Trend Teknologi 2024

Tulisan ini seharusnya saya buat di awal bulan ini, di bulan Januari 2024, tetapi karena saking sibuknya sehingga terlupakan. Eh, sesungguhnya saya sudah membuat video dengan topik ini di channel YouTube saya. Tidak apa-apa terlambat. Yang penting terdokumentasi.

Untuk tahun 2024 ini, semua sepakat bahwa Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan akan menjadi salah satu topik utama. Semua dokumentasi dan cerita tentang trend teknologi yang saya temui sepakat tentang hal ini. Jadi sah. Namun bagi saya masih ada pertanyaan terbuka tentang bentuk dari AI itu sendiri. Yang ini masih belum ada kesepakatan. Demikian pula killer application dari AI belum ada kesepakatan meskipun yang saat ini sedang terkenal adalah tentang Large Language Model (LLM) dalam bentuk chat (chatGPT, bard, dll.). Namun menurut saya ini belum merupakan alasan utama untuk orang menggunakan AI. Ini baru pemicunya.

Teknologi-teknologi lain yang juga diperkirakan menjadi trend di tahun 2024 adalah cyber security, robotics, dan energi. Namun untuk hal yang ini ada yang mencantumkan dan ada yang tidak.

Oh ya, untuk narasi video tentang hal ini dapat dilihat di video berikut.

Tinggalkan komentar