majalah yang memuat chord musik, artis, + bonus gosipnya sekalian.

    Bahkan ada yang kasih poster nya lohh… itu melanggar HAKI kan ? wong mereka gak bayar lisensi atas pemuatan gambarnya!

  5. Kus (#6). Enaknya dulu ada kasetnya itu. Jadi kalau mau nyoba chordnya bisa sambil dengerin kasetnya. Meskipun sebetulnya ini juga gak sempurna karena kadang-kadang tape pemutarnya berbeda-beda sehingga kuncinya beda 🙂
    Mestinya majalah musik saat ini menyertakan CD yang berisi lagu (audio atau MP3) dari musik yang dibahas di majalah itu. Itu baru top. Tapi mereka langsung diringkus karena melanggar HaKI. Ha ha ha :p

  6. wah, koleksi vintage tuh. sayang gak keurus ……… :P. eh yg kompilasi ala aktuil isinya lagu apa aja pak ?

  7. Coba Klo P’Budhi suka lagu thn 70 an bisa hubungi teman saya di Cihapt, tanya yg namnya hendrik bung hendrik dia sgala macam kaset lagu thn berapa ajah ada .

  8. BUNG HENDRIK DI JL. CIHAPIT TANYA SAMA ANAK-ANAK TUKANG KASET DISITU. PASTI BANYAK KENAL, DIA KPLEKTOR BANYAK KASET

  9. Untuk Abah, memang jalan Cihapit menjadi salah satu target jalan-jalan saya. Hanya sudah 6 bulanan ini saya tidak sempat mampir ke sana. Biasanya saya jalan2 ke sana dan melihat koleksi mereka. Kadang-kadang nemu yang bagus juga.

    Sayangnya kualitas dari kaset yang di sana bervariasi (tergantung mereka dapatnya). Ada yang juga sudah bulukan sehingga tidak dapat dipasang di tape juga. Kalau nemu yang bagus dan saya punya waktu lenggang, biasanya saya konversikan menjadi MP3.

    Saya juga berburu CD ke beberapa teman. Kemarin baru dapat CD Angel yang juga tahun 70-an. Setelah berburu tahunan, akhirnya nemu juga. Lumayan …

  10. untuk mendapatkan lagu2 yg orisinil dlm bentuk audio cd, seperti :
    1.predom of refsodia yg ada soleh sarwono dll.
    2.the rollies yg ada deddy stanzah dan gito rollies dll
    3.d’loyd
    itu dulu deh, dimana ya ? infomasi ke 08561230632 djul. thank informasinya

  11. Di era 70 an siapa sih yg tak kenal ‘Aktuil’ ? dimajalah itu pula kita bisa ikuti tour show nya band2 beken mancanegara atau domestik…lewat aktuil pula kita bisa tahu bahwa salah satu band dari kota buaya AKA Group lewat lagunya Sex machine nangkring di top 5 radio BBC selama lebih 3 minggu….dan saya masih punya kaset AKA.
    Ada yang punya album TITIK API atau KEN AROK nya kang Harry Roesli ? kalau ada tolong hubungi saya…

  12. Apakah mungkin, majalah-majalah (semua edisi) Aktuil dikonversi ke dalam bentuk pdf. dan dijual. Pasti laku keras! Waktu umur 6 tahun, saya membaca majalah tersebut yang milik kakak saya. Yang terharu, waktu membaca laporan Deep Purple manggung di jakarta (2 hari). Orang Singapura dan Malaysia pada datang ke sini.

    Apakah masih ada koleksinya? Di Jalan Lengkong Kecil mungkin ada?

  13. Saya jiga lagi nyari lagunya si Lucifer Friend yang judulnya Everybody is Cloun, kalo ada boleh juge aku dikirimi.

  14. Suatu saat sy jalan ke kios2 loak kaset di Jl. Surabaya-Jkt dan nemu kaset Nick Mamahit (ditoko sdh tdk ktemu). Sy tanya ke penjual ” apa kaset ini msh bagus ..?” jawabnya “dijamin, nanti dicuci dulu”. Sy bingung koq “dicuci”, caranya ?
    Ternyata dia punya alat buatan sendiri, jadi gulungan pita kaset yg berjamur itu ‘diamplas’ dg tisu yg dilambari cairan alkohol (?), cukup menyita waktu dan kesabaran.
    Setelah itu dicoba ….. wah cling lagi spt baru….surprise !

    Kios itu letaknya yg paling dekat dg perempatan Jl Diponegoro – Jl Surabaya.

  15. bung, kebetulan kita juga ngoleksi beberapa kaset dan ph 70-an. ntar kapan-kapan bisa barter info.

  16. Pak Indra, saya punya kaset Rick Wakeman : No Earthly Connection” yang saya beli tahun 1977 di Sarinah Blok M. Lagu lagunya bagus bagus tapi macet terus jadi kalo mau nostalgia tersendat sendat terus!.

  17. Di Bandung di Jl. Cipaganti ada toko kaset yang khusus jual kaset2 jadul… tapi saya lupa nama tokonya, saya pernah kesitu komplit sekali.. waktu itu saya beli kaset nikky ukur sama giant step, tempatnya sebelahan dengan tukang martabak. Selamat berburu..

  18. dah lama saya pengin punya koleksinya rollies, deddy stanzah tolong bila ada punya ato yang tahu tempatnya….

  19. Kepingin Topchords bisa terbit kembali. Kalau kekurangan wartawan saya bisa jadi wartawannya, karena saya juga bekas wartawan dan sekarang jadi penulis lepas. Thank’s

  20. saya sangat kagum dgn majalah top chord, pilihan lagunya sangat berkualitas dan chordnya akurat, majalah top chord merupakan panduan saya belajar gitar, apakah masih ada wartawan dan pendiri majalah tsb, dulu koleksi saya sangat lengkap, namun seiring waktu koleksi saya tsb tercecer, ada jg dipinjam kawan tp tak kembali, kl ada yg punya sy ingin memilikinya kembali

  21. saya mau jual bundel top chords no 46-50 tahun 1981 dan bundel top chords 22, 23, 24,25 dan tanpa nomer edisi ( cover hilang).
    harga borongan 2 budnel cukup Rp 120.000, kalau beli ecer @rp 75.000

  22. adakah yang masih punya majalah top chord ( edisi ? ) bersampul penyanyi Stevie Wonder…saya ingin menginginkannya..Tks.

  23. Perkenalkan sebelumnya nama saya hengky aries, kebetulan saya putra dari bpk. slamet rahardjo, peminpin redaksi majalah topchords, kebetulan saya membaca blog ini, apabila bapak2 ingin berkomunikasi tentang majalah topchords bisa kontak dgn bapak saya di nomer 0298-322361, terima kasih sebelumnya

  24. mungkin, sebelum top chords (ataupun majaah2 musik lainnya) diterbitin ulang, ada baiknya koleksi top chords yang lama2 itu diupload (mis.nya dalam bentuk pdf), jadi sebagai perkenalan kembali .

    lagian menurut saya, setiap lagu dan setiap era pasti ada penggemarnya, dan kalau sebuah lagu itu oke, akan didengarkan terus dari satu era ke era yang lainnya

Tinggalkan komentar