Mencari SDM yang handal

Dalam minggu ini saya sudah menerima dua telepon dari dua perusahaan yang mencari orang yang mahir PHP dan/atau .NET di perusahaan saya yang bisa disewa. (Memang kebetulan perusahaan saya menyewakan programmer – outsourcing.) Langsung saya katakan tidak ada karena kami sendiri sedang membutuhkan orang dengan kemampuan yang sama.

Hal ini membuat saya merenung. Kenapa susah mencari SDM IT yang handal ya?

Kebanyakan lulusan sekolah IT yang saya tahu hanya kenal pemrograman sebagai bagian dari kuliah saja. Itu tidak cukup. Kebanyakan perusahaan mencari orang yang setidaknya punya dua (2) tahun pengalaman. Kenapa ya mahasiswa yang sekarang ada kebanyakan hanya mengenal pemrograman di kelas (kuliah) saja? Mereka tidak pernah ikutan mroyek dengan dosennya. Duh.

Keluh kesah …

23 pemikiran pada “Mencari SDM yang handal

  1. Nggak usah universitas IT yg lain pak, ITB aja mahasiswanya dipaksa lulus cepet. Kalau sudah disuruh lulus cepet-cepet, gimana mau mroyek? mereka nggak punya skill, nggak punya pengalaman.

  2. Berapa gaji programmer PHP handal di Indonesia? Sementara di negara tetangga digaji tidak kurang dari 2500 USD.

  3. eman bener bang, di kampus kita tidak banyak mendapat ap yang kita mau, justru kita lebih banyak belajar di luar. bayangkan ada kampus yang murinya ribuan tapi lab komputer cuma 2, gimana bisa pada pinter ngatur jadwal aje sering g kebagian

  4. ada keseganan pak.
    kayak saya, mau minta gabung ama dosen tapi dosen ada yang bukan membimbing tapi kita dilepas gt aja..
    makanya kebanyakan mahasiswa yang takut nyoba gabung.
    mahasiswa pengen ikut, pingin banget malah tapi dosen juga kesannya jaga jarak.

  5. Banyak yang nyari programer bersertifikasi, realitanya malah banyak yang ngak punya tapi berpengalaman.

    Perusahaan ngak percaya, programernya ngak PD klop dah.

  6. sekarang ini kebanyakan mahasiswa kuliah mau lulus cepet2 dan inginnya langsung kerja padahal yg idealnya tuh ikutan magang selama kuliah…dapat pengalaman kerja akhirnya mudah deh cari kerjaannya….

  7. Yang tidak (kurang) dibangun lembaga2 pendidikan adalah attitude pak, it’s 50% of the job already…

    paling gampang untuk melihat susahnya mencari orang dengan attitude, adalah dengan kita mengkhayal (merenung ?), siapa yang bisa kita recommend apabila ada pencari kerja yang request seseorang dengan spek tertentu ke kita?? nama2 mungkin bersliweran, tp yang benar2 mau kita recommend? mungkin 0 hehe…

  8. I’ve been surfing online greater than three hours nowadays, yet I never discovered any interesting article like yours. It’s lovely worth enough for me. In my opinion, if all site owners and bloggers made good content as you probably did, the net shall be much more useful than ever before.

Tinggalkan komentar