Rekomendasi Buku

Kalau dahulu, mencari buku itu susah. Apalagi bagi kita yang tinggal di Indonesia. Fasilitas perpustakaan di Indonesia jauh ketinggalan daripada perpustakaan di luar negeri. Eh, sekarang juga masih demikian kondisinya. Kita hanya bisa ngiler melihat ketersediaan buku-buku di perpustakaan di luar negeri. Selain perpustakaan, toko buku di luar negeri juga jauh lebih baik daripada toko buku di Indonesia. Intinya, kita sulit mendapatkan buku yang bagus-bagus.

Sekarang, dengan adanya internet, kesulitan untuk mendapatkan bahan bacaan sudah sangat berkurang. Permasalahan sekarang justru di sisi ekstrim yang lain, yaitu terlalu banyak bahan bacaan. Tidak semua bahan bacaan tersebut bagus dan pantas ditukar dengan waktu yang kita “buang” untuk membaca buku tersebut. Masalah sekarang adalah memilah bacaan yang bagus di tumpukan bahan bacaan.

Kesulitan mendapatkan buku yang bagus (dahulu) dipecahkan dengan membuat klub buku (book club). Di situ kita bisa bertukar buku. Setidaknya kehausan akan bahan bacaan dapat dikurangi dengan klub tersebut.

Permasalahan memilah buku mana yang pantas dibaca dipecahkan dengan meminta bantuan orang lain untuk memberikan saran atau rekomendasi. Rekomendasi ini dapat dilakukan secara manual atau secara otomatis. Atau, kita juga dapat melihat buku-buku yang dibaca orang lain melalui berbagai situs rekomendasi buku. Setidaknya mekanisme ini dapat mempermudah proses filtering.

Secara berkala nampaknya kita perlu bertukar daftar buku yang sedang kita baca.

Iklan

14 pemikiran pada “Rekomendasi Buku

  1. Iya benar juga. Sekarang kita memang dihadapkan dengan bahan bacaan yang melimpah ruah. Hehe.
    Ohya join di goodreads saja pak, biar saya tahu buku-buku apa yang bapak udah baca. Pasti bermanfaat buat orang-orang yang suka baca buku dan lagi mencari referensi buku apa yang bagus dibaca. 🙂

  2. memang semua ada + – nya ya? dulu susah cari buku tapi sekarang dg adanya internet tinggal tanya mbah google ketik apa yg kita cari di search engine muncul dg sendirinya banyak malah. tapi muncul masalah lagi mana yg terbaik dan yang paling pas untuk kebutuhan kita

  3. saya jarang baca yg penting, krn yg penting biasanya berat, Pak. Gak suka yg berat berat. Jadi, saya pilih novel. Rekomendasi saya Rembulan Tenggelam di Wajahmu karya Tere Liye.

  4. persis seperti yg saya alami, saya ada hampir 100 GB ebooks, cuma baca buku legendaris atau review bagus dan sesuai minat.

  5. Yang jadi kesulitan saya sekarang malah menemukan buku-buku yang direkomendasikan orang lain. Kalaupun ada, harus impor dulu, dan jadinya mahal. 😦

  6. Bingung nyari buku bacaan yg pas? Ada buku bagus tetapi malas ke toko buku? Sekarang anda tidak usah bingung lagi! Cek saja di http://www.tokoedukasi.com/ tempatnya berbagai buku bacaan segala umur mulai dari buku bisnis, buku cerita, buku motivasi, buku umum, hingga buku pelajaran tersedia lengkap di sini! Harga murah dan bersaing dengan toko lain. Dapatkan penawaran menarik dan banyak diskon di sini! Tunggu apa lagi? Segera cek di http://www.tokoedukasi.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s