Mengajar(i) Data Science

Kemarin (Senin) adalah sesi kedua dari acara “Data Science with Python”, yang kami adakan di Bandung Digital Valey (BDV). Pada acara ini kami mengajari penggunaan Python untuk Data Science.

Apa itu Data Science? Masih belum ada jawaban yang dianggap sebagai definisi formal dari “data science”. Definisi yang paling “dekat” dan yang paling banyak digunakan adalah penjelasan dari Drew Conway. Pada intinya Data Science adalah gabungan dari kemampuan komputasi (hacking skill), matematika (statistik), dan pemahaman atas masalah yang akan diteliti (domain problem).

Pada pertemuan pertama, Senin sebelumnya, kami melakukan persiapan-persiapan dahulu yaitu memasang Python beserta modul-modul (library) terkait. Ternyata ini tidak mudah karena ada banyak versi dan konfigurasi. Python sendiri ada versi 2 dan 3. Kali ini kami fokus ke versi 3 (meskipun saya pribadi masih banyak mengunakan versi 2). Sistem operasi yang digunakan peserta juga bervariasi; Mac OS X, Linux, dan Windows. Masing-masing juga konfigurasinya beda-beda. Jadi intinya adalah … pusing.

Selain tools, kami mulai menggunakan tools tersebut untuk melakukan sedikit operasi statistik, yaitu linear regression. Ini kemudian menjadi pekerjaan rumah karena waktunya yang tidak cukup.

Nah, kemarin topik ini dilanjutkan. Setelah membahas PR tentang linear regression, kami kemudian maju lagi ke topik baru. Kali ini yang kami lakukan adalah memproses data log dari web server dan mengambil data yang ada dalam request kepada web server tersebut. Data ini harus diproses (parsing) dan kemudian akhirnya dimasukkan ke Pandas, sebuah kumpulan tools Python untuk pemrosesan data.

Cerita teknisnya menyusul ya.

Iklan

8 pemikiran pada “Mengajar(i) Data Science

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s