Ngoprek IoT

Sudah seminggu ini (atau mungkin lebih?) saya ngoprek Internet of Things (IoT). Apa sih IoT itu? Pada dasarnya ini adalah perangkat keras (hardware) dalam ukuran kecil yang dapat diprogram untuk mengambil data (misal data temperatur) dan meneruskannya ke internet. Teknologi elektronika dan komputer berkembang dengan pesat sehingga perangkat dapat menjadi lebih kecil dan murah. Demikian pula kecepatan akses internet menjadi lebih cepat dan juga lebih murah. Kedua hal inilah yang menyebabkan populernya IoT.

p_20170220_075632-kopi-iot-01
NodeMCU boards

Latar belakang saya memang elektronika, sehingga seharusnya tidak banyak kesulitan dalam ngoprek IoT ini. Kenyataannya ada hal-hal yang sangat spesifik sehingga harus saya oprek dulu sebelum bisa jalan. Tadi malam saya ngoprek sampai jam 2 pagi (eh, 2 malam?). he he he.

Saya memiliki banyak development boards. Begitu ada yang baru, beli atau minta. (Yang terakhir itu yang menarik, minta. he he he.) Terus dioprek. Hasilnya saya masukkan ke YouTube dan kodenya saya simpan di Github supaya dapat dimanfaatkan orang lain. Ayo ngoprek IoT juga.

Iklan

3 pemikiran pada “Ngoprek IoT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s